by

echa

Harga Belanja- Menikmati secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan di masyarakat pada umumnya. Minuman satu ini telah banyak dipasarkan baik, dalambentuk kemasan sachet maupun dinikmati langsung di berbagai kedai maupun cafe. Sebagai pecinta kopi kamu harus tau informasi harga kopi saat ini yang kabarnya tengah mengalami kenaikan, berikut ulasannya.

Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu menghiraukan dengan kenaikan harga tersebut. namun untuk petani kopi hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri, pasalnya dengan kenaikan harga pada komoditas kopi dapat berimbas pada permintaan. Lantas berapa harga terbaru untuk berbagai jenis kopi saat ini di Indonesia?

Harga Kopi per Kilogram di Indonesia

Harga kopi.| Unsplash.com
Harga kopi.| Unsplash.com

Sebelum membahas harga dari komoditas kopi, kamu perlu mengetahui berbagai jenis kopi yang ada di pasaran. Mulai dari kopi robusta, arabika, dan kopi spesial. Ketiganya mengalami kenaikan harga. Sebagai gambaran berikut ini penjelasan mengenai harga kopi mentah berdasarkan jenisnya dari petani di Indonesia.

Baca Ini Juga  5 Smartphone Performa Terbaik, Harganya Bikin Meringis

1.       Kopi Arabika

Kopi arabika menjadi salah satu jenis kopi yang memiliki jumlah varietas yang lebih banyak di dunia. Di Indonesia sendiri salah satu kopi arabika yang terkenal adalah kopi Jawa karena berasal dari pulau Jawa dan memiliki rasa dan aroma yang lebih memikat.

Pasalnya biji kopi arabika jawa diproses dengan cara wet processing, sehingga menghasilkan rasa yang lebih seimbang dengan kekentalannya yang tidak terlalu pekat serta aroma rempah-rempah yang dihasilkan menjadikan kopi jawa ini memiliki ciri khas tersendiri. Berbeda dari jenis kopi dari daerah lainnya yang memiliki aroma dan cita rasa yang sangat kuat.

di Indonesia kopi arabika mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari Rp180.000 menjadi Rp19.000 / kg. Sedangkan arabika dari Papua dipatok dari harga Rp230.000 sekarang dibandrol dengan kisaran Rp240.000 / kg. Adapun berdasarkan data dari BPD AEKI Sumut harga komoditas kopi arabika Rp42.000/ kg. Sedangkan di Takengon dibanderol sekitar Rp54.000/kg.

2.      Kopi Robusta

Karakteristik dari kopi robusta ini diantaranya yaitu saat diminum kopi memiliki tekstur yang lebih kasar di lidah. Memiliki rasa yang cukup manis layaknya coklat dengan kandungan tinggi kafein yang berguna untuk menambah energi saat mengawali hari. salah satu contoh jenis kopi robusta yang terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak.

Baca Ini Juga  Coba Menu Sarapan Simple Ini Yuk!

Keunggulan dari jenis kopi robusta, bijinya dihasilkan dari tanaman kopi yang tumbuh pada ketinggian 400-700 mdpl dengan suhu sekitar 21-24˚C. Sehingga tanaman ini terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh hama. Maka tidak heran jika petani yang menanam jenis kopi ini memiliki keuntungan lebih dengan biaya produksi yang tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jenis kopi robusta lebih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau dibandingkan kopi arabika. Dimana terdapat selisih harga yang cukup jauh, jika kopi arabika dihargai Rp50.000/kg sedangkan kopi robusta dibandrol dengan harga kopi Rp25.000/kg.

3.      Kopi Spesial Bali

Bali menjadi salah satu daerah di Indonesia setelah pulau Jawa dan Sumatera sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. kopi khas dari Bali yaitu Kintamani Bali yang dihasilkan dari kaki gunung Batur yang terletak di daerah Kintamani. Istimewanya kopi ini karena pada mulanya didatangkan secara lokal yaitu dari petani dan Lombok.

Berbeda dengan kopi yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera yang pada awalnya dibawa oleh para penjajah pada era kolonialisme Belanda. Adapun harga terbaru dari kopi yang dihasilkan dari Bali ini yaitu sekitar Rp90.000/kg.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Try Out Kelas 9 Seni Budaya Beserta Kunci Jawaban

Meski menguntungkan bagi pihak petani, namun harga kopi yang melonjak drastis ini tentunya akan mempengaruhi permintaan konsumen. Hal ini terjadi disebabkan menurunnya harga komoditas kopi di pasar internasional, sehingga untuk menyiasatinya diperlukan peningkatan produksi kopi di dalam negeri. Kamu juga bisa artikel melalui rekomendasi.co dan temukan informasi yang kamu butuhkan.

 

Bagikan:

Tags: