by

echa

 Macam-macam bunga mawar.| Unsplash.com
 Macam-macam bunga mawar.| Unsplash.com

Macam-macam bunga mawar  sedikit orang yang tahu. Selain itu, kebanyakan orang hanya mengetahui bunga mawar berwarna putih dan merah saja. Namun, ternyata bunga yang satu ini memiliki beragam jenis di Indonesia bahkan dunia.

Keindahan dan harumnya bunga jenis ini membuat orang lain terhipnotis dan menjulukinya sebagai bentuk kasih sayang. Warna yang dimiliki sangat cantik ditambah bentuk bunga unik menambah daya tarik tersendiri. Meskipun tidak sedikit orang menganggap semua jenis sama, pentingnya mengetahui klasifikasi tanaman hias agar proses perawatan lebih mudah.

Macam-macam Bunga Mawar

 Macam-macam bunga mawar.| Unsplash.com
Macam-macam bunga mawar.| Unsplash.com

Bunga mawar merupakan tanaman hias yang digandrungi masyarakat terutama perempuan. Pasalnya keindahan yang dimiliki mawar berbeda dengan bunga lain menjadi keunggulan tersendiri. Namun, tidak semua orang mengetahui macam-macam bunga mawar. Simak informasi di bawah ini agar tidak keliru dalam pengelompokan jenis bunga tersebut.

Baca Ini Juga  Studi Kelayakan Bisnis Adalah: Pengertian, Manfaat &Tujuan

1.      Macam-macam Bunga Mawar: Megawati

Mawar Megawati merupakan jenis bunga yang ada di Indonesia. Bunga ini dinamakan Megawati karena identik dengan warna merah yang pekat. Gelombang dari kelopak bunga berbentuk lapisan yang banyak. Sehingga bunga jenis ini kerap ditemukan di toko buket dan hiasan. Hal ini karena bentuk dan warna bunga sangat indah disertai harum yang memikat.

2.     Macam-macam Bunga Mawar: Mega Putih

Mawar jenis ini sering dijumpai di Indonesia sebagai karangan ataupun hiasan. Seperti namanya, bunga ini memiliki warna putih disertai kelopak berbentuk keriting. Jenis bunga tersebut  memiliki keindahan karena bentuk yang dimiliki berbeda dari lainnya. Sehingga digunakan untuk hiasan dan diperjualbelikan di toko bunga karena ciri khasnya tersendiri.

3.      Mawar Talitha dengan Warna Terang

Mawar Talitha merupakan jenis bunga potong yang memiliki warna indah. Warna yang dimiliki mawar itu adalah merah terang sebagai ciri khasnya karena pada saat mekar, bunga ini hanya berukuran 8 cm. Ukuran ini tidak beda jauh dengan jenis mawar yang lain. Jumlah mawar Talitha di Indonesia cukup banyak dijadikan sebagai tanaman hias ataupun buket.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Fungsi Permintaan dan Pembahasannya

4.      Mawar Shananda Kelopak Bergelombang

Mawar Shananda memiliki warna merah muda yang sangat cantik. Berkat warna yang dimiliki bunga ini memikat perhatian banyak orang. Selain itu keindahan gelombang kelopak menjadi ciri khasnya tersendiri. Kelopak bergelombang dengan bentuk bunga ganda menambah keunikan dari jenis tersebut. Sehingga tidak sedikit orang merawat sebagai hiasan.

5.      Mawar Kuno (Old Golden Rose)

Mawar Kuno merupakan jenis bunga yang ditemukan pada abad pertengahan ke-18. Bentuk bunga yang rumit menjadi keunikan dan ciri khas dari jenis satu ini. Adapun mawar Kuno ini terbagi menjadi beberapa jenis yang cukup khas dan langka. Di antaranya mawar Alba, Gallica, Damask, Centifolia, Moss, Portland dan Bourbon yang memiliki bentuk cantik.

6.      Mawar Modern (Modern Garden Rose)

Bunga Modern merupakan jenis yang ditemukan pada tahun 1867 dengan keunikan tersendiri. Ciri dari bunga modern dapat dilihat secara langsung yaitu jumlah kelopak sebanyak 60. Mawar Modern memiliki 2 jenis yang dapat dijumpai yaitu Hybrid Tea dan Floribunda. Kedua jenis ini memiliki warna yang cantik dan kelopak bunga rimbun.

Baca Ini Juga  Contoh Surat Resign Kerja

Macam-macam bunga mawar menunjukkan bahwa tanaman hias ini memiliki warna dan bentuk yang berbeda. Hal ini membuktikan kekayaan tumbuhan yang memiliki keunikan tersendiri. Adapun perbedaan jenis ini memengaruhi kebutuhan tanaman hias seperti air, cahaya ataupun pupuk. Sehingga cara merawatnya pun dapat berbeda sesuai kebutuhan.

Bagikan: