Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya [Lengkap]

Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya [Lengkap]

Diposting pada

Investasi merupakan suatu kegiatan menanam modal yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Dalam berinvestasi seorang investor memerlukan sejumlah dana untuk modal awal. Besar kecilnya modal dapat di sesuaikan dengan jenis investasinya. Emang apa saja jenis investasi itu? Berikut ini adalah jenis-jenis investasi dan penjelasannya.

Untuk Anda yang mau berinvestasi, simak dulu penjelasannya secara lengkap agar bisa investasi dengan tepat dan benar hingga bisa mendulang keuntungan maksimal.

Investasi Saham

Jenis-jenis investasi dan penjelasannya yang pertama adalah Investasi saham merupakan jenis investasi yang paling di minati oleh para penanam saham. Saham sendiri berupa surat berharga yang biasanya mengacu pada kepemilikan suatu perusahaan terbuka. Saham yang di gunakan untuk berinvestasi yaitu saham yang tercatat di bursa efek Indonesia (BEI).

Lanjutkan Membaca

Investasi Reksadana

Investasi reksadana adalah jenis investasi yang hampir mirip dengan investasi saham. Namun yang membedakan dalam reksadana terdapat peran manajer investasi. Manajer investasi ini sudah berpengalaman, tugasnya yaitu membantu investor untuk mengelola dana investasi. Hal ini sangat cocok untuk para investor pemula yang khawatir akan risiko investasi yang akan terjadi.

Baca Ini Juga  Prediksi Harga Saham IHSG Terbaru

Investasi Emas dan logam mulia

Investasi emas dan logam mulia merupakan satu dari sekian banyak jenis-jenis investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Namun sekarang sudah ada layanan investasi emas dalam bentuk tabungan atau digital. Yang dapat sewaktu-waktu di ambil oleh orang yang menanamkan dananya untuk tabungan emas tersebut.

Fluktuasi emas setiap harinya bisa naik dan turun tergantung dengan kursĀ  mata uang asing dan kondisi ekonomi nasional.

Investasi Properti

Berinvestasi property menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang. Properti sendiri bisa dari bangunan rumah, kos-kosan, villa, hotel dan lain sebagainya. Investasi property ini sangat menarik karena setiap tahun sebuah tanah dan bangunan selalu naik harganya. Sehingga keuntungan yang dapat di hasilkan akan maksimal hingga jangka panjang.

Asuransi

Asuransi termasuk salah satu jenis investasi yang di gunakan untuk melindungi suatu hal yang berharga. Misalnya asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi rumah dan lain-lain. Investor berperan sebagai polis yang membayar iuran asuransi setiap bulan atau tahunan. Ketika sesuatu yang di asuransikan itu mengalami kerusakan, maka pihak penyedia asuransi bisa memperkirakan kerugiannya, kemudian klaim dana yang akan di bayarkan kepada polis.

Baca Ini Juga  Prediksi Harga Eminer (EM) Dan Analisanya

Obligasi/ Surat Utang

Jenis-jenis investasi dan penjelasannya ke 6 adalah Obligasi atau surat utang. Obligasi atau surat utang merupakan salah satu jenis investasi yang mirip dengan saham, tetapi yang di gunakan adalah berbentuk surat utang. Obligasi yang di investasikan memiliki jangka waktu tertentu. Surat utang yang di gunakan untuk berinvestasi terdapat dua pilihan yaitu yang di terbitkan pemerintah ataupun lembaga korporasi bisa swasta ataupun lembaga BUMN. Keuntungan investasi obligasi ini, investor dapat menerima bunga hasil dari simpanan investasinya.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah jenis investasi yang mekanismenya menyimpan dana dalam bentuk deposito yang waktu pengambilan dananya sesuai tanggal jatuh tempo. Ini biasanya tersedia di bank-bank lokal, atau bisa di temukan pada koperasi juga. Risiko yang di timbulkan dari deposito ini sangat kecil, sehingga sangat cocok untuk seorang investor pemula dalam penyimpanan dana untuk masa depannya.

Itulah beberapa jenis-jenis investasi dan penjelasannya terbaru 2021Dari sekian jenis investasi yang telah tercantum di atas, dapat di coba untuk siapa saja yang tertarik di dunia investasi. Semakin besar risiko investasi yang di ambil, maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan di dapatkan.

Baca Ini Juga  Jam Trading Saham yang Baik Agar Profit Besar