Begini Cara Mengajukan Pinjaman KUR Online Bank BRI Terbaru 2021
Begini Cara Mengajukan Pinjaman KUR Online Bank BRI Terbaru 2021

Begini Cara Mengajukan Pinjaman KUR Online BRI

Diposting pada

Sejak tahun 2020, Bank BRI telah menyediakan layanan pengajuan pinjaman KUR online BRI. Ini berupa aplikasi 5 in 1 yang tersedia dengan tujuan untuk memudahkan para nasabahnya dalam mengakses informasi keuangan dan permodalan.

Aplikasi eform milik Bank BRI ini selain bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman KUR, juga bisa untuk mengakses layanan lainnya. Di antaranya yakni informasi bantuan sosial, BPUM BRI dan bansos BST kemensos.

Cara Mengajukan Pinjaman

Sebelum mengirimkan pengajuan pinjaman KUR online BRI, pastikan dulu bahwa kamu adalah pelaku UMKM. Karena perlu dicatat bahwasannya Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini adalah fasilitas permodalan yang didukung lang sung oleh pemerintah Indonesia, di mana diperuntukkan hanya untuk pelaku UMKM yang belum memiliki cukup agunan.

Nah selanjutnya, jika syarat utama itu sudah terpenuhi, kamu bisa memilih untuk masuk ke dalam kategori UMKM biasa atau UMKM e-commerce. Karena seperti rilis informasi resminya, Bank BRI saat ini sudah mendukung pelaku UMKM yang bergerak di bidang digital e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Aruna, Siabos, WarungPangan, serta pengemudi ojek online baik Gojek maupun Grab.

Baca Ini Juga  Waspada! Berikut Daftar PINJOL ILEGAL Terbaru
  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengajukan pinjaman Bank BRI adalah dengan mengunjungi laman kur.bri.co.id.
  2. Lakukanlah pendaftaran dengan memasukan nama lengkap, alamat email, dan password. Atau bisa juga langsung masuk dengan menggunakan akun google. Lalu ikuti perintah selanjutnya.
  3. Jika sudah, silahkan login kembali dan lengkapi syarat-syarat yang diperlukan.

Syarat Pengajuan KUR Online Bank BRI

Terdapat empat syarat utama yang harus kamu penuhi sebelum melakukan pengajuan pinjaman. Syarat-syarat ini menjadi kunci penting jika ingin pengajuan kamu disetujui oleh pihak bank. Berikut daftarnya.

  1. Kamu adalah individu perorangan, bukan mengatasnamakan perusahaan atau kelompok.
  2. Telah melakukan kegiatan usaha, baik offline maupun online seperti berjualan di marketplace atau driver ojol yang telah bekerjasama dengan Bank BRI, sekurang-kurangnya 6 bulan lamanya.
  3. Saat melakukan pengajuan tidak sedang memiliki pinjaman lain di bank manapun. Terkecuali jenis pinjaman konsumtif seperti Kredit Perumahan Rakyat (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kartu Kredit.
  4. Melengkapi berkas-berkas administrasi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Keterangan Usaha. Surat keterangan usaha ini bisa kamu dapatkan dari Desa maupun dari platform e-commerce tempatmu berjualan atau dari operator ojek online tempat kamu bermitra.
Baca Ini Juga  Jenis Pinjaman BRI Dengan Pengajuan Termudah

Kelebihan Sistem Online KUR Bank BRI

KUR adalah akses permodalan untuk pengusaha mikro yang memiliki dukungan langsung dari pemerintah. Dengan demikian, besaran bunga yang jadi beban debitur relatif sangat kecil sekali, berada di kisaran 0,2 persen saja per bulannya.

Inilah alasan kenapa produk pinjaman Bank BRI yang satu ini menjadi andalan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Apalagi jika mendapat kemudahan dalam hal pelayanannya, dengan sistem online seperti ini contohnya.

Selain itu, dukungan modal untuk pelaku usaha online juga menjadi angin segar tersendiri. Mengingat saat ini sudah banyak UMKM yang beralih dari berbisnis offline ke online. Yang mana sebelumnya, pegiat bisnis online ini belum mendapat pengakuan yang pasti dari pemerintah.

Karena percaya atau tidak, bisnis berbasis online akan sangat marak ke depannya. Ini terpengaruh besar oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat. Bahkan, model-model bisnis yang sebelumnya belum terpikirkan sama sekali, saat ini sudah menjadi ladang yang sangat menguntungkan bagi pelaku usahanya.

Demikianlah langkah-langkah cara mengajukan pinjaman KUR Online BRI terbaru hingga saat ini. Semoga bisa memberikan informasi yang jelas untuk kamu.

Baca Ini Juga  Doa Agar Dagangan Laris Banyak Pembeli Mempercepat Kesuksesan