Tips Mudik.|Unsplash.com
Tips Mudik.|Unsplash.com

7 Tips Mudik 2022 Dengan Aman

Diposting pada
Tips Mudik.|Unsplash.com
Tips Mudik.|Unsplash.com

Ada beberapa tips mudik 2022  yang bisa kamu ikuti.  Tentu hal ini merupakan suatu kebahagiaan bagi kebanyakan umat muslim. Pasalnya, dapat merayakan hari raya dengan sanak dan keluarganya. Selain itu, mengingat dua tahun kebelakang dari mulai tahun 2020, kegiatan mudik memang mengalami pembatasan.

Hal ini dikarenakan adanya Pandemi Virus Covid-19. Dimana virus ini menyerang berbagai negara di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sehingga segala aktivitas dibatasi demi menekannya penyebaran virus ini.

Tips Mudik 2022 Dengan Aman

Seperti yang diketahui bahwa penyebaran virus sudah tidak terlalu gencar seperti dahulu. Ditambah dengan sudah ditemukan vaksin, sehingga mudik tahun ini pun diperbolehkan dengan syarat sudah divaksin. Lantas apa saja yang dapat membuat perjalanan mudikmu aman? yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1.    Istirahat Yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu faktor hal yang penting. Pasalnya, jika kamu tidak memiliki waktu istirahat yang cukup maka akan mempengaruhi kesehatan. Termasuk rasa ngantuk, kelelahan, dan lain sebagainya.

Sehingga, hal ini sangat berbahaya bagi perjalananmu. Bahkan dapat menyebabkan kecelakan dan membahayakan keselamatan jiwa.  Maka, cobalah untuk tidur terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, hindari untuk begadang, jika memang tidak terlalu penting.

  1. Bawa Barang Secukupnya
Baca Ini Juga  Gaji PT Graha Seribusatu Jaya Dan Lowongan Terbaru

Hal ini penting, untuk diperhatikan. Pasalnya, jika muatan melebihi kapasitas kendaraan. Hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara bahkan kecelakan. Sehingga, cobalah untuk memilih mana barang yang memang urgent dan mana yang tidak.

Namun, jika semua  barang-barang yang akan dibawa memang penting., cobalah sebagian dikirim lewat jasa ekspedisi. Dengan begitu, kamu akan lebih aman dalam berkendara. Jika kamu menggunakan motor, usahakan untuk menggunakan jaket, helm, dan pelindung berkendaraan yang lainnya.

3.    Cek Kendaraan Sebelum Berangkat

Beberapa pemudik, sering mendapati kendaraannya bermasalah. Seperti putus rantai, mogok, dan lain sebagianya. Sehingga, demi keamanan dan kelancaran kamu berkendara. Sebaiknya cek terlebih dahulu kendaran. Bahkan jika perlu, gunakan tenaga professional atau  bengkel. Dengan begitu, kamu akan lebih muah mengetahui masalh yang ada pada kenaranmu tersebut.

4.    Siapkan Budget Selama Perjalanan

Tentu yang namanya perjalanan, tidak mungkin tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sehingga hal tersebut pun perlu disiapkan  dengan matang.  Cobalah atur, berapa uang yang kamu butuhkan untuk transportasi hingga sampai ke rumah, uang untuk makan, dan dana  darurat lainnya. Terutama jika, kamu mengadakan perjalanan jauh hingga ke luar provinsi maupun yang lainnya.

Baca Ini Juga  Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung dg Keuntungan Tinggi

5.    Patuhi Protocol Kesehatan

Meskipun, Pandemi sudah agak mereda. Namun, bukan berarti melonggarkan protocol kesehatan. Pasalnya, kita tidak pernah tahu, akan terkena virus dimana dan ditularkan oleh siapa. Dengan begitu, patuhi protocol kesehatan dengan baik. Seperti menjaga jarak ketika sedang berada di rest area, sudah divaksin, mencuci tangan sebelum akan makan apapun, dan lain sebagainya.

6.    Cek Rute Perjalanan

Menjelang hari libur atau hari raya keagamaan. Macet pasti tidak bisa dihindari. Sehingga, tidak ada salah untuk mengecek rute perjalanan mana yang lebih efektif. Selain itu, rute perjalanan pun dapat membantu kamu untuk menghafal track-track jalan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah sampai di tempat tujuanmu.

7.    Waktu Istirahat

Beberapa pengemudi sering mengabaikan rasa lelah maupun ngantuknya. Sehingga tetap melanjutkan perjalanan. Meskipun ngantuk dan capek banget. Dengan dalih, nanti saja istirahat ketika sampai, nanggung. Namun, ternyata hal ini dapat membahayakan keselamatan diri dan penumpang yang ia bawa. Sehingga, ketika rasa ngantuk itu kamu rasa, cobalah untuk mencari rest area atau tempat yang bisa kamu singgahi untuk rehat.

Baca Ini Juga  Tata Cara Shalat Gerhana Bulan

Beberapa tips mudik 2022 di atas, dapat kamu jadikan referensi. Sehingga membuat  perjalananmu lebih aman. Selain itu, usahakan untuk tidak menunggu bensin habis. Sebaiknya, jika bensin sudah menunjukan ke garis satu, segeralah isi bensin. Sehingga, hal tersebut dapat mengurangi resiko habis di pertengahan jalan. Usahakan pula jika menerima uang THR, cobalah kelola dengan baik. Sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang.