HARGABELANJA.COM – Mapel IPS kelas 7 SMP kurikulum merdeka apa saja? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Kelas 7 SMP merupakan tingkatan pertama setelah berakhirnya pendidikan Sekolah Dasar (SD). SMP/MTS masih di tahap pembelajaran tingkat menengah.

Para siswa nantinya akan mendapatkan metode pembelajaran yang baru baik pelajaran matematika, bahasa Indonesia, IPA, dan lain sebagainya.

Pastikan mempelajarinya dengan baik supaya bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan bisa memperoleh nilai yang tinggi.

Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Sebelum ke tahap mapel Bahasa Inggris kelas 7 SMP kurikulum merdeka, kalian harus memahami terlebih dahulu maknanya.

Kurikulum merdeka menjadi metode pembelajaran baru yang sudah mulai diterapkan sejak tahun 2021. Berikut adalah beberapa poin utama dari Kurikulum Merdeka Belajar:

  • Pemberian Kemandirian: Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan lebih banyak kemandirian kepada siswa dalam memilih dan mengelola cara mereka belajar. Ini mencakup pilihan mata pelajaran dan metode pembelajaran yang lebih fleksibel.
  • Penguatan Karakter: Kurikulum ini juga menekankan pengembangan karakter, etika, dan nilai-nilai moral dalam pendidikan. Hal ini bertujuan untuk membentuk siswa yang lebih baik secara holistik.
  • Penekanan pada Keterampilan Abad ke-21: Selain pengetahuan akademis, kurikulum ini juga menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.
  • Penggunaan Teknologi: Kurikulum Merdeka Belajar juga mendorong penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk pembelajaran daring dan penggunaan perangkat digital.
  • Pengembangan Karir: Kurikulum ini juga memiliki fokus pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan karir dan pemilihan jalur pendidikan dan karir yang lebih baik.
Baca Ini Juga  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Mapel IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di kelas 7 SMP mungkin akan bervariasi antara satu sekolah dengan sekolah lainnya sesuai dengan pendekatan Kurikulum Merdeka.

Namun, secara umum, mata pelajaran IPS di kelas 7 SMP akan mencakup beberapa topik inti seperti berikut:

  • Geografi: Pembelajaran geografi pada tingkat ini akan fokus pada pemahaman tentang bumi, lingkungan, dan peta. Siswa akan mempelajari konsep-konsep seperti iklim, cuaca, tata surya, dan kontinental.
  • Sejarah: Mata pelajaran sejarah akan membahas berbagai peristiwa sejarah penting, baik dalam konteks Indonesia maupun dunia. Ini bisa mencakup topik seperti sejarah peradaban manusia, prasejarah, peradaban kuno di Indonesia, atau peristiwa sejarah Indonesia modern.
  • Ekonomi: Siswa akan diajarkan dasar-dasar ekonomi, termasuk konsep-konsep seperti produksi, konsumsi, pasar, dan perdagangan. Mereka juga akan memahami peran ekonomi dalam masyarakat.
  • Sosiologi: Mata pelajaran ini mungkin mencakup pengenalan terhadap konsep-konsep sosial seperti kelompok sosial, budaya, norma, nilai, dan interaksi sosial.
  • Kewarganegaraan: Siswa akan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, prinsip-prinsip demokrasi, serta peran mereka dalam membangun masyarakat yang adil dan berkeadilan.
  • Kebijakan Publik: Siswa mungkin juga akan mempelajari dasar-dasar kebijakan publik dan peran pemerintah dalam mengelola sumber daya dan masyarakat.
  • Lingkungan Hidup: Lingkungan hidup dan keberlanjutan mungkin juga menjadi fokus, dengan penekanan pada pentingnya menjaga alam dan sumber daya alam.
  • Kebudayaan: Siswa dapat mempelajari tentang beragam budaya di Indonesia, tradisi, dan seni budaya.
Baca Ini Juga  5 Rekomendasi Shampo Anti Rontok

Pastikan untuk mengkonsultasikan kurikulum dan petunjuk yang diberikan oleh sekolah atau guru IPS Anda, karena pendekatan Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa di sekolah Anda.

Itulah informasi mengenai mapel IPS kelas 7 SMP kurikulum merdeka, pastikan mempelajarinya dengan baik agar ilmu pengetahuanmu semakin bertambah.

Bagikan: