HARGABELANJA.COM – Mapel PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka apa saja? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

PPKN merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ada di sekolahan, terutama untuk tingkat SD. Di mana siswa akan mempelajari materi yang sangat penting di dalamnya.

Siswa akan belajar dari tahap mendasar terlebih dahulu untuk naik ke jenjang berikutnya. Seperti halnya kelas 2 SD, maka nilai yang dihasilkan akan digunakan untuk penentuan naik ke kelas 3.

Sebagai siswa, kalian harus mempelajarinya dengan baik agar pengetahuanmu semakin bertambah dan menjadi siswa yang cerdas.

Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Sebelum ke tahap mapel PPKN kelas 2 SD kurikulum merdeka, kalian harus memahami terlebih dahulu maknanya.

Kurikulum merdeka menjadi metode pembelajaran baru yang sudah mulai diterapkan sejak tahun 2021. Berikut adalah beberapa poin utama dari Kurikulum Merdeka Belajar:

  • Pemberian Kemandirian: Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan lebih banyak kemandirian kepada siswa dalam memilih dan mengelola cara mereka belajar. Ini mencakup pilihan mata pelajaran dan metode pembelajaran yang lebih fleksibel.
  • Penguatan Karakter: Kurikulum ini juga menekankan pengembangan karakter, etika, dan nilai-nilai moral dalam pendidikan. Hal ini bertujuan untuk membentuk siswa yang lebih baik secara holistik.
  • Penekanan pada Keterampilan Abad ke-21: Selain pengetahuan akademis, kurikulum ini juga menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi.
  • Penggunaan Teknologi: Kurikulum Merdeka Belajar juga mendorong penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk pembelajaran daring dan penggunaan perangkat digital.
  • Pengembangan Karir: Kurikulum ini juga memiliki fokus pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan karir dan pemilihan jalur pendidikan dan karir yang lebih baik.
Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Tirta Varia Intipratama dan Jabatannya

Mapel PPKN Kelas 2 SD

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) biasanya diajarkan di berbagai tingkat sekolah di Indonesia, termasuk di kelas 2 Sekolah Dasar (SD).

Di kelas 2 SD, mata pelajaran PPKN bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang Pancasila, kewarganegaraan, norma-norma sosial, dan nilai-nilai yang mendasari negara Indonesia.

Materi-materi yang mungkin diajarkan dalam mata pelajaran PPKN untuk kelas 2 SD bisa mencakup hal-hal berikut:

  • Pengenalan Pancasila: Anak-anak dapat diperkenalkan kepada lima sila Pancasila beserta arti dan maknanya.
  • Simbol-simbol Negara: Memahami dan mengenal simbol-simbol negara Indonesia, seperti bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan.
  • Nilai-nilai Kewarganegaraan: Mempelajari nilai-nilai dasar yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, seperti gotong royong, demokrasi, dan persatuan.
  • Sejarah Singkat Indonesia: Meskipun sangat dasar, kelas 2 SD dapat mempelajari sedikit sejarah Indonesia, seperti proklamasi kemerdekaan.
  • Lingkungan Sekitar: Mengenal lingkungan sekitar sekolah dan rumah serta bagaimana berinteraksi dengan lingkungan tersebut dengan baik.
  • Tugas dan Hak Anak: Menyadari hak dan kewajiban anak sebagai warga negara Indonesia.
Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Mega Niaga Sejahtera dan Jabatannya

Materi-materi ini diajarkan dengan metode yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anak kelas 2 SD, biasanya melalui cerita, gambar, permainan, dan pendekatan yang lebih sederhana agar anak-anak dapat memahami konsep-konsep tersebut dengan mudah.

Juga, guru-guru biasanya berusaha untuk mengembangkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap negara sejak dini melalui pendidikan ini.

Sebagai siswa yang teladan, kalian harus bisa mempelajarinya dengan baik. Setiap poin memiliki makna yang berbeda dan harus dipahami. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan nilai yang memuaskan akan dapat terwujud.

Demikian informasi mengenai mapel PPKN kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, pelajari dengan baik agar pengetahuanmu semakin bertambah. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Bagikan: