8 Alasan Harus Servis Motor Rutin, Jangan Sampai Terlewat!

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Alasan harus servis motor rutin apa saja? Pastinya banyak yang belum mengetahuinya. Setiap dealer seperti Suzuki ataupun lainnya selalu mengajurkan agar menjalankan perawatan kendaraan dengan baik.

Salah satu perawatan yang wajib dilakukan ialah servis. Apabila terlewat sesuai batas yang ditentukan, maka akan ada beberapa resiko yang dialami.

8 Alasan Harus Servis Motor Rutin

Berbagai macam alasan yang dapat kalian ketahui bilamana rutin melakukan servis di antaranya:

1. Menjaga Performa Kendaraan

Performa kendaraan yang kurang maksimal tentu akan memberikan dampak buruk. Kalian harus melakukan servis secara berkala supaya kondisinya tetap optimal.

Perawatan rutin juga menurunkan resiko kerusakan parah pada komponen sepeda motor karena gejala yang dapat dideteksi di awal-awal. Sehingga, kondisi kendaraan akan tetap terjaga secara efektif.

2. Biaya Lebih Hemat

Apakah dengan rutin servis dapat menghemat biaya? Mungkin banyak yang beranggapan keuangan akan boros bila sering servis. Faktanya, jika kondisi motor seluruhnya tetap normal tidak akan mengeluarkan banyak biaya perbaikan.

Jika kalian jarang servis, justru akan ada beberapa komponen penting yang rusak parah. Hal tersebut juga bisa merambat ke bagian lain karena jarang diperiksa dan mengursa banyak biaya perbaikan.

3. Komponen Lebih Aman

Servis motor rutin di Dealer Suzuki akan membantu menjaga komponen kendaraan menjadi lebih aman. Berbagai macam komponen yang harus dirawat dengan baik seperti ban sepeda motor, rem, lampu, dan lain sebagainya.

Setiap komponen juga memiliki usia yang mana harus diganti bilamana sudah waktunya. Apabila kalian tetap memaksa menggunakannya karena sudah harus ganti, maka akan memberikan dampak yang buruk.

Baca Ini Juga  Harga Jasa Service Motor Yamaha

4. Kendaraan Semakin Nyaman

Siapa sih yang tidak ingin motornya nyaman saat digunakan saat berkendara, pastinya semua orang menginginkan hal itu. Ketika belum di servis, motor biasanya memiliki rasa yang kurang nyaman saat digunakan.

blank

Namun hasilnya berbeda jika kalian sudah menservis kendaraan tersebut. Berkendara akan semakin nyaman karena seluruh komponen dapat berfungsi dengan baik. Perjalanan akan terasa lancar tidak ada kendala seperti kinerja mesin yang tampak kasar ataupun faktor lainnya.

5. Hemat Bahan Bakar

Banyak yang tidak menyangkan bahwa servis rutin bisa membuat bahan bakar menjadi lebih hemat. Pembakaran akan menjadi lebih sempurna karena setiap komponen kendaraan berjalan dengan sempurna.

Hal tersebut juga akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat. Oleh sebab itu, melakukan servis sangat penting karena mampu membuat budget menjadi lebih hemat.

6. Usia Motor Lebih Panjang

Mungkin kalian pernah membandingkan antara motor yang dirawat dengan baik daripada yang tidak. Salah satunya pada bagian kerajinan menjalankan servis. Semakin rutin maka akan memberikan dampak yang baik, begitu juga sebaliknya.

Dengan begitu, usia motor akan lebih awet. Komponen yang terjaga dengan baik akan membuat keuanganmu lebih hemat tanpa harus memperbaiki komponen yang rusak parah. Pastikan kalian menerapkannya secara efektif.

7. Daya Jual Tinggi

Alasan servis motor rutin yang selanjutnya ialah memiliki daya jual yang tinggi. Apabila menerapkannya dengan baik, sudah pastinya akan membuat kondisi kendaraan tetap terjaga sempurna.

Ketika kalian bosan dan ingin menjual motor, maka masih memiliki nilai jual yang tinggi. Seperti halnya beli motor di dealer Suzuki dengan harga baru Rp17 juta. Meski sudah lama pemakaiannya, harga jualnya masih tetap tinggi karena rutin menjalankan perawatan.

8. Tidak Mudah Rusak

Kerusakan pastinya akan semakin minim bila rutin melakukan perawatan. Terkadang orang-orang menyepelekan hal ini karena servis harus mengeluarkan biaya. Apalagi jika kalian servis kendaraan setiap bulannya.

Baca Ini Juga  Harga dan Spesifikasi Motor Yamaha Lexi S

Tidak menjadi masalah apabila kondisi motor tetap terjaga dengan baik. Daripada kendaraan yang cepat rusak, maka penggantian komponen akan jauh lebih mahal. Keuangan kalian malah akan berkurang banyak dalam waktu singkat.

Waktu yang Tepat untuk Service Motor

Bagi kalian yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk servis motor, kalian bisa menerapkan sesuai standar dari dealer resmi Suzuki sebagai berikut:

  • Servis 1 = 1000 km
  • Servis 2 = 4.000 km
  • Servis 3 = 8.000 km
  • Servis 4 = 12.000 km
  • Servis 5 = 16.000 km
  • Servis 6 = 20.000 km
  • Servis 7 = 24.000 km
  • Servis 8 = 28.000 km
  • Servis 9 = 32.000 km
  • Servis 10 = 36.000 km
  • Dst

Bagian yang Harus Diperiksa Saat Servis Motor

blank

Percuma bilamana kalian servis motor rutin namun tidak mengetahui bagian apa saja yang harus diperiksa supaya kondisinya aman secara keseluruhan.

Berikut bagian yang harus diperiksa:

  • Tune Up

Dealer Suzuki menyatakan, tune up menjadi salah satu servis yang wajib diperiksa karena dapat mengembalikan performa motor seperti awal.

Tune up dilakukan dengan memerika bagian mesin seperti pengapian, pembersihan injektor, dan lain sebagainya. Kalian bisa melakukan tune up secara rutin 2 bulan sekali atau ketika jarak tempuh sudah sampai 2000 km.

  • Ganti Oli

Ganti oli biasanya sudah satu paket dengan tune up. Oli mesin memiliki tiga fungsi yaitu sebagai pelumas, pelindung, dan pendingin.

Terkait pemilihan oli mesin yang baik menyesuaikan dengan jenis motornya. Setiap tipe kendaraan memiliki penggunaan oli yang berbeda, seperti motor Suzuki ataupun lainnya. Untuk biayanya kurang lebih kisaran Rp50 ribuan.

  • Oli Gardan

Oli mesin berbeda dengan oli gardan, kalian juga harus menggantinya secara berkala. Kalian bisa menggantinya ketika sudah 8000 km perjalanan, namun jangan sampai interval maksimum.

Biasanya, penerapannya yaitu ketika mengganti oli mesin 2 kali, kalian bisa mengganti oli gardan. Untuk harganya bervariatif tergantung merk yang digunakan.

  • Ganti Busi
Baca Ini Juga  Harga Motor Vixion Baru dan Bekas Lengkap

Mesin pembakaran internal membutuhkan pengapian untuk menunjang kinerjanya. Ini merupakan tugas busi yang mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api.

Kalian harus menggantinya bilamana sudah tidak layak pakai. Idealnya, elektroda busi memiliki warna abu-abu atau merah bata, kalian bisa menggantinya ketika sudah mencapai 6000 km.

  • Kampas Rem

Cek juga kondisi kampas rem supaya kondisi kendaraan tetap aman. Kampas rem wajib diganti bilamana sudah tidak layak digunakan.

 Servis Motor Rutin di Dealer Suzuki

blank

Suzuki menjadi salah satu dealer yang menawarkan berbagai macam keunggulan, salah satunya dalam layanan servis. Terutama bagi kalian yang membeli motor produk Suzuki, wajib untuk melakukan servis secara berkala agar kondisi kendaraan tetap terjaga dengan baik.

Adapun beberapa keunggulan bilamana servis di dealer Suzuki:

  • Harga Terjangkau

Harga yang terjangkau tidak akan membuat keuanganmu terkuras habis. Siapapun pastinya akan mencari tempat servis yang murah.

  • Cepat

Mungkin kalian malasa untuk servis karena mengantri cukup lama, kalian akan mendapatkan pelayanan yang cepat di sini.

  • Teknisi Mahir

Kalian tidak perlu khawatir akan kemampuan teknisi dealer Suzuki. Hal ini dikarenakan sudah memiliki keterampilan khusus yang pastinya akan menjaga kondisi motor tetap aman.

Selain itu, masih ada banyak keunggulan lainnya yang bisa kalian dapatkan seperti alat yang canggih, suku cadang lengkap, dll.

Follow akun media sosial resmi Suzuki untuk mendapatkan info terbaru dan berbagai macam bonus menarik lainnya.

  • Facebook: Suzuki Indonesia
  • Twitter: @SuzukiIndonesia
  • Instagram: @suzuki_id
  • Youtube: Suzuki Indonesia
  • Tiktok: Suzuki_id