Lulusan jurusan hukum.| Unspalsh.com
Lulusan jurusan hukum.| Unspalsh.com

Bagi Anda yang lulusan jurusan hukum Memiliki prospek kerja yang luas. Sehingga kamu dapat memilih mana profesi yang sekirnaya cocok. Yang terpenting Anda memang memiliki minat yang bagus di pekerjaan tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang nanti disodorkan saat melamar kerja.

Peluang Kerja Bagi Lulusan Jurusan Hukum

Kalau Anda masih belum tahu pekerjaan-pekerjaan yang dimaksud, silakan baca ulasan-ulasan di artikel ini. Kami sengaja menuliskannya untuk Anda semoga bisa menjadi informasi yang berharga. Ini dia pekerjaan yang bagus untuk para fresh graduated jurusan hukum:

1. Pejabat Akta Notaris

Kalau Anda lulusan hukum maka coba menggeluti profesi sebagai pejabat akta notaris. Di pekerjaan ini Anda akan membantu masyarakat yang ingin mengurus hak tanah, hak waris, perwalian, pelimpahan harta warisan dan lain sebagainya. Ini juga lahan pekerjaan yang bagus serta sesuai dengan pendidikan hukum yang pernah Anda pelajari.

Baca Ini Juga  Pajak Mobil 0 Persen

Jika Anda masih lulusan S1 Hukum maka untuk mendapatkan legalitas Anda harus berkuliah lagi mengambil jurusan S2 Kenotariatan. Baru, Anda bisa membuka praktek di kampung secara personal maupun membangun agensi dengan mengajak rekan yang se almamater dan sejurusan.

2. Lulusan Jurusan Hukum Dapat Menjadi Hakim Pengadilan

Menjadi seorang hakim merupakan cita-cita yang sangat mulia. Dan ini bisa dilanggengkan oleh fresh graduated yang lulusan jurusan hukum. Jika pun tidak akan langsung memegang palu, tetapi magang di pengadilan saja sudah lebih dari cukup sembari terus menggali potensi dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Akan tetapi jika sudah menjadi seorang hakim, pastikan harus bisa memutus perkara dengan seadil-adilnya. Tidak juga menggadaikan jabatan dengan uang sehingga melahirkan keputusan yang tidak adil. Tentunya pekerjaan semacam ini sangat terlarang apalagi setiap hakim pasti disumpah sebelum menjalankan tugas.

3. Jaksa dan Pengacara

Selain menjadi hakim, profesi untuk lulusan hukum yang berikutnya ialah menjadi jaksa dan pengacara. Kalau menjadi jaksa, tugas Anda hanya menuntut tersangka dengan mengedepankan bukti-bukti yang dimiliki. Sebaliknya tugas seorang pengacara adalah melakukan pembelaan atas nama terdakwa.

Baca Ini Juga  Tabel Angsuran Pinjaman Bank Danamon

Kedua profesi ini sama-sama dipegang oleh ahli-ahli hukum. Makanya, Anda yang lulusan hukum bisa coba-coba untuk menekuninya. Sekalipun demikian, tetap dibutuhkan pengalaman yang luas untuk menjadi jaksa dan pengacara yang berkualitas tinggi. Kalau Anda memilikinya, maka tidak mengapa kalau ingin mencoba.

4. Staf Hukum Perusahaan dan Instansi

Sebagian besar perusahaan dan instansi biasanya membutuhkan ahli hukum yang akan menyelesaikan kasus hukum yang dialami. Nama profesi ini adalah legal staff atau disebut juga legal officer. Di sisi lain tugas dari jabatan ini ialah mengatur perizinan perusahaan sekaligus menjadi kontrol hukum di sana.

Dengan adanya staff hukum perusahaan, tenaga kerja dan karyawan bisa bekerja dengan nyaman. Paling tidak ada penjembatan yang akan mengatur hubungan antara mereka dengan pemilik perusahaan. Pihak pemilik pun tidak akan asal memberikan kebijakan karena pasti akan mendapatkan pengawasan dari legal officer-nya.

5.  Lulusan Jurusan Hukum Dapat Menjadi Konsultan Bantuan Hukum

Profesi bagi lulusan hukum yang berikutnya ialah menjadi konsultan bantuan hukum bagi masyarakat. Terutama bagi kalangan awam yang sama sekali buta dengan masalah hukum atas kasus yang sedang menderanya. Nah, konsultan ini akan membantu menyodorkan opini dan argumentasi terbaik tentang hal tersebut.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Peluang Kejadian Majemuk Beserta Jawabannya

Nah, bagi Anda yang lulusan jurusan hukum, silakan pilih pekerjaan-pekerjaan di atas lalu tekuni dengan serius. Namun pastikan, Anda benar-benar menjadi praktisi hukum yang adil, memihak masyarakat dan tidak sekadar untuk mencari keuntungan finansial semata.

Meta Deskripsi: Lulusan jurusan hukum tidak boleh bimbang pasal pekerjaan. Karena di artikel ini dikupas tuntas tentang hal tersebut.

Bagikan: