Di balik kelezatan Pia Agung yang melegenda, tersimpan rahasia cita rasa yang telah terjaga selama puluhan tahun. Pia Agung, oleholeh khas Kota Solo yang telah menjadi bagian dari sejarah kuliner Indonesia, menawarkan perpaduan harmonis antara kulit yang renyah dan isian kacang hijau yang manis dan gurih. Kelezatannya yang tiada duanya telah membuat Pia Agung menjadi incaran para wisatawan dan pecinta kuliner di seluruh negeri.

Pia Agung pertama kali dibuat pada tahun 1940an oleh pasangan suami istri, Atmo dan Soekarti. Awalnya, pia ini hanya dikenal sebagai oleholeh rumahan yang dibagikan kepada kerabat dan teman dekat. Namun, berkat cita rasanya yang luar biasa, Pia Agung mulai dikenal secara luas dan menjadi salah satu ikon kuliner Kota Solo. Seiring berjalannya waktu, Pia Agung terus berkembang dan kini telah menjadi oleholeh wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Solo.

Proses pembuatan Pia Agung masih dilakukan secara tradisional, menggunakan resep dan teknik yang diwariskan secara turuntemurun. Kulit pia dibuat dari tepung terigu berkualitas tinggi, yang digiling halus dan diuleni hingga membentuk adonan yang lembut dan elastis. Sementara itu, isian kacang hijau dibuat dari kacang hijau yang disangrai dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan gula pasir dan garam secukupnya. Kacang hijau yang digunakan harus berkualitas baik, agar menghasilkan isian yang manis, gurih, dan membuatkuenastar/”>bertekstur lembut.

Apa yang membuat Pia Agung begitu istimewa?

Baca Ini Juga  Kode Promo Webtoon Bulan Ini

Rahasia kelezatan Pia Agung terletak pada perpaduan sempurna antara kulit yang renyah dan isian kacang hijau yang manis dan gurih. Kulit pia dibuat dari tepung terigu berkualitas tinggi yang digiling halus, menghasilkan tekstur yang lembut dan elastis. Sementara itu, isian kacang hijau dibuat dari kacang hijau pilihan yang disangrai dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan gula pasir dan garam secukupnya. Kacang hijau yang digunakan harus berkualitas baik, agar menghasilkan isian yang manis, gurih, dan membuatkuenastar/”>bertekstur lembut.

Bagaimana proses pembuatan Pia Agung?

Proses pembuatan Pia Agung masih dilakukan secara tradisional, menggunakan resep dan teknik yang diwariskan secara turuntemurun. Kulit pia dibuat dengan mencampur tepung terigu, air, dan garam secukupnya. Adonan kemudian diuleni hingga kalis dan dibentuk menjadi bulatanbulatan kecil. Bulatanbulatan kecil ini kemudian diisi dengan isian kacang hijau dan dibentuk menjadi bentuk setengah lingkaran. Pia Agung kemudian dipanggang dalam oven hingga kulitnya berwarna keemasan dan renyah.

Apa saja varian rasa Pia Agung yang tersedia?

Selain varian kacang hijau klasik, Pia Agung juga tersedia dalam berbagai varian rasa lainnya, seperti cokelat, keju, durian, dan pandan. Varian rasa cokelat menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih yang unik, sementara varian rasa keju memberikan sensasi gurih dan creamy. Varian rasa durian menghadirkan aroma dan rasa durian yang khas, sedangkan varian rasa pandan memberikan aroma dan rasa pandan yang menyegarkan.

Di mana Pia Agung bisa ditemukan?

Pia Agung dapat ditemukan di berbagai toko oleholeh dan pusat perbelanjaan di Kota Solo. Selain itu, Pia Agung juga dapat dipesan secara online melalui situs web resmi Pia Agung atau melalui berbagai platform ecommerce.

Baca Ini Juga  Tabel Pinjaman Oto Finance Terbaru

Bagaimana cara menyimpan Pia Agung agar tetap renyah?

Untuk menjaga kerenyahan Pia Agung, simpanlah dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Pia Agung dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan dengan benar. Jika ingin disimpan lebih lama, Pia Agung dapat disimpan dalam freezer hingga 1 bulan.

FAQ tentang Pia Agung

1. Apa keistimewaan Pia Agung?

Pia Agung memiliki kulit yang renyah dan isian kacang hijau yang manis dan gurih. Kulit pia dibuat dari tepung terigu berkualitas tinggi yang digiling halus, menghasilkan tekstur yang lembut dan elastis. Sementara itu, isian kacang hijau dibuat dari kacang hijau pilihan yang disangrai dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan gula pasir dan garam secukupnya.

2. Bagaimana cara menyimpan Pia Agung agar tetap renyah?

Untuk menjaga kerenyahan Pia Agung, simpanlah dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Pia Agung dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan dengan benar. Jika ingin disimpan lebih lama, Pia Agung dapat disimpan dalam freezer hingga 1 bulan.

3. Di mana Pia Agung bisa ditemukan?

Pia Agung dapat ditemukan di berbagai toko oleholeh dan pusat perbelanjaan di Kota Solo. Selain itu, Pia Agung juga dapat dipesan secara online melalui situs web resmi Pia Agung atau melalui berbagai platform ecommerce.

4. Apakah Pia Agung tersedia dalam varian rasa lain selain kacang hijau?

Ya, Pia Agung tersedia dalam berbagai varian rasa lainnya, seperti cokelat, keju, durian, dan pandan.

5. Berapa harga Pia Agung?

Harga Pia Agung bervariasi tergantung pada varian rasa dan ukuran kemasannya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga, silakan kunjungi situs web resmi Pia Agung atau hubungi langsung pihak Pia Agung.

Baca Ini Juga  Mapel Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Kesimpulan

Pia Agung, oleholeh khas Kota Solo yang melegenda, telah menjadi bagian dari sejarah kuliner Indonesia. Kelezatannya yang tiada duanya telah membuat Pia Agung menjadi incaran para wisatawan dan pecinta kuliner di seluruh negeri. Perpaduan sempurna antara kulit yang renyah dan isian kacang hijau yang manis dan gurih membuat Pia Agung begitu istimewa.

Proses pembuatan Pia Agung yang masih dilakukan secara tradisional, menggunakan resep dan teknik yang diwariskan secara turuntemurun, menjadi bukti komitmen Pia Agung untuk menjaga kualitas dan cita rasa yang telah menjadi ciri khasnya selama puluhan tahun. Selain varian kacang hijau klasik, Pia Agung juga tersedia dalam berbagai varian rasa lainnya, seperti cokelat, keju, durian, dan pandan, sehingga dapat memenuhi selera setiap penikmat kuliner.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk membawa pulang Pia Agung sebagai oleholeh khas yang akan membuat Anda dan orangorang tercinta merasakan kelezatan yang tiada duanya. Pia Agung juga dapat dipesan secara online melalui situs web resmi Pia Agung atau melalui berbagai platform ecommerce, sehingga Anda dapat menikmati kelezatan Pia Agung di mana pun Anda berada.

Bagaimana pendapat Anda tentang Pia Agung? Apakah Anda pernah mencoba kelezatannya? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan keluarga Anda agar mereka juga dapat merasakan kelezatan Pia Agung, legenda kuliner khas Kota Solo.

Bagikan: