apa itu bank syariah

Apa Itu Bank Syariah ? Ketahui Contoh-Contohnya

Diposting pada

Sebelum menggunakan, pastikan Anda mengetahui apa itu bank syariah terlebih dahulu. Dari segi fungsi, sebenarnya antara bank syariah dan bank konvensional sama saja. Nasabah bisa menyetor uang, mengambil uang, melakukan transaksi, melakukan pembayaran seperti biasa. Namun dengan menggunakan bank syariah, nasabah akan terhindar dari riba yang ada di bank konvensional.

Kehadiran bank syariah menjadi opsi bagi masyarakat muslim di Indonesia yang ingin menggunakan bank, namun tidak ingin berurusan dengan riba. Banyak keuntungan yang akan nasabah dapatkan, mulai dari bebas biaya administrasi, bagi hasil yang transparan, terhindar dari riba hingga akses layanan keuangan yang mudah.

contoh bank syariah

Apa Itu Bank Syariah ?

Menurut Undang Undang No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, bank syariah adalah sebuah bank yang menjalankan aktivitas perbankan sesuai dengan prinsip syariah Islam. Adapun prinsipnya seperti prinsip keadilan dan keseimbangan (‘adl wa tawazun), kemaslahatan (maslahah), universalisme (alamiyah).

Dalam bank syariah, menggunakan sistem nisbah atau bagi hasil. Besaran bagi hasilnya ini berdasarkan pendapatan dari bank itu sendiri, semakin besar pendapatannya, maka bagi hasilnya akan semakin besar. Berbeda dengan bank konvensional yang menggunakan sistem bunga.

Baca Ini Juga  Deposito Syariah untuk Investasi Sesuai Syariat Islam

Bank syariah memiliki beberapa layanan seperti simpanan, reksadana untuk investasi, pembiayaan dan masih banyak lagi. Selain itu, nasabah juga bisa menyalurkan infak, zakat hingga sedekah.

Contoh Bank Syariah Di Indonesia

Untuk Anda yang ingin menggunakan bank syariah, berikut ini beberapa bank yang bisa jadi pilihan.

Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia merupakan penggabungan antara Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Dengan bergabungnya ketiga bank itu menjadi satu, akan memaksimalkan pelayanan kepada nasabah. Memiliki layanan yang cukup beragam, mulai dari tabungan, pembiayaan, investasi dan masih banyak lagi.

Saat ini, Bank Syariah Indonesia sudah memiliki kantor cabang lebih dari 1300 yang terbesar di beberapa kota di Indonesia. Dengan banyaknya cabang ini, akan memudahkan Anda ketika ingin membuka rekening maupun meminta bantuan.

Bank Muamalat

Bank Muamalat ini merupakan sala satu bank yang berbasis syariah Islam. Cukup banyak masyaraka yang puas dengan pelayanan dari ban ini. Berdiri sejak 1 November 1991, membuat bank ini sudah teruji kualitasnya. Bank Muamalat memiliki beberapa produk andalannya. Mulai dari tabungan, giro, deposito hingga investasi yang bisa digunakan nasabah.

Baca Ini Juga  5 Daftar Pinjaman Online Syariah Lengkap Terpercaya

Dalam aktivitas perbankannya, sudah terjamin kehalalannya. Meski berbasis syariah, pelayanan dari Bank Muamalat tidak berbeda jauh dengan bank konvensional. Mereka juga memiliki Mobile Banking yang akan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Bank Mega Syariah

Berdiri pada 27 Juli 2004, Bank Mega Syariah menjadi salah satu pioner bank syariah di Indonesia. Saat ini, terdapat beberapa produk yang bisa nasabah gunakan, seperti tabungan rencana gaji dan umrah, tabungan rencana pendidikan, pembiayaan griya berkah dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan layanan dari Bank Mega Syariah ini layaknya bank konvensional lainnya. Bisa menarik dana kapanpun melalui ATM, melakukan setoran dan yang lainnya. Bank syariah ini menerapkan prinsip bagi hasil, bukan bunga. Sehingga nasabah akan terhindar dari bunga riba.

Demikian informasi mengenai bank syariah di Indonesia. Setelah Anda memahami apa itu bank syariah, Anda membuka rekening di bank pilihan. Produk yang tersedia ada banyak, tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam memanfaatkan dana yang Anda miliki. Anda bisa melakukan berbagai hal layaknya bank konvensional dengan pelayanan yang tidak berbeda jauh

Baca Ini Juga  Informasi Mengenai Pegadaian Syariah Lengkap