Contoh Soal KPK SD

4 Contoh Soal KPK SD Ini Tidak Mudah, Bisa Jawab?

Diposting pada

Ingin mengasah kemampuan dengan mengerjakan soal KPK untuk SD? Kenapa tidak? Berikut kami pilihkan beberapa contoh soal KPK yang cukup sulit. Setiap soal dilengkapi dengan pembahasannya sehingga kamu bisa mengecek jawaban milikmu sudah benar atau belum tepat. Yuk, kita mulai!

Contoh Soal KPK Cerita untuk SD dan Pembahasannya

Contoh Soal KPK 1

Baki pergi jalan-jalan setiap empat hari sekali, sementara Bapak Baki pergi jalan-jalan setiap enam hari sekali. Jika, Bapak Baki, Baki dan Adik Baki pergi jalan-jalan bersama pada 15 Juli 2018. Pada tanggal berapa hal ini terjadi lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya?

Pembahasan

Untuk menjawab soal ini maka kamu dapat melakukan cara berikut. Pertama, buat pohon faktor 4 dan 6 maka kamu memperoleh:

4 = 2^2

6 = 2 x 3

Selanjutnya, tentukan KPK. Dari faktorisasi tersebut kamu dapat menyimpulkan bahwa KPK = 2^2 x 3 = 12.

Seperti yang tertera di soal bahwa Bapak Baki, Baki dan Adik Baki pergi jalan-jalan bersama pada 15 Juli 2018. Dengan demikian, hal ini terjadi lagi untuk kedua kalinya pada: 15 Juli 2018 + 12 hari = 27 Juli 2018. Lalu, untuk ketiga kalinya adalah: 27 Juli 2018 + 12 hari = 8 Agustus 2018. 

Baca Ini Juga  Penasaran dengan Jenis- Jenis Insomnia? Simak ini!

Contoh Soal KPK 2

Baki memiliki rutinitas yang ia lakukan setiap minggu, yakni pergi ke pasar untuk membeli ikan setiap 4 hari sekali. Sementara, teman Baki juga suka berbelanja di pasar tetapi ia pergi ke pasar setiap 6 hari sekali.

Jika Baki dan temannya berangkat bersama untuk berbelanja ke pasar pada hari Selasa, maka kapankah mereka akan bertemu lagi di pasar?

Pembahasan

Soal ini dapat diselesaikan dengan cara mencari KPK 4 dan 6. Tetapi, buat dulu pohon faktor 4 dan 6.

4 = 2^2

6 = 2 x 3

Dari sini, kamu memperoleh bahwa KPK = 2^2 x 3 = 12. Jadi, Baki dan temannya bertemu kembali 12 hari kemudian.

Jika Baki dan temannya sempat berbelanja ke pasar secara bersama-sama pada hari Selasa, maka mereka bertemu lagi di pasar pada saat 12 hari setelah hari Selasa. Jadi, mereka bertemu lagi pada hari Minggu.

Contoh Soal KPK 3

Baki adalah murid kelas 3 SD Hargabelanja.com. Baki mendapatkan pelajaran Matematika setiap 3 hari sekali. Sementara, Bu Guru mengajar Matematika setiap 4 hari sekali. Jika Bu Guru mengajar di kelas Baki pada tanggal 20 Juli 2018, maka pada tanggal berapa Bu Guru mengajar lagi di kelas Baki?

Baca Ini Juga  Pengertian, Rumus dan Contoh Soal Tumbukan dan Momentum

Pembahasan

Permasalahan ini membutuhkan penyelesaian KPK. Oleh karena itu kamu perlu membuat pohon faktor 3 dan 4 seperti berikut ini.

3  = 3

4 = 2^2

Jadi, KPK = 2^2 x 3 = 12

Bila pertemuan pertama Bu Guru dan Baki adalah pada saat 20 Juli 2018, maka Bu Guru dan Baki kembali bertemu pada tanggal: 20 Juli 2018 + 12 hari = 1 Agustus 2018.

Contoh Soal KPK 4

Guru membuat kebijakan bagi siswa kelas 7 bahwa siswa harus mengumpulkan uang kas setiap 4 hari sekali. Sementara, untuk iuran infak dilakukan setiap 5 hari sekali. Jika waktu pengumpulan uang kas dan infak secara bersamaan jatuh pada hari Minggu, maka kapan lagi waktu pengumpulan keduanya dilakukan secara bersamaan?

Pembahasan

Untuk mengerjakan soal ini maka kamu perlu mencari KPK 4 dan 5. Tetapi buat dulu pohon faktornya seperti ini.

4 = 2^2

5 = 5

Maka, KPK = 2^2 x 5 = 20.

Jika pengumpulan uang kas dan iuran infak secara bersamaan jatuh pada saat Minggu, maka kemungkinan hal ini terjadi bersamaan lagi adalah pada: Minggu + 20 hari = hari Sabtu. 

Baca Ini Juga  Model Mobil Perkotaan dari Suzuki TTS

Itulah beberapa contoh soal KPK SD yang bisa dijadikan bahan belajar. Meski terkesan mudah, ternyata soal KPK cukup membuat pusing kepala ya? Tenang saja, dengan sering berlatih maka kamu bisa mengerjakan soal KPK dengan baik. Yuk latihan lagi, tetapi kali ini mengerjakan contoh soal FPB dalam bentuk cerita!