Makanan Thailand.| Unsplash.com
Makanan Thailand.| Unsplash.com

5 Makanan Thailand Yang Simpel

Diposting pada

Makanan Thailand yang kaya akan rempah cita-rasanya sedikit menyerupai makanan nusantara meski ada perbedaan. Selain itu, Thailand merupakan negara yang masih saru regional di kawasan Asia Tenggara bersama Indonesia. Dengan begitu keduanya hampir memiliki kesamaan terutama soal makanan. 

Di Thailand juga bisa disebut surganya para wisatawan dengan keindahan wisata dan panorama alam serta kulineran. Makanan khas negara Gajah Putih ini telah tersohor ke berbagai negara, karena rasa unik yang dilumuri rempah-rempah.

Makanan Thailand

Makanan Thailand.| Unsplash.com
Makanan Thailand.| Unsplash.com

Meskipun makanan Thailand terkenal akan banyak rempah, bukan berarti tidak ada makanan yang wajib dicoba tetapi cukup simple diolahnya. Untuk itu diantaranya sebagai berikut :

1.      Pad Thai

Pad thai merupakan makanan khas thailand berupa mie goreng. Seperti mie goreng pada umumnya, paid thai juga banyak dijual di pinggir jalan. Makanan ini sangat melegenda karena sudah ada sejak zaman kerajaan Ayutthaya dan dipercaya sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau China.

Komposisi phad thai sendiri terdiri dari mie yang digoreng dengan berbagai macam bumbu seperti bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula. Mie phad thai terbuat dari terigu dan bisa ditambah dengan telur, tahu, irisan daging ayam, sapi atau seafood.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Pabrik di Bekasi Terbaru

2.      Gai Med Ma Moung (Ayam Mete)

Gai Med Ma Moung atau Ayam mete merupakan olahan tumis ayam kacang mete yang ini bercita rasa pedas. Makanan ini sering diburu oleh para wisatawan maupun warga lokal Thailand.

Perpaduan bumbu, ayam, dan kacang mete yang ditumis selalu sukses memberikan rasa gurih yang sedap. Sangat cocok jika disantap bareng nasi hangat. Artinya tumis ayam mete ini seringkali menjadi hidangan sebagai pelengkap lauk-pauk bersama nasi.

3.      Kaeng Khiao Wan

Makanan ini sama seperti Kari, makanan khas Indonesia, bedanya di Thailand bernama Kaeng Khiao Wan. Akan tetapi kari Thailand ini berwarna hijau dan bercita rasa pedas. Untuk isinya sendiri sangatlah beragam.  Salah-satu andalan yang biasa menjadi favorit adalah kari berisi ayam dan sayuran. Warna hijau pada kari ini berasal dari cabai hijau sehingga cita rasa yang ditimbulkan lebih pedasdibandingkan dengan kari merah.

Selain itu, bahan-bahan lain yang digunakan yaitu :  santan, gula aren, pasta kari hijau, dan saus ikan, tetapi kadang-kadang terong bahkan buah juga sering dimasukkan. Sedangkan pasta kari hijau sendiri dibuat dari racikan bumbu-bumbu, biji jinten, pasta udang, dan garam yang digoreng dengan krim kelapa.

Baca Ini Juga  Tips Memulai Usaha Skincare Bagi Pemula Yang Menjanjikan

4.      Makanan Thailand: Gai Yang

Gai Yang secara harfiah berarti ayam bakar. Makanan ini merupakan hidangan yang berasal dari daerah Indocina termasuk Thailand. Gai Yang sering kali disajikan pada street food.

Biasanya dipasangkan dengan salad pepaya hijau, nasi ketan, sayuran mentah maupun dicelupkan ke dalam saus pedas jaew bong.

Bahan dasarnya ayam utuh yang dibelah dua lalu ditumbuk rata bersama bumbu-bumbu khas. Setelah itu diolah dengan cara diasinkan dan kemudian dipanggang di atas api arang untuk waktu yang cukup lama.

 

5.      Tod Man Pla

Tod man pla merupakan makanan yang berbentuk mirip dengan kroket dengan memiliki arti kue ikan. Makanan khas Thailand ini berbahan dasar ikan atau makanan laut.  Tod Man Pla dibungkus memakai adonan kentang yang kadang dilapisi remah roti, serta diolahnya dengan cara digoreng.

 Ikan yang digunakan sebagai isian biasanya seperti ikan kod, ikan haddock, atau ikan salmon. Adonannya sendiri bervariasi mulai dari penggunaan telur, putih telur, tanpa telur, susu, air, tepung dan kentang rebus. Semua adonan tersebut ada yang memakai dan tanpa memakai. Biasanya disajikan pula bersama saus cabai manis dan pasta kari merah.

Baca Ini Juga  Apa Saja Manfaat Berendam Di Pemandian Air Panas? Simak Yuk!