Penyebab insomnia.| Unsplash.com
Penyebab insomnia.| Unsplash.com

Apa Saja Penyebab Insomnia? Baca Ini Dulu Yuk!

Diposting pada

Penyebab insomnia ini sebenarnya beragam, sehingga berbeda  pada setiap orang. Selain itu, hal tersebut pun dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada penderitanya. Apabila terjadi secara terus-menerus dan tidak ditangani  dengan cepat. Misalnya, mimicu asma, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Penyebab Insomnia

Penyebab insomnia.| Unsplash.com
Penyebab insomnia.| Unsplash.com

Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan penderinya mengalami kesulitan untuk tidur. Sehingga tidak heran apabila hal tersebut dapat mempengaruhi mood, konsentrasi, bahkan kesehatan. Lalu apa saja penyebabnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1.    Penyebab Insomnia Yaitu Stres

Penyebab pertama dari insomnia adalah karena seseorang tersebut mengalami stress. Biasanya hal tersebut dikarenakan reaksi tubuh saat menghadapi situasi yang mengancam atau pun tertekan.  Dimana ketika itu terjadi hormon kortisol dan adrenalin dilepaskan oleh tubuh. sehingga membuat tekanan darah maupun detak jantung meningkat.

Bahan membuat otot tegang dan pernapasan menjadi lebih cepat. Adapun penyebab dari stress ini beragam, seperti kehilangan orang terkasih, kesenjangan ekonomi, dan lain sebagainya. Selain itu, penderita pun akan menjadi overthinking sehingga menimbulkan ketakutan atau kewaspadaan. Tentu jika dalam kondisi seperti itu membuat kamu akan mengalami kesulitan tidur, bukan?

Baca Ini Juga  Cara Memperjuangkan Beasiswa Luar Negeri

2.    Mengingat Pengalaman Traumatis

Pengalaman traumatis merupakan sebuah kejadian yang pernah dialami oleh seseorang dimana hal tersebut membahayakan dirinya atau orang terdekatnya secara serius bahkan memicu kematian. Sehingga orang yang mengingat hal tersebut akan mengalami rasa tidak aman dan terancam.

Apabila hal tersebut berlanjut, sebaiknya di atas secara medis secepatnya. Pasalnya, jika terjadi terus-menerus dan kamu tidak sanggup untuk menghadapinya, tentu akan merugikan dirimu nantinya. Dengan mencari pertolongan medis, setidaknya kamu akan ditangani dengan tepat.

3.    Adanya Perubahan Pada Kebiasaan Tidur

Insomnia pun dapat disebabkan oleh kebiasaan tidur yang berubah. Baik itu secara tempat, waktu, dan lain sebagainya. Misalnya, kamu seseorang yang biasanya tidur pukul 22.00 sampai dengan pukul 05.00 setiap harinya. Namun, satu bulan full kamu harus memaksakan diri untuk tidur diatas pukul 00.00 dan bangun pukul 04.00 dikarenakan sebuah pekerjaan.

Maka biasanya, secara otomatis ketika belum pukul dua belas malam, kamu tidak akan mengantuk. Selain dikarenakan perubahan waktu tidur, tidur di tempat yang berbeda pun dapat menyebabkan insomnia. Hal tersebut dikarenakan tempat itu asing, sehingga bisa jadi tubuh merasa tidak aman. Dengan begitu, ini  menyebabkan tubuh tetap terjaga.

Baca Ini Juga  Harga dan Review Oppo A92

4.    Jet Lag

Seseorang yang mengalami jet lag memungkinnya untuk mengalami gangguan tidur. Hal tersebut dikarenakan orang tersebut melakukan bepergian dengan cepat melewati beberapa zona waktu berbeda. Sehingga mengganggu jam tidur biologis yang tubuh miliki. Dimana jam tersebut merupakan sebuah sistem untuk mengatur kapan kamu harus terbangun maupun tertidur.

Semakin banyak tempat dengan waktu yang berbeda banyak dikunjungi, maka akan meningkatkan insomnia. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama. Namun, dapat membuat produktivitas kamu terhambat dan melelahkan. Terutama jika kamu sering bepergian ke Timur. Selain itu, hal tersebut biasanya sering dialami oleh Pilot, pelancong bisnis, maupun pramugari.

5.    Mengkonsumsi Obat Tertentu

Insmia pun dapat disebabkan karena kamu mengkonsumsi obat-obat tertentu. Seperti obat antidepresan, obat stimulan, obat jantung, dan lain sebagianya. Maka, jika hal tersebut sangat mengganggu, kamu dapat langsung konsultasi dengan dokter yang menangani mu. Sehingga kamu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat maupun hal lainnya.

Beberapa penyebab insomnia ini memang dipicu oleh berbagai faktor. Dimana diantaranya adalah stress, mengkonsumsi obat-obat tertentu, mengalami jet lag, teringat kembali pengalaman traumatis, dan mengalami perubahan kebiasaan tidur.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Struktur Organisasi di Word dengan Mudah