Tarian ciri khas daerah Indonesia .| Unspalsh.com
Tarian ciri khas daerah Indonesia .| Unspalsh.com

Apa Saja Tarian Ciri Khas Daerah Indonesia yang Dikenal Indah?

Diposting pada

Tarian ciri khas daerah Indonesia menjadi representasi budaya di Indonesia yang beragam. Setiap daerah memiliki tarian khas masing – masing yang unik. Hal ini  merupakan bagian dari kekayaan warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Untuk melestarikannya, berbagai tarian khas daerah ini kemudian dijadikan materi dalam pendidikan di bangku persekolahan.

Selain itu, budaya tersebut masih dijaga dengan berbagai cara lainnya seperti penyelenggaraan pentas seni. Terdapat berbagai sanggar seni juga yang menjadi tempat latihan untuk tarian khas daerah tertentu. Sehingga tarian daerah ini masih tetap dibudayakan di masyarakat agar tidak luntur terkikis zaman.

Tarian Ciri Khas Daerah Indonesia dan Maknanya

Tarian ciri khas daerah Indonesia .| Unspalsh.com
Tarian ciri khas daerah Indonesia .| Unspalsh.com

Indonesia kaya akan budaya dengan berbagai keunikannya. Salah satunya adalah tarian khas yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia. Kamu bisa mempelajari tarian khas daerah dari asal kamu berada maupun daerah lainnya di berbagai sanggar seni di daerah tempat kamu berada. Berikut ini adalah beberapa tarian ciri khas daerah Indonesia.

1.      Tarian Ciri Khas Indonesia  Saman dari Aceh

Merupakan salah satu tarian khas daerah yang sangat populer di Indonesia. Tari Saman ini berasal dari daerah dataran tinggi Gayo. Kemunculannya diabadikan dalam dokumentasi pada abad ke-14. Pada mulanya tarian ini merupakan sarana berdakwah yang ditunjukan dalam bentuk tarian.

Baca Ini Juga  Pengertian, Jenis dan Contoh Soal Gerak Melingkar

Tarian ini memiliki nilai dan makna yang sarat akan pendidikan, sopan santun dan keagamaan. Selain itu juga penanaman jiwa kepahlawanan, kebersamaan serta kekompakan. Selain itu tari saman juga memiliki nilai – nilai keislaman dengan nuansa dakwah. Hal ini ditunjukan dengan adanya mukadimah penyampaian nasihat sebelum tarian dimulai.

2.      Tari Serimpi dari Yogyakarta

Dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kamu bisa temukan salah satu tarian yang indah, yaitu tari serimpi. Tarian ini disajikan oleh beberapa penari tradisional dari Yogyakarta. Tarian ini menjadi budaya warisan yang dilestarikan dari generasi ke generasi. Dalam pertunjukannya tarian ini merupakan tarian Jawa Klasik dari keraton Kesultanan Mataram.

Tari serimpi yang berasal dari kata impi yang berarti mimpi. Tarian tersebut seakan membawa kamu pada dunia mimpi. Tarian ini dibawakan oleh 4 orang personil yang melambangkan elemen yang ada di dunia yaitu grama (api), angin, toya (air) dan bumi yaitu tanah. Pada tarian tersebut tersirat pesan kesopanan, lemah lembut dan etika yang dijunjung oleh Yogyakarta.

Baca Ini Juga  Harga Jam Tangan Casio Original Terbaik

3.      Tari Kecak dari Bali

Merupakan salah satu tarian ciri khas daerah Indonesia yang paling unik. Tarian ini juga banyak diminati oleh berbagai wisatawan asing yang berkunjung ke Bali. Tari kecak dilakukan oleh puluhan penari laki – laki yang duduk secara melingkar. Secara umum, tarian tersebut menunjukan eksotisme dari setiap penarinya dalam membangkitkan rasa semangat.

Tarian kecak menjadi pengantar kisah Ramayana, dimana barisan dari kera berkumpul untuk membantu Rama. Selain itu, tarian ini digunakan sebagai cara komunikasi kepada Tuhan dan roh para leluhur dalam mitologi masyarakat Bali. Pada tarian tersebut para penari menyerukan kata “Cak” secara berulang disertai iringan musik menjadi lebih indah dengan disertai tarian.

4.      Tari Poco Poco dari Maluku

Siapa yang tidak kenal dengan lagu dan tarian poco – poco? Tarian ciri khas daerah Indonesia dari Maluku ini bahkan sering digunakan ketika bersenam. Hal ini karena irama musik yang begitu enak dan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan. Tarian poco – poco ini merupakan salah satu tarian khas Maluku dan sudah sangat dikenal di Nusantara.

Baca Ini Juga  PPSSPP Gold Apk Download Versi Pro Mod Terbaru

Tarian ciri khas daerah Indonesia diatas, merupakan budaya yang eksistensinya masih terjaga hingga kini. Masih banyak tarian tradisional lainnya yang menjadi ikon setiap daerah di Indonesia. Hal ini menunjukan betapa beragamnya budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.