Sebelum Merantau.|Unsplash.com
Harus disiapkan sebelum merantau.|Unsplash.com

Apa Saja Yang Wajib Disiapkan Sebelum Merantau? Yuk Simak Ini!

Diposting pada

Ada beberapa hal yang wajib disiapkan sebelum merantau. Dimana hal tersebut akan membantumu untuk tidak kebingungan sesampainya di tempat tujuan. Selain itu, hal tersebut pun akan membantumu lebih matang dalam menyiapkan segala hal yang dibutuhkan disana nantinya. Terutama jika kamu belum pernah kesana dan tidak memiliki keluarga maupun kerabat dekat.

Hal Yang Wajib Disiapkan Sebelum Merantau

Meskipun terkadang pergi dari rumah sangat berat, tetapi ada beberapa orang yang tidak bisa menghindarinya. Hal tersebut karena pendidikan maupun pekerjaan yang ada di luar kota maupun negeri lebih sesuai dengan kebutuhannya. Lantas apa saja yang perlu disiapkan, yuk simak informasi berikut ini!

1.   Disiapkan Sebelum Merantau Tempat Tinggal 

Hal ini sangatlah urgen, sehingga harus diutamakan. Pasalnya, jika tidak memiliki tujuan, maka kamu pun akan kebingungan. Apabila kamu tidak mengetahui kosan atau belum menemukan kosan yang cocok melalui internet. Cobalah untuk mencari penginapan yang dekat dengan lokasi tempat kerja maupun kuliah.

Dengan begitu, untuk sementara kamu dan keluarga bisa menginap di tempat tersebut.sampai akhirnya kamu menemukan tempat tinggal. Selain itu, diperkirakan pula biaya sewa penginapan dengan budget yang kamu miliki. Jika memang budgetnya hanya cukup dua malam, maka pastikan kamu bisa mendapatkan tempat sebelum cek out dari pengintap.

Baca Ini Juga  Sinopsis Keluarga Cemara 2, Konflik Kakak dan Adik

2.    Mengetahui Transportasi Atau Jalur Perjalanan

Hal ini pun tidak kalah pentingnya dengan poin yang pertama. Baik kamu memiliki kendaraan pribadi maupun tidak, hal ini penting. Pasalnya, jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi maka kamu perlu mencari tahu transportasi mana yang bisa mengantarkan kamu dengan aman dan ramah dikantong. Apakah transportasi darat, udara, atau bahkan laut.

Smenetara, apabila tempat yang kamu tuju dapat diakses melalui kendaraan pribadi, maka pastikan kamu atau sopir sudah paham betul jalurnya. Sehingga, kamu perlu melihat map sebelum perjalanan. Dengan begitu, kamu pun akan mengetahui jalan mana yang harus ditempuh. Sehingga menemukan rute terbaik dan tidak kesasar.

3.    Mengenal Lingkungan Sekitar Tempat Tinggal Baru

Mengetahui dengan betul lingkungan di sekitar pun sangat penting. Dengan begitu, kamu mengetahui bagaimana budaya di sana seperti apa. Terutama jika kamu ingin ke suatu tempat yang memiliki perbedaan budaya dengan kehidupanmu sehari-hari. Misalnya, kamu ingin bekerja ke Belanda. Tentu budaya, waktu, dan lain sebagainya akan berbeda.

Baca Ini Juga  Cara Dapat Kredit Usaha Rakyat UKM

Maka, pinterlah-pintarlah mencari informasi mengenai kebiasaan maupun budaya disana. Hal tersebut bisa kamu akses melalui internet. Meskipun mungkin informasi di internet tidak terlalu detail, tetapi sedikit banyaknya kamu mengetahui situasi di sana seperti apa.

4.    Menyiapkan Semua Kebutuhan Yang Diperlukan

Usahkana jauh-jauh hari sebelum berangkat, kamu menyiapkan semuanya yang dibutuhkan. Seperti baju-baju, alat mandi, berbagi dokumen, sepatu, obat yang sering digunakan, maupun yang lain sebagainya. Untuk lebih matang lagi, kamu pun sebaiknya mengetahui cuaca disana seperti apa. Sehingga, kamu hanya membawa baju-baju yang sesuai dengan suhu disana saja.

Misalnya, jika kamu ingin pergi ke tempat yang cenderung dingin, maka kamu bisa membawa baju-baju hangat lebih banyak dibandingkan baju dengan bahan adem atau tipis. Begitu pula dengan sebaliknya. Pastikan H-1 sebelum berangkat, kamu memastikan kembali barang bawaan sehingga tidak ada yang ketinggalan.

5.    Mental Disiapkan Sebelum Merantau

Seperti yang kamu ketahui bahwa lingkungan baru memiliki kebiasaan yang bisa saja berbeda. Sehingga kamu pun butuh menyiapkan mental. Bahkan tidak hanya itu saja kamu pun harus siap jauh dari keluarga. Dengan kata lain, kamu perlu memulai kehidupan yang mandiri. Sehingga siapapun yang dibutuhkan harus sebisa mungkin menyiapkannya sendiri. Seperti mencuci, makan dan lain sebagainya.A

Baca Ini Juga  Sinopsis Film Black Adam, Antihero Berkekuatan Dewa

Beberapa hal yang wajib disiapkan sebelum merantau di atas dapat dijadikan bahan referensi untukmu. Dengan begitu, persiapan yang kamu lakukan akan lebih matang, bukan?