Cara membersihkan kamar mandi.| Unsplash.com
Cara membersihkan kamar mandi

Bagaimana Cara Membersihkan Kamar Mandi?

Diposting pada

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk membersihkan kamar mandi. Ada yang membersihkan toilet kloset dulu, lantai kamar mandi terlebih dahulu, dan lain sebagainya. Selain itu, membersihkan toilet pun  dilakukan supaya tetap bersih dan tidak menimbulkan aroma tak sedap. Sehingga harus dilakukan dengan rutin.

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Cara membersihkan kamar mandi
Cara membersihkan kamar mandi

Bagi beberapa orang membersihkan kamar mandi, bukanlah hal yang mudah. Ini dikarenakan banyak perlengkapan yang harus diperhatikan. Dari mulai kloset, bak mandi, wastafel, dan lain sebagainya. Selain itu, ketika membersihkannya dari debu saja, tetapi noda yang membandel, kerak air, dan lain sebagainya. Adapun caranya yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut!

1.    Membersihkan Dinding Kamar Mandi

Kerak air dapat timbul di dinding kamar mandi dikarenakan adanya cipratan air yang bercampur dengan sampo maupun sabun. Namun, untuk membersihkan kerak ini tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya perlu menyiramnya dengan air kemudian mengelapnya dengan spon atau kain microfiber.

Apabila masih tidak hilang, cobalah untuk menggosok-gosok nya sampai beberapa kali. Sampai noda tersebut hilang. Untuk memudahkan, gunakan pula cairan khusus untuk membersihkannya.

Baca Ini Juga  Daftar Cheat GTA 5 (Grand Theft Auto 5) Lengkap untuk PC

2.    Bersihkan Noda Karat Pada Shower Dan Keran

Tentu kamu tidak asing apabila melihat keran atau shower yang berkarat, bukan? padahal perlengkapan tersebut masih kamu gunakan di kamar mandi. Hal ini pun membuat kamu pasti tidak nyaman ketika menggunakan kamar mandi. Belum lagi, jika tercium aroma besi atau tidak sedap yang berasal dari shower maupun kran yang berkarat.

Untuk membersihkannya sendiri, kamu bisa menggunakan baking soda. Hal ini karena produk tersebut mengandung  natrium karbonat yang dipercaya mampu mengatasi karat. Untuk lebih maksimal gunakan garam dan air perasan lemon. Kemudian aduk ketiga bahan tersebut lalu  oleskan pada area-area yang berkarat. Tunggu beberapa menit sampai terlihat karat pada shower maupun keran mulai memudar. Kemudian bilas menggunakan air.

3.    Bersihkan Kloset

Kemudian setelah itu, bersihkan lah toilet menggunakan produk khusus. Sebaiknya kamu pun menggunakan sarung tangan. Supaya cairan pembersih tersebut tidak terkena  tanganmu secara langsung. Setelah cairan pembersih toilet dimasukan, maka tunggulah beberapa menit. Kemudian, siram dan gosok kloset dengan menggunakan sikat khusus.

Baca Ini Juga  Bisa Kerjakan Contoh Soal GLBB Ini?

Setelah dirasa bersih, siram kembali kloset tersebut. Apabila kamu ingin membuatnya cepat kering, maka lap lah menggunakan kain microfiber. Dimana lap tersebut terbuat dari bahan dengan daya serap yang tinggi. Sehingga cocok untuk membuat atasan kloset duduk mu cepat kering.

4.    Membersihkan Lantai Kamar Mandi

Cara selanjutnya adalah membersihkan lantai kamar  menggunakan sikat khusus. Selain itu, gunakan pula cairan pembersih toilet ke sela-sela lantai. Supaya kotoran-koran yang sulit kamu sikat, itu dapat rontok dengan sendirinya.

Gunakan pula sabun untuk memudahkan kamu menghilangkan kotoran. Namun, jika noda nya cukup membandel, kamu bisa menggunakan cairan pembersih  khusus. Apabila Kemudian setelah itu siram dengan air bersih.

5.    Bersihkan Bak Dan Penyimpanan Sabun

Kedua perlengkapan ini sering sering dilewatkan ketika bersih-bersih kamar mandi. Padahal hal tersebut jika dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan noda dan aroma yang tidak sedap. Sehingga, cobalah untuk rajin membersihkannya menggunakan sikat. Jika ingin lebih bersih lagi, gunakanlah sabun.

6.    Bersihkan Saluran Pembuangan Air

Ini tidak boleh kamu lupakan sama sekali, pasalnya Sebagian besar aktivitas di kamar mandi pasti pembuangannya akan melalui saluran ini. dimulai mandi, keramas, cuci muka, dan lain sebagianya. Selain itu, di sela-sela saluran biasanya terdapat banyak kotoran  maupun rambut. Sebisa mungkin, tidak ada sampah di sekitarnya karena dapat membuat saluran tersumbat.

Baca Ini Juga  Soal PKN Kelas 6 SD dan Jawabannya

Cara membersihkan kamar mandi diatas dapat kamu lakukan secara bertahap. Dimulai dari membersihkan dinding, shower dan kran,kloset,  lantai, bak mandi dan  penyimpanan sabun, sampai dengan saluran pembuangan. Apstikan setelah selesai, kamu mencuci tangan sampai bersih.