Camping ground.| Unsplash.com
Camping ground.| Unsplash.com

Camping Ground Bareng Keluarga? 10 Barang Ini Wajib Dibawa!

Diposting pada

Camping ground merupakan tempat nyaman untuk quality time bareng keluarga, kamu bisa mengunjungi tempat perkemahan yang cocok untukmu dan keluarga. Namun, jika masih bingung, kamu bisa mencarinya melalui google pencarian.

Barang Yang Harus Ada Saat Camping ground

Camping ground.| Unsplash.com
Camping ground.| Unsplash.com

Selain dapat membuat rileks, camping di tempat perkemahan bersama keluarga, juga dapat mempererat ikatan emosional sesama anggota keluarga. Nah, untuk mendukung aktivitas selama berada di tempat perkemahan, ada beberapa barang yang perlu dibawa. Apa saja barang tersebut? Simak dibawah, jawabannya!

1.    Tenda

Barang satu ini wajib dibawa ketika berkemah, karena barang ini digunakan untuk berteduh dari hujan maupun berlindung dari sinar matahari.  Selain itu, tenda digunakan untuk tidur pula. Sehingga, barang ini wajib dibawa ketika berkemah.

Sebaiknya, pilihlah tenda dengan jumlah muatan yang diinginkan, karena setiap tenda memiliki jumlah muatan yang berbeda-beda. Jika tidak sempat membeli tenda yang kamu butuhkan, kamu bisa mencari jasa penyewaan barang-barang untuk kemah di sekitarmu.

2.    Matras

Matras berguna untuk membuat suhu di dalam tenda lebih hangat, ketika tidur. Selain itu, matras dapat  digunakan sebagai tempat santai untuk mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. Pilihlah matras yang tebal dan elastis karena itu jenis matras terbaik dan akan membuatmu lebih merasa nyaman.

Jika tidak ingin mudah kotor, pilihan warna matras yang gelap, seperti biru dongker, hitam, abu tua, coklat tua, dan lain sebagainya. Berapa jumlah matras yang perlu dibawa? Itu disesuaikan lagi dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

3.    Sleeping Bag

Untuk tidur di dalam tenda, sebenarnya kamu bisa menggunakan selimut, dan lain sebagainya. Namun, untuk mempermudah camping agar barang bawaan tidak terlalu banyak, kamu bisa menggunakan sleeping bag.

Dengan membawa sleeping bag, barang bawaan  akan lebih mudah dibawa. Barang ini dapat memberikan kamu tiga manfaat sekaligus yaitu, dapat dijadikan selimut, kasur, dan bantal. Ini dikarenakan sleeping bag memiliki karakteristik umum yaitu, tebal, lembut, dan dapat digunakan tidur dimana saja.

Baca Ini Juga  Berapa Harga Tiket Bus Dari Bekasi Ke Lampung?

 

4.    Headlamp Serta Senter

Kedua barang ini wajib dibawa, untuk menerangi area tempat kemahmu. Selain itu, barang ini dapat membantu kamu beraktivitas di malam hari. Kedua barang ini cukup banyak di pasaran, sehingga kamu bisa membeli di toserba manapun.

Kamu bisa memilih, jenis headlamp dan senter yang menggunakan baterai atau yang menggunakan listrik. Apabila kamu memilih Headlamp dan senter listrik, kamu perlu menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum berangkat berkemah. Selain itu, pastikan dayanya, apakah sudah siaman atau mati suri.

5.    Kompor Portable Serta Gas

Ketika berkemah, kamu membutuhkan kompor portable beserta gas nya untuk memasak. Kompor jenis ini, cukup praktis dan tidak terlalu banyak menggunakan tempat, ini tentunya lebih memudahkan kamu, bukan?

Jika kamu berencana menginap di tempat perkemahan selama dua-tiga hari, sebaiknya kamu membawa dua tabung gas kecil untuk jaga-jaga. Sehingga ketika habis kamu tidak perlu lagi khawatir.

6.    Alat Masak Dan Makan

Kamu masak maupun makan, tidak mungkinkan tanpa peralataan, bisa berabe kalau seperti itu. Dengan menyiapkan alat-alat ini, makanan yang disajikan juga lebih bersih karena diri sendirilah yang mengelola masakannya.

Kamu pun tidak akan kesulitan, ketika hendak memasak karena peralatan sudah disiapkan. Biasanya, aktivitas ini juga memberikan pengaruh yang besar terhadap kedekatan sesama anggota keluarga.

7.    Makanan Yang Praktis Dan Sehat

Makanan di sini sebenarnya bebas, tetapi sebaiknya kamu mengkonsumsi food yang bergizi. Seperti produk kaleng, mie alami, dan lain sebagainya. Namun, kamu pun sebaiknya tidak lupa untuk membawa produk yang sehat dan praktis, Sehingga memberikan banyak manfaat untuk tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Baca Ini Juga  Resep Coffe Dalgona Enak dan Mudah

8.    Obat-Obatan Darurat

Sebelum berangkat ke tempat kemah, sebaiknya kamu membeli obat-obatnya yang berguna bagimu, apabila nanti kamu tiba-tiba sakit. Lalu apa saja obat-obatan yang perlu dibawa, ketika berkemah bareng keluarga?

Kamu bisa membawa  beberapa obat-obatan yang kamu butuhkan, seperti obat luka ringan, obat maag, dan lain sebagainya.

9.    Pisau Lipat

Untuk mempermudah dalam memasak atau yang lainnya, kamu memerlukan pisau lipat, guna untuk mengiris bumbu, membuka kemasan makanan kaleng, ataupun yang lainnya. Namun, kamu perlu hati-hati ketika membuka kaleng makanan karena itu dapat melukaimu.

10.  Baju dan jaket ganti

Suhu udara di tempat ini, umumnya dingin. Sehingga kamu memerlukan baju ganti atau jaket ganti. Hal ini dimaksudkan agar ketika jaket mu basah atau yang lainnya, kamu memiliki jaket cadangan. Selain jaket yang kamu kenakan sekarang. Selain itu,  kamu juga perlu membawa baju ganti.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berangkat Ground Camping

Sebaiknya sebelum berangkat, kamu telah mengecek beberapa hal ini. Dimana hal tersebut dilakukan untuk menunjang aktivitas atau kegiatan yang akan kamu lakukan tersebut. Inilah beberapa hal yang harus kamu pastikan dengan baik!

1.    Kondisi kesehatan

Apabila kamu merasa kurang enak badan, maka usahakan untuk menunda rencana kemping tersebut. Meskipun pasti tidak mengenakan, pasalnya acara tersebut telah direncanakan jauh-jauh hari. Namun, jika dipaksakan pun kamu tidak akan terlalu enjoy dan malah membuat kondisimu semakin memburuk.

Cobalah untuk langsung periksakan ke dokter mengenai kondisi tersebut. Semakin cepat diketahui keadaan kesehatanmu, itu lebih baik. Tunggulah sampai beberapa hari hingga kamu sembuh total dan tidak merasakan keluhan lagi. Baru setelah kamu merasa sehat, merencanakan camping dilanjutkan.

Baca Ini Juga  Fakta Menarik Belatung Viral Tiktok

2.    Kesiapan Para Teman-Teman Camping

Apabila kamu memilih untuk camping secara kelompok, maka kesiapan ini perlu dipertanyakan sebelum hari H. tanya lah kondisi kesehatan teman-teman, tugas masing-masing orang (mengecek rute jalan, lokasi, maun yang lainnya), dan lain sebagainya. Sehingga ketika hari H, hanya tinggal kumpul dan menuju lokasi camping ground yang telah disepakati bersama.

3.    Makanan

Tentu hal ini menjadi hal yang sangat penting. Kamu perlu menyiapkan ini jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan begitu, kamu akan memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan yang sekiranya dibutuhkan. Seperti mie instan, cemilan, sosis, dan lain sebagainya.

Selain itu, jika kamu ingin membawa beras, maka bawalah secukupnya dan usahakan alat yang kamu bawa dengan teman-teman memang memadai. Dengan begitu, kamu tidak akan kerepotan nantinya dalam memasak.

4.    Cek Perlengkapan

Ketika kamu memutuskan untuk camping secara bersama,  pastikan untuk membagi rata mengenai perlengkapan yang harus dibawa. Dimana nantinya perlengkapan tersebut akan digunakan secara bersama. Adapun perlengkapan tersebut menyangkut  alat-alat masak, tenda, senter, obat-obatan, sleep bag, dan lain-lain.

Camping Ground memang menyenangkan, terlebih dengan membawa 10 barang yang di atas. Maka, aktivitas mu dan keluarga akan semakin mudah. Namun, kau pun perlu memperhatikan hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum berangkat ke tempat. Dengan begitu, kegiatan yang akan kamu lakukan akan jauh lebih aman dan tentunya membuat kamu lebih enjoy.