cara membuat cv ats

Cara Membuat CV ATS Friendly agar Lolos Screening HRD

Diposting pada

Cara Membuat CV ATS – Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat CV ATS friendly agar lolos screening HRD.

Di era digital seperti sekarang ini, makin banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan lewat portal jobseeker online. Katakanlah seperti linkedin dan jobstreet, kamu dapat dengan mudah mencari pekerjaan yang cocok untuk kamu secara online.

Dengan keadaan yang seperti ini, kamu sebagai pencari kerja juga membutuhkan CV atau resume yang kompatibel dengan applicant tracking systems (ATS). Sebuah resume ATS bisa menjadi pembeda antara CV kamu dengan CV orang lain agar kamu mendapatkan perhatian dari HRD atau manager perekrutan.

Baca Juga: Perbedaan Surat Lamaran, CV, dan Resume?

Mengapa kamu perlu menggunakan CV ATS?

Resume atau CV yang ditulis dengan detil dan lengkap dengan desain yang ramping dan dioptimalkan dengan kata kunci masih bisa gagal jika pemformatannya tidak sesuai dengan kaidah ATS Friendly.

Saat kamu mengunggah resume kamu ke platform ATS saat melamar pekerjaan, ATS kemudian mem-parsing teks resume kamu agar dapat dicari oleh perekrut atau mengimpor informasi ke profil kandidat digital. Jika ATS tidak dapat menguraikan resume kamu secara akurat, peluang kamu untuk dipilih sebagai kandidat wawancara rendah – walaupun kamu benar-benar memenuhi syarat dan kualifkas pada posisi pekerjaan tersebut.

Itu karena konten resume atau CV kamu kacau atau profil kandidat kamu tidak lengkap karena format CV yang buruk. Dan jika profil kamu  tidak mencerminkan bahwa kamu adalah kandidat yang cocok untuk pekerjaan itu, maka kamu tidak akan mendapat peringkat sebagai kandidat yang layak.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Ada sejumlah faktor yang masuk ke dalam template atau format CV ATS yang optimal. Misalnya, banyak ATS tidak tahu bagaimana menangani tabel atau gambar. Mengurutkan informasi pengalaman kerja kamu dengan benar meningkatkan akurasi penguraian: misalnya sepert jenis file docx dan pdf bekerja lebih baik daripada yang lain.

1. Gunakan kata kunci versi panjang dan singkatan.

HRD dan manajer perekrutan dapat mencari berdasarkan kata kunci saat mencari kandidat. Beberapa ATS hanya akan mengembalikan hasil pencocokan kata kunci yang tepat, yang berarti bahwa jika kamu menyertakan istilah “Search Engine Optimation” tanpa padanan akronimnya atau singkatannya, profil kamu mungkin tidak muncul dalam pencarian perekrut untuk istilah “SEO”.

2. Gunakan format resume kronologis atau hybrid.

Format yang tidak menekankan riwayat pekerjaan, seperti format resume fungsional, tidak berfungsi dengan baik untuk sistem pelacakan pelamar yang mengandalkan pemformatan kronologis terbalik yang lebih tradisional untuk memahami pengalaman pelamar. Perekrut juga paling akrab dengan format resume kronologis dan hibrida.

3. Jangan gunakan tabel atau kolom.

Meskipun tabel dan kolom dapat meningkatkan keterbacaan bagi pembaca manusia, tabel dan kolom tersebut dapat menyebabkan kesalahan penguraian di ATS.

4. Gunakan Font tradisional yang ramah layar.

Untuk keterbacaan, sebaiknya gunakan font serif atau sans serif. Beberapa ATS akan secara otomatis mengubah font asing yang dapat mengubah desain resume atau CV kamu.

5. Jangan gunakan header atau footer.

Informasi di header dan footer mungkin hilang atau menyebabkan kesalahan penguraian di dalam dan ATS.

6. Gunakan judul bagian resume standar.

Header bagian seperti  “Where I’ve Been”  atau “Work Experience” dapat membingungkan sistem pelacakan pelamar, menyebabkan mereka mengatur informasi secara tidak benar.

7. Gunakan Bahasa Inggris dalam Membuat CV ATS

Untuk sekarang kebanyakan aplikasi ATS yang tersebar hanya mampu menggunakan bahasa inggris. Jadi gunakanlah bahasa inggris dalam membuat CV ATS Frendly.

7. Simpan file Anda sebagai .docx atau PDF

File docx atau file .pdf paling kompatibel dengan ATS. Beberapa orang lebih suka PDF karena pemformatannya tidak dapat dipecah dalam format ini.

Template CV ATS Friendly

Melalui pengujian dan penelitian ini, jobscan.co telah menemukan format resume mana yang ATS friendly dan mana yang dapat menyebabkan kamu mengalami hambatan. Berdasarkan pengetahuan tersebut, mereka telah membuat 20 template resume yang kompatibel dengan ATS. Setiap template resume ATS sudah diformat. Yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikannya dengan informasi kamu sendiri. Download Template CV ATS di sini.

Untuk memaksimalkan peluang kamu mendapatkan wawancara kerja, kamu harus yakin bahwa ATS dapat membaca resume atau CV kamu secara benar. Menggunakan salah satu templat resume ramah ATS ini berarti kamu dapat melamar tanpa khawatir tergelincir ke dalam lubang hitam resume.

Kapan harus menggunakan CV ATS?

CV ATS kamu gunakan untuk melamar suatu pekerjaan khususnya di bidang IT, walau pun kini telah banyak perusahaan yang menggunakan metode ini. Kamu hanya perlu melihat apakah mereka memerlukan resume atau CV.

Curriculum vitae atau CV yang terlihat dengan desain yang menarik biasanya sih lebih banyak digunakan untuk keperluan melamar di bidang medis, akademis, atau ilmiah.

Nah jika kamu melamar pekerjaan, perusahaan biasanya meminta kamu untuk melampirkan resume terkait bidang pekerjaan yang perusahaan butuhkan. Resume fokus pada apa yang telah Anda capai dan apa yang dapat Anda capai dalam suatu posisi. Atau, CV menyoroti pendidikan Anda secara lebih rinci serta kredensial, pengalaman penelitian, dan sertifikasi Anda. Karena itu, CV cenderung berjalan lebih lama daripada resume.

Nah itu lah tadi adalah pembahasan yang dapat hargabelanja.com sampaikan mengenai cara membuat cv ats friendly dan kapan harus menggunakannya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari kerja, dan kami selaku tim harga belanja mendoakan agar kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa share artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat ya!

Baca Ini Juga  Cara Berlangganan iQIYI VIP, Bisa via HP dan Laptop