cara membuat donat

Cara Membuat Donat yang Empuk dan Mengembang Sempurna

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat donat yang empuk dan mengembang, pastinya sangat mudah dan praktis.

Donat merupakan makanan yang sangat enak dan mudah dibuat dirumah. Kamu tidak perlu memiliki keahlian memasak layaknya seorang koki atau cheff untuk membuat donat  yang sempurna di rumah, siapa pun bisa melakukannya!

Yang kamu butuhkan adalah memiliki waktu yang cukup untuk berada di dapur. Maka dari itu ide membuat donat dirumah adalah sebuah proyek pembuatan kue akhir pekan yang sempurna.

Kami jamin ini adalah resep donat yang sangat mudah. Jika ini adalah usaha pertama kamu dalam membuat donat buatan sendiri, ini adalah resep pemula yang baik untuk dicoba.

Pastikan untuk mengikuti resep seperti yang akan kami uraikan di bawah ini. Kami telah membuat donat menggunakan resep ini lebih dari selusin kali dan tidak pernah memiliki masalah.

Jujur, bagian tersulit dalam resep membuat donat mudah ini adalah menunggu donat sampai cukup dingin untuk dimakan setelah digoreng. Harumnya yang luar biasa sungguh menggoda dan penantiannya hampir menyiksa!

Jika sekarang kamu telah berniat dan memiliki rencana untuk membuat donat untuk orang-orang kesayangan, kamu datan di artikel yang tepat. Nah tanpa banyak berbasa-basi yuk simak tutorial bagaimana cara membuat donat berikut ini:

Cara Membuat Donat yang Empuk dan Mengembang Sempurna

1. Tips Membuat Adonan Donat

Berurusan dengan adonan. Langkah pertama dalam membuat donat adalah mengembangkan ragi kering aktif kamu.

Baca Ini Juga  Inilah Tips Mengelola Keuangan Bagi Anak Kos

Dengan mengaduk gula dan ragi ke dalam air hangat dan menunggu 10 menit, kamu dapat melihat apakah ragi masih cukup aktif untuk mengembangkan adonan dengan sukses. Jika ragi kamu masih layak pakai, campuran itu akan berubah menjadi lapisan berbusa dan menggelegak di atas air.

Jika menggunakan ragi instan, kamu dapat melewati langkah ini dan melanjutkan dengan mengaduk bahan lainnya dan menguleni bersama sampai adonan terasa halus dan elastis. Untuk menguji apakah adonan kamu sudah siap, tekan sedikit ibu jarimu ke dalam adonan. Dalam sekitar 5 detik atau lebih, adonan akan kembali hampir ke posisi semula.

2. Cara Membuat Donat Cepat

Catatan: untuk rincian resep kamu dapat lihat di bagian akhir postingan, so yuk baca artikel ini hingga akhir.

  • Campurkan air hangat, gula, dan ragi dan biarkan mengembang selama sekitar 5 menit.
  • Campurkan sisa bahan donat gula, termasuk ragi yang sudah terbukti. Lebih baik jika kamu menggunakan lampiran pengait adonan untuk melakukan ini.
  • Bentuk adonan menjadi bola besar dan olesi dengan mentega agar kulit tidak terbentuk. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk tertutup dan simpan di tempat yang hangat hingga mengembang dua kali lipat.
  • Gulung adonan dan gunakan pemotong kue 3 inci untuk memotong donat.
  • Diamkan lagi selama sekitar satu jam, hingga volumenya dua kali lipat atau tiga kali lipat.
  • Panaskan minyak dan goreng donat. Setelah cukup dingin, gulingkan ke dalam gula.
Baca Ini Juga  3 Karbohidrat Pengganti Nasi

Resep Donat

Campur dengan tangan

  • 2½ sdt ragi kering aktif
  • 2 sdm air hangat
  • 1/2 sdt gula pasir

Campur dengan mixer

  • 3¼ cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir susu murni hangat
  • 2 ons mentega tawar suhu kamar
  • 3 kuning telur besar
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Instruksi Cara Membuat Donat Lengkap

  1. Pengujian ragi: Aduk 2 sdm air hangat, 1/2 sdt gula & 2 1/2 sdt ragi kering aktif dalam gelas tinggi. Diamkan selama 5-10 menit atau hingga mengembang dua kali lipat dan berbusa. Jika tidak naik dan berbusa, buang ragi dan beli ragi segar sebelum kamu melanjutkan dengan resepnya.
  2. Membuat adonan donat: Campurkan 3 1/4 cangkir tepung, 1 cangkir susu hangat, 2 ons mentega suhu kamar, 3 kuning telur, 2 sdm gula pasir, 1/4 sendok teh garam, dan campuran ragi yang sudah terbukti dalam mixer dengan kecepatan rendah, dengan adonan hook attachment sampai adonan menyatu, sekitar 2 menit. Sedikit meningkatkan kecepatan dan uleni lagi selama 15-20 menit atau sampai adonan lengket untuk disentuh. Jika kamu terus menguleni melewati titik adonan yang halus dan melar, adonan akan terlalu banyak teruleni dan membuat adonan menjadi bantat, jadi perhatikan baik-baik adonan.
  3. Bentuk adonan: Angkat adonan, bentuk menjadi bola. Mentega mangkuk besar (untuk proofing), letakkan kembali bola adonan di mangkuk yang sudah diolesi mentega, lalu olesi bola adonan itu sendiri agar tidak membentuk kerak.
  4. Pengujian adonan: Tutup dengan handuk dapur bersih, letakkan di tempat yang hangat dan bebas angin dan biarkan mengembang selama 1-2 jam (tergantung seberapa hangatnya) hingga volumenya setidaknya dua kali lipat.
  5. Siapkan kertas nasi atau kertas anti lengket.
  6. Kempiskan adonan, balikkan ke permukaan yang sudah terolesi mentega (bisa pakai semprotan anti lengket) dan gulung hingga setebal inci. Potong bulatan sebanyak mungkin dengan pemotong kue bundar 3 inci dan letakkan 1 cakram adonan di atas 1 lembar kertas nasi atau sejenisnya yang sudah kamu siapkan tadi. Terus gulung kembali dan potong sebanyak mungkin cakram donat sampai semua adonan habis.
  7. Tutup potongan adonan dengan handuk dapur bersih dan biarkan mengembang selama 45 menit hingga 1 jam atau hingga mengembang dua kali lipat.
  8. Panaskan 1½ inci minyak dalam panci berat (besi cor) hingga 350F. Untuk menggoreng donat, jatuhkan beberapa sekaligus dan biarkan menjadi keemasan sebelum kamu membalikkannya ke sisi lain, sekitar 1-2 menit per sisi.
  9. Pindahkan ke handuk kertas atau rak kawat untuk dikeringkan. Biarkan dingin.
    Setelah donat cukup dingin untuk dipegang, gulung dengan gula pasir atau gula bubuk.
Baca Ini Juga  Cara Daftar Kredivo PayLater

Nah itulah tadi pembahasan kita tentang bagaimana caranya membuat donat yang enak lembut dan mengembang sempurna. Mudah bukan? Jika artikel ini membantu jangan lupa share ke orang terdekat kamu ya. Terimakasih telah berkunjung ke hargabelanja.com