Contoh Soal Energi Potensial Hargabelanja.com

Contoh Soal Energi Potensial

Diposting pada

Kamu sedang mencari contoh soal energi potensial? Wah, kamu mendarat di artikel yang tepat nih. Bukan hanya contoh soal, artikel ini juga menyertakan pembahasannya juga lho. Dengan begitu, kamu bisa belajar sekaligus mengidentifikasi kesalahanmu.

Tetapi sebelum membahas contoh soal, simak terlebih dulu rumus – rumus energi potensial berikut ini ya. Here we go!

Rumus Energi Potensial

Contoh Soal Energi Potensial Hargabelanja.com

Energi Potensial Gravitasi

Ep = mgh

Dengan catatan sebagai berikut.

Ep adalah energi potensial (satuan Joule), sementara m adalah massa (satuan kg). Adapun, g adalah percepatan gravitasi bumi (satuan m/s^2), lalu h adalah ketinggian benda (satuan meter).

Energi Potensial Pegas

1) Ep = ½ F(x1 – x0)

2) Ep= ½ kx^2 atau 1/2 k(x)x

3) F = -kx

Dengan catatan sebagai berikut.

Ep adalah energi potensial pegas (satuan Joule), lalu k adalah konstanta, sementara x1 – x0 adalah perubahan posisi benda (satuan meter).

Energi Potensial Listrik

Ep = k (Q.q)/r

Dengan catatan sebagai berikut.

Ep adalah energi potensial listrik (satuan Joule), lalu k adalah kontansta Coulomb yakni 9 x 10^9 (satuan Nm^2/C^2). Adapun Q adalah muatan sumber (satuan Coulomb), lalu q adalah muatan uji (satuan Coulomb), sementara r adalah jarak antara muatan Q dan q (satuan meter). 

Baca Ini Juga  Inilah Tempat Makan Enak Dekat Wisata di Jakarta

Contoh Soal Energi Potensial

1. Bila terdapat sebuah kotak bermassa 10 kg dinaikkan ke lantai 7 sebuah gedung dengan energi potensial sebesar 2.000 J, maka berapakah tinggi lantai ke – 7 gedung tersebut? (gravitasi = 10 m/s^2)

2. Terdapat sebuah pegas mempunyai beban 5 kg digantung vertikal. Pada saat siang hari, pegas tersebut bertambah panjang 7 cm, maka hitunglah energi potensial pegas tersebut.

3. Terdapat dua buah muatan A dan B memiliki jarak sebesar 2 meter. Muatan A mempunyai q sebesar +10 μC, sementara muatan B mempunyai q sebesar -4 μC. Maka berapakah perubahan energi potensial muatan B pada saat bergerak ke muatan A?

Jawaban Contoh Soal Energi Potensial

Energi Potensial Gravitasi #Nomor 1

Karena elemen yang terterta di soal adalah massa, energi potensial dan ketinggian, maka kamu dapat menyimpulkan bahwa pertanyaan ini adalah contoh soal energi potensial gravitasi. Bagaimana cara mengerjakannya?

Bila kamu ingat, sebelumnya telah dibahas mengenai persamaan (rumus) energi potensial gravitasi. Seperti yang dijelaskan, persamaannya adalah Ep = mgh. Maka selanjutnya, kamu hanya perlu memasukkan nilai saja. Berikut contohnya.

Baca Ini Juga  Impor Barang China Melalui Marketplace 1688

Ep = mgh

2000 = 10 . 10 . h

2000 = 100h

Maka, h = 2000/100 = 20

Jadi, tinggi lantai ke 7 gedung tersebut adalah 20 meter. 

Energi Potensial Pegas #Nomor 2

Soal nomor 2 merupakan contoh soal energi potensial pegas karena dicantumkan secara jelas kata-kata energi potensial pegas. Selain itu, elemen-elemen yang diketahui juga menunjukkan kecocokan dengan elemen-elemen energi potensial pegas. Berikut cara mengerjakannya.

Gunakan persamaan berikut

Ep = ½ kx^2

Tapi sebelumnya cari dulu F-nya menggunakan persamaan F = mg. 

F = 5 . 10 = 50 N.

Selanjutnya, cari k menggunakan persamaan : F = -kx (kamu bisa mengabaikan tanda minus). Adapun x dalam satuan meter, bukan cm.

F = -kx

50 = k . 0,07

Maka, k = 50/0,07 = 714,2.

Selanjutnya masukkan ke persamaan : 

Ep= ½ kx^2

Ep = 1/2 . 714,2 . (0,07)^2

Maka, Ep = 1,749 Joule

Bila dibulatkan maka energi potensial pegas tersebut menjadi 1,75 Joule. 

Energi Potensial Listrik #Nomor 3

Seperti yang tertera di soal, maka diketahui bahwa muatan A = +10 x 10^-6 C dan muatan B = -4 x 10^-6 C. Jika kamu masih ingat, maka konstanta Coulomb adalah 9 x 10^9 Nm^2/C^2 sehingga:

Baca Ini Juga  Regedit Pro Apk Cheat FF Auto Headshot Terbaru

Ep = k (Q.q)/r

Ep = 9 x 10^9 (10 x 10^9 . 4 x 10^-6) / 2

Setelah dihitung maka:

Ep = 9 x 10^9 (40 x 10^3) / 2

Ep = 9 x 10^9 .  20 x 10^3 = 180 x 10^12 J

Maka, Energi Potensial Listrik muatan tersebut adalah 180 x 10^12 Joule.

Nah, itulah beberapa contoh soal energi potensial dan pembahasannya. Bagaimana, apakah sekarang kamu semakin memahami materi Energi Potensial? Setelah ini, yuk kerjakan contoh soal Energi Kinetik. 

1 komentar.

Comments are closed.