Cara membersihkan kompor gas
Cara membersihkan kompor gas.|Unsplash.com

Inilah 5 Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Mudah

Diposting pada
Cara membersihkan kompor gas
Cara membersihkan kompor gas.|Unsplash.com

Cara membersihkan kompor gas perlu diketahui oleh setiap penghuni rumah. Hal tersebut dikarenakan tiap sehabis digunakan, kompor kerap kali terkena kotoran dari masakan. Untuk membersihkannya memang bisa menggunakan air dan sabun saja. Namun, untuk kotoran yang mengerak dan membandel perlu dilakukan trik khusus agar kompor bisa bersih kembali.

Untuk membuat produk tersebut selalu bersih dan terawat dengan baik agar dapat awet, maka kamu harus mengetahui bagaimana caranya untuk membersihkan kompor yang kotor. Dengan mengetahui trik dan cara-cara tertentu, maka kompor gas kamu dapat awet dan bisa digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Beberapa Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Mudah

Untuk mencegah kompor gas memiliki kotoran yang mengerak, sebaiknya kamu perlu membersihkan kompor gas tiap selesai menggunakannya dengan cara di lap ringan. Namun, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki kotoran membandel di tungku jenis ini, beberapa cara membersihkan kompor gas di bawah ini bisa kamu ikuti.

1.    Menggunakan Tepung Terigu

Kegunaan lain dari tepung terigu selain sebagai bahan makanan yakni, dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda-noda membandel bekas minyak yang ada di kompor gas. Adapun, cara yang bisa kamu lakukan juga cenderung sangat mudah. Kamu hanya perlu menaburkan tepung terigu pada bagian tungku yang terkena bekas minyak goreng.

Baca Ini Juga  Download GTA SA Lite Indonesia Terbaru, Hanya 200 Mb

Setelah itu, bagian yang telah ditaburi tepung tersebut perlu untuk di lap. Kotoran yang menempel di permukaan tungku jenis ini akan ikut terangkat bersamaan dengan tepung terigu yang kamu taburkan. Sehingga, kompor  menjadi lebih bersih.

2.    Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Berikutnya, opsi yang paling mudah mudah untuk membersihkan tungku jenis ini yakni dengan menggunakan sabun pencuci piring merek apapun. Caranya yakni, kamu cukup mengelap noda-noda yang menempel di kompor gas dengan menggunakan lap basah yang telah diberi sabun pencuci piring.

Jika, semua noda sudah di lap dengan sabun pencuci piring. Selanjutnya, kamu bisa membilas kotoran tersebut dengan menggunakan lap basah yang dilanjutkan dengan mengeringkannya dengan menggunakan lap kering.

3.    Menggunakan Air Panas

Membersihkan kompor gas dengan air panas merupakan salah satu cara yang paling efektif, tetapi harus sangat berhati-hati dalam prosesnya agar tidak melukai kamu. adapun, caranya yakni kamu cukup merendam komponen-komponen  yang kotor di dalam air panas, maka noda membandel seperti kerak akan terangkat. Kamu juga bisa menambahkan cairan sabun di airnya.

Baca Ini Juga  Cara Menentukan Nama Toko yang Bagus, Unik dan Keren

4.    Cara Membersihkan Kompor Gas Menggunakan Baking Soda

Baking soda cukup sering digunakan untuk membersihkan noda membandel yang ada dalam tungku jenis ini. Adapun, caranya yaitu kamu cukup menyiapkan dua sendok makan baking soda dan larutkan ke dalam 1 liter air. Setelah itu, tuangkan cairan tersebut sedikit demi sedikit pada noda di kompor. Jika sudah, kamu bisa membersihkannya secara merata dengan lap basah.

5.    Menggunakan Cuka Apel Dan Jeruk Nipis

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan cuka apel dan jeruk nipis untuk membersihkan noda di kompor. Kamu cukup memotong jeruk nipis dan gosokan ke noda yang ada di tungku atau meneteskan secukupnya cuka apel di permukaan lap. Setelah itu, gosok secara merata.

Itulah beberapa cara membersihkan kompor yang bisa kamu ikuti di rumah. Agar kamu tidak perlu kesusahan dalam membersihkannya, sebaiknya lakukan pembersihan kompor setiap setelah digunakan dengan mengelap bagian-bagian yang terkena makanan.