Jenis Kucing Lucu Maine Coon
Source: Daily Paws

Kenali 10 Jenis Kucing Lucu dan Karakteristiknya

Diposting pada

Sering bete dan merasa hidup kurang berwarna? Anda perlu berkenalan dengan 10 jenis kucing lucu dan menggemaskan berikut ini.

Hasil studi menunjukkan bahwa merawat kucing bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh, seperti menurunkan resiko penyakit jantung, membantu anak penderita autisme serta membantu pemulihan nyeri tulang, sendi dan otot. Sudah tak sabar untuk melihat kucing lucu tersebut? Yuk scroll down!

Berbagai Jenis Kucing Lucu dan Karakteristiknya

Maine Coon

Jenis Kucing Lucu Maine Coon 2
Source: Daily Paws

Jenis kucing lucu yang berikut ini cukup familier di telinga sebagian besar cat-lovers. Yup, Maine Coon!

Maine coon memiliki karakteristik yang khas berupa bulu lebat, ekor fluffy, telinga tipis dan badan yang besar. Biasanya, pada leher terdapat bulu yang ukurannya lebih pendek daripada bulu yang menyelimuti badannya.

Dari tampilan fisik, kucing ini identik dengan tubuh agak besar dengan kisaran bobot antara 8 pound hingga 18 pound. Adapun, tinggi tubuhnya bervariasi mulai dari 10 hingga 16 inci.

Secara kepribadian, maine coon memiliki sifat penyayang, suka bersosialisasi, dan senang bermain. Selain gemar bermain, maine coon juga terkenal memiliki kecerdasan yang tinggi di antara jenis kucing lucu lainnya. Tak heran bila kucing ini mudah dilatih dan memahami instruksi tertentu.

Bila kucing lain sangat ketat menjaga privasi mereka, maka tidak demikian halnya dengan maine coon. Maine coon justru gemar menghabiskan waktu mereka bersama manusia. Bahkan, ia bisa mengikuti Anda kemanapun Anda pergi.

Hal menarik lainnya dari maine coon adalah, ia ramah terhadap orang asing dan hewan peliharaan lain. Namun, ia kurang suka duduk di pangkuan. Ia lebih suka menemani Anda atau duduk di samping Anda.

Karena cukup aktif, ia suka berburu dan gemar menghabiskan waktu untuk bermain. Tenang saja, maine coon merupakan kucing yang setia kok. Jadi, Anda tak perlu panik jika ia bepergian jauh dan tak kunjung kembali.

Sayangnya, kucing ini cukup rentan terhadap masalah kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perhatian lebih pada kesehatan maine coon.

Norwegian Forest Cat

Jenis Kucing Lucu Norwegian Forest Cat
Source: Daily Paws

Norwegian forest cat termasuk salah satu jenis kucing lucu yang penyayang. Kucing ini menampilkan sikap manis dan suka berinteraksi dengan manusia. Ia berorientasi pada keluarga, sehingga bila ia menyayangi Anda maka ia cenderung setia dan senang berada di dekat Anda.

Meski berkepribadian manis, namun norwegian forest cat memiliki sifat playful. Karenanya, kucing ini sering terlihat asyik beraktivitas. Bahkan, kucing ini gemar memanjat. Ia juga mudah berbaur dengan hewan peliharaan lain.

Dari karakteristik fisik, kucing ini memiliki ukuran yang besar. Berat tubuhnya bisa mencapai 12 – 16 pound. Sementara, tingginya berkisar antara 9 – 12 inci.

Selain mudah bersosialisasi, kucing yang identik dengan ukuran besar ini juga memiliki sifat berani dan tidak masalah apabila ditinggal di rumah sendirian.

Sekilas, kucing yang terkenal dengan julukan wegies ini terlihat mirip dengan maine coon. Namun, sebenarnya norwegian forest cat sedikit lebih kecil dengan mata berbentuk almond. Sementara itu, maine coon menampilkan ukuran badan lebih besar dengan mata cenderung bulat.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Teknologi Informasi

Munchkin

Jenis Kucing Lucu Munchkin
Source: Daily Paws

Jenis kucing lucu berikutnya adalah Munchkin. Kucing ini memiliki karakteristik yang unik. Kakinya berukuran pendek sehingga nampak menggemaskan. Bulu yang menyelimuti tubuhnya cukup lebat, namun tidak terlalu panjang.

Menariknya, ada beberapa munchkin yang nampak memiliki bulu agak panjang, atau bahkan tanpa memiliki bulu sama sekali.

Kucing ini memiliki kepribadian energik, gesit, aktif dan penyayang. Ia suka bermain dan mudah berbaur dengan sekitar. Ia suka bereksplorasi dan terkadang bertingkah laiknya kelinci pada saat mereka berdiri lalu bertumpu pada kedua kaki belakangnya.

Karena terlalu aktif, munchkin sering terlihat berlari dan melompat kesana-kemari. Tak heran, jenis kucing lucu yang berikut ini terkenal dengan julukan confident extrovert (si ekstrovert yang percaya diri). Jika tidak sedang bermain, munchkin kerap menghabiskan waktunya bersama dengan manusia.

Siam

Jenis Kucing Lucu Siam
Source: Daily Paws

Jenis kucing lucu berikutnya adalah Siam. Di balik tubuhnya yang atletis, kucing ini memiliki kepribadian yang menggemaskan.

Kucing siam pandai bersosialisasi dan suka bereksplorasi dengan lingkungan sekitar. Ia memiliki sifat penyayang, pemberani dan suka bermain. Meski begitu, kucing ini cukup teritorial dan kerap memiliki hypoallergenic.

Secara fisik, kucing siam bisa memiliki bobot tubuh mencapai 14 pound. Sementara, tingginya bisa mencapai 10 inci. Secara umum, kucing ini memiliki mata berwarna biru.

Kucing yang identik dengan corak cokelat / gelap di bagian wajah, kaki dan ekor ini ramah terhadap manusia. Bahkan, ia cenderung setia dan senang menerima perlakuan kasih sayang. Ia dapat merasa nyaman saat berada di pangkuan manusia.

Selain itu, ia juga sering terlihat ‘cari perhatian’ sehingga Anda harus siap menghadapi distraksi yang menggemaskan dari kucing lucu ini. Selain itu, ia betah menghabiskan waktu bersama manusia.

Tak seperti beberapa jenis kucing lainnya, kucing Siam agak cerewet. Bahkan, ia suka mengeong dengan volume cukup keras. Kendati demikian, tidak semua kucing siam memiliki sifat cerewet. Sebagian justru memiliki sifat pendiam. Jadi, jangan menggeneralisasi karakteristik kucing Siam ya!

Persia

Brown Persian kitten with blue eyes playing on floor with feather toy
Source: Daily Paws

Jenis kucing lucu berikutnya adalah Persia. Kucing yang terkenal dengan bulu tebal dan flowy ini memiliki bentuk wajah cenderung bulat. Ukuran tubuh kucing Persia biasanya berkisar antara 7 – 13 pound.

Secara karakter, kucing ini cenderung tenang, pendiam dan penyayang. Meski kurang suka bermain, namun kucing ini pandai bersosialisasi serta mudah berbaur dengan anak kecil, orang dewasa hingga hewan peliharaan.

Kucing ini merupakan teman yang ideal bagi Anda yang suka menggendong atau meletakkan kucing di pangkuan Anda. Memiliki pembawaan tenang, kucing ini memiliki warna bulu yang bervariatif.

Seringkali, kucing Persia tampil dalam warna bulu oranye, abu-abu dan cream. Sementara, warna matanya bervariasi mulai dari hijau, copper, biru hingga hazel.

Kucing yang agak manja ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Walaupun suka bereksplorasi, tetapi ia pandai mengatur tingkah lakunya sehingga ia jarang menimbulkan kekacauan. Tertarik untuk merawat kucing Persia? Sebelum merawat kucing, sebaiknya simak dulu tips merawat kucing ya.

Baca Ini Juga  Harga dan spesifikasi hp vivo y53s

Himalayan

Jenis Kucing Lucu Himalayan
Source: Daily Paws

Himalayan merupakan kombinasi dari kucing Siam dan Persia. Jenis kucing lucu yang berikut ini memiliki bulu yang lebat, panjang dengan ukuran badan tidak terlalu besar (sedang).

Kucing Himalaya memiliki karakteristik penyayang dan suka bersosialisasi. Kendati demikian, kucing ini jarang tertarik untuk bermain. Ia cenderung pendiam, namun mudah bersahabat dengan anak kecil, orang dewasa, maupun sesama kucing dan hewan peliharaan lainnya yang terdapat di rumah.

Di samping itu, kucing himalaya juga sering terlihat bersikap ramah pada orang asing. Meskipun memiliki sifat yang hangat, namun kucing ini jarang berburu maupun bermain (beraktivitas) sehingga ia rentan mengalami obesitas.

Bagi Anda yang gemar memanjakan kucing (seperti suka mengelus, menggendong, dsb) maka kucing Himalaya bisa menjadi pilihan yang ideal. Sebab, kucing ini senang menerima perlakuan kasih sayang tersebut.

Ragdoll

Jenis Kucing Lucu Ragdoll
Source: Daily Paws

Ragdoll merupakan jenis kucing lucu yang memiliki karakteristik lembut. Tak heran, kucing ini menjadi pendamping yang baik untuk anak kecil. Ragdoll memiliki sifat penyayang, mudah bersosialisasi dan berani.

Secara fisik, ragdoll memiliki tubuh yang cukup besar dengan bobot berkisar antara 10 – 20 pound. Tubuhnya diselimuti bulu panjang dan lebat. Warna bulunya bervariasi, mulai dari putih, hitam (ebony), oranye, cream, cokelat dan sebagainya.

Kucing ragdoll mudah dilatih, ramah terhadap manusia dan mudah bersahabat dengan hewan peliharaan lain. Kucing ini menunjukkan sikap setia serta menyukai perlakuan lembut dari manusia. Ia senang berada di pangkuan manusia, bahkan tak komplain saat digendong.

Untuk merawat ragdoll pun tak terlalu sulit karena kucing ini termasuk kucing yang senang menerima rangkaian perawatan (easy to groom).

Nebelung

Jenis Kucing Lucu Nebelung
Source: Daily Paws

Nebelung termasuk salah satu jenis kucing lucu yang menarik untuk Anda ketahui. Pada umumnya, kucing yang berikut ini memiliki bulu berwarna abu-abu kehitaman dengan mata berwarna hijau. Akan tetapi, terkadang nebelung juga tampil dengan mata berwarna kuning.

Karakteristik kucing nebelung yang lainnya adalah memiliki telinga berukuran sedang, bulu lebat dan panjang, serta leher agak panjang.

Secara kepribadian, nebelung mudah berbaur dengan orang favoritnya. Namun, ia kurang nyaman dengan orang asing dan hewan peliharaan lain. Ia suka menghabiskan waktu bersama orang favoritnya atau sendirian saja. Karenanya, jika ada orang bertamu ke rumah, kucing ini lebih memilih untuk bersembunyi (menyendiri).

Tak perlu heran, hal ini memang natural bagi kucing nebelung yang lebih suka menghabiskan waktu sendiri atau bersama orang yang sudah ia kenal. Adapun, untuk dapat bersahabat dengan orang baru maka nebelung perlu waktu untuk beradaptasi.

Menariknya, kucing ini menyukai rutinitas dan keteraturan. Jadi, bila Anda memindahkan tempat makannya di lokasi yang baru atau mengubah jadwal makannya, maka kucing nebelung bisa mengalami stress. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi melakukan perubahan pada hal-hal yang sudah tertata dengan baik.

Birman

White cat on blue blanket
Source: Daily Paws

Jenis kucing lucu yang identik dengan daerah Burma ini menampilkan corak warna yang menawan. Tubuhnya berselimutkan bulu tebal berwarna cream dengan corak kontras di bagian bawah kaki, telinga, wajah dan ekor.

Baca Ini Juga  Regedit Pro Apk Cheat FF Auto Headshot Terbaru

Pada umumnya, kucing ini memiliki mata berwarna biru cerah. Sementara, bobot tubuhnya berkisar antara 8 – 10 pound.

Secara karakteristik, kucing Birman cenderung manis dan penyayang. Selain itu, kucing ini mudah bersosialisasi serta kerap bersikap ramah dengan orang baru.

Selain suka menemani orang favoritnya, kucing ini juga suka bermain. Ia suka permainan yang menuntut konsentrasi seperti menangkap laser atau permainan yang menampilkan benda bergerak.

Scottish Fold

Scottish fold cat
Source: Daily Paws

Jenis kucing lucu yang berikut ini memiliki karakteristik penyayang. Ia suka berinteraksi dengan manusia, namun tidak terlalu manja. Ia jarang mencari perhatian manusia.

Dari segi tampilan, scottish fold memiliki ciri khas berupa bentuk telinga telungkup. Selain itu, kucing ini memiliki bentuk wajah cenderung bulat berhiaskan mata yang bulat pula. Adapun, kaki dan ekornya nampak tebal atau berisi.

Dengan tampilannya yang menggemaskan, scottish fold membuat orang tertarik untuk memeluknya. Kabar baiknya, ia memiliki sifat yang manis dan penyayang sehingga Anda dapat memeluk mereka sepuas hati.

Kucing ini cukup aktif dan sering terlihat bermain dengan mainan. Ia juga suka menghabiskan waktu bersama orang yang ia sayangi.

Jenis Kucing Lucu Bonus #1: British Shorthair

Jenis-Kucing-Lucu-British-Shorthair
Source: Daily Paws

British Shorthair tak hanya lucu, namun juga ramah terhadap manusia. Ia bahkan tak sulit untuk bersahabat dengan hewan peliharaan lain. Ciri khas kucing ini terletak pada bulunya yang lebat namun pendek. Selain itu, kucing ini juga identik dengan warna bulu abu-abu kehitaman.

Meski begitu, kucing ini dapat memiliki bulu berwarna putih, oranye, cream, cokelat maupun cinnamon. Ukuran tubuhnya bervariasi, mulai dari medium hingga besar. Wajahnya berbentuk bulat dan memiliki pipi chubby. Tak heran, kucing ini mengundang banyak orang untuk mencubit dan memeluknya.

Pada umumnya, British Shorthair mudah berbaur dengan lingkungannya. Hal menarik lainnya tentang kucing ini adalah ia cukup aktif, tetapi tidak riuh. Ia penuh kasih sayang, tetapi tidak terlalu manja. Dan, ia juga cerdas, tetapi tidak nakal. Menarik bukan?

Jenis Kucing Lucu Bonus #2: Turkish Angora

Turkish Angora
Source: Wikipedia

Jenis kucing yang berikut ini memiliki tampilan yang cantik. Tubuhnya berselimutkan bulu yang tebal dan lembut. Selain itu, kucing ini memiliki ukuran tubuh medium lengkap dengan wajah cenderung bulat. Matanya yang berbentuk almond sering tampil dengan warna hijau, amber, biru, atau heterokromatik biru-amber maupun hijau-biru.

Turkish angora merupakan jenis kucing lucu yang pintar dan mudah bersosialisasi. Ia suka memanjat dan tertarik pada sudut / tempat yang cukup tinggi. Bila tertarik merawat kucing Turkish Angora, sediakan spot untuk mereka memanjat ya.

Itulah beberapa jenis kucing lucu yang menarik untuk Anda ketahui. Manakah yang menarik minat Anda?