Tipe kepribadian ENFP Hargabelanja.com

Kepribadian ENFP yang Kreatif dan Punya Positive Vibes

Diposting pada

Orang dengan tipe kepribadian ENFP merupakan sosok yang menawan, penuh imajinasi dan suka berteman. Mereka kerap mengundang decak kagum dari orang di sekitarnya karena kebaikan hati dan pembawaan yang hangat. Tertarik mengenali kepribadian ENFP lebih jauh? Yuk cari tahu karakteristik sosok yang inspiratif ini.

Kepribadian ENFP

Tipe kepribadian ENFP Hargabelanja.com

Dari 16 tipe kepribadian MBTI, ENFP merupakan salah satu yang punya karisma menggoda.

Mereka kreatif, imajinatif dan selalu menyebarkan energi positif. Tentu saja mereka punya sisi kekurangan, yakni suka menunda pekerjaan. Tetapi, kelebihan mereka lebih menarik untuk diperbincangkan.

ENFP sendiri merupakan singkatan dari Extroverted, Intuition, Feeling, dan Prospecting (Perceiving). Untuk mengenal kepribadian ini lebih mendalam, maka Anda dapat menyimak pembahasan berikut ini.

Apa Kelebihan ENFP?

Penasaran

Tipe kepribadian memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Hal ini mendorong mereka untuk terus belajar dan berpikiran terbuka. Selain itu, mereka tidak takut untuk bertualang sekaligus mencari pengalaman baru.

Perseptif

Bagi ENFP, semua orang yang itu penting. Oleh karena itu, ENFP tidak pilih-pilih dalam berteman. Mereka berusaha menjalin pertemanan dengan siapa saja dan cepat beradaptasi dengan karakter teman yang bervariasi.

Baca Ini Juga  3 Karbohidrat Pengganti Nasi

Mereka mudah memahami kebutuhan dan perasaan orang lain. Dengan pembawaan yang penyayang, ENFP bisa menjadi teman yang baik bagi semua orang.

Antusiasme Tinggi

Orang dengan tipe kepribadian ENFP biasanya merupakan sosok yang memiliki antusiasme tinggi. Daya imajinasi ENFP yang mengagumkan dapat menginspirasi banyak orang. Menariknya, ENFP bersedia membagikan imajinasi, ide, atau gagasan mereka kepada siapa saja – yang penting orang tersebut mau mendengarkan. ENFP juga sangat terbuka dengan masukan dan pendapat orang lain meskipun hal tersebut kontras dengan pemikirannya.

Komunikator yang Handal

Orang dengan kepribadian ENFP merupakan komunikator yang handal. Mereka dapat menyampaikan sesuatu dengan baik dan menyenangkan. Tak heran bila banyak orang menikmati percakapan yang terjalin bersama ENFP.

Tak hanya sebagai pembicara, mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik. Mereka dapat berkomunikasi dengan nyaman, baik dengan tipe ekstrovert maupun introvert.

Baik Hati

ENFP juga merupakan tipe kepribadian yang baik hati. Mereka adalah orang yang hangat dan mudah berteman dengan siapa saja. Terlebih, mereka juga tidak egois. Hal inilah yang membuat kepribadian INFP begitu disukai.

Baca Ini Juga  Kuota Aplikasi Tinder Axis

Mereka juga suka membantu lho. Tak heran, tipe ini kerap memiliki lingkaran pertemanan yang luas.

Apa Kekurangan ENFP?

Selalu Berusaha Menyenangkan Orang Lain

ENFP kerap mengabaikan kebutuhannya agar dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Hal ini karena ENFP senang membantu serta ingin menyenangkan orang lain. Hal ini memang baik, tapi kalau berlebihan dapat membuat orang lain menganggap ENFP inferior. Alhasil, ENFP kerap mendapat perlakuan kurang baik dari temannya.

Kurang Fokus

Orang dengan tipe kepribadian ENFP kurang fokus karena mereka mudah tertarik dengan proyek baru. Mereka suka bekerja dalam proyek yang melibatkan beberapa orang.

ENFP cukup sulit membangun sifat disiplin maupun mempertahankan fokus untuk jangka waktu yang lama.

Kurang Terorganisir (Disorganized)

ENFP merupakan kepribadian yang kurang terorganisir. Mereka sosok yang antusias, tetapi mereka kurang nyaman dengan aktivitas yang membosankan dan kurang tertarik dengan hal praktikal.

Dikarenakan kurang teratur (disorganized), banyak aktivitas ENFP menjadi kurang tertata. Misalnya, tugas tidak selesai tepat waktu. Hal ini dapat membuat ENFP stress dan sulit bekerja secara efisien.

Sulit Bilang ‘Tidak’

ENFP terlalu ramah dan baik hati. Mereka enggan mengatakan tidak pada permintaan teman-teman yang membutuhkan bantuan ENFP. Hal ini memang sifat baik, tetapi membuat ENFP rentan dimanfaatkan oleh orang lain. Terkadang, ENFP harus berkata tidak untuk permintaan yang bersifat negatif dan dapat merugikan mereka.

Baca Ini Juga  Aplikasi Transfer Pulsa Beda Operator dan Tukar Jadi Saldo Uang

Terlalu Optimis

ENFP biasanya optimis dan selalu berpikiran positif. Tetapi, hal ini membuat mereka kerap salah mengambil keputusan. Misalnya, merekrut staf baru tanpa pikir panjang.

ENFP menganggap orang tersebut laik mendapatkan kesempatan karena terlihat baik dan terpercaya. Padahal kenyataannya belum tentu demikian. Mungkin saja, orang tersebut kelihatan baik namun sebenarnya memiliki niat jahat.

Tetapi, ENFP sulit melihat hal negatif karena mereka terlalu optimis. Mereka menganggap semua orang baik.

Itulah beberapa karakteristik dari orang dengan tipe kepribadian ENFP. Bagaimana menurut Anda?

Gambar Gravatar
A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.