Contoh Soal HOTS SD Cerita Hargabelanja.com

Kumpulan Contoh Soal HOTS SD

Diposting pada

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas soal, maka kumpulan contoh soal HOTS SD ini bisa dijadikan referensi. Dengan mempelajari karakteristik contoh soal HOTS, maka Anda dapat lebih mudah menyusun soal HOTS sendiri. 

Secara umum, soal HOTS memiliki tingkat kesulitan lebih dibandingkan soal biasa. Itu karena soal HOTS memang didesain untuk menguji kecakapan siswa dan kemampuan analitis siswa. Harapannya, siswa memiliki kemampuan untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang dihadapinya baik di atas kertas maupun di kehidupan sehari-hari. 

Lantas, seperti apa contoh soal HOTS SD? Berikut daftarnya lengkap dengan jawaban dan penjelasan. 

Contoh Soal HOTS SD dan Penjelasannya

Contoh Soal HOTS SD Cerita Hargabelanja.com

Soal 

Jika Kota Yogyakarta adalah ibukota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, maka apa nama ibukota Provinsi Jawa Timur?

Jawaban: Surabaya

Penjelasan

Soal ini dikategorikan HOTS karena sifatnya cukup menjebak. Jika siswa kurang teliti, maka ia berkemungkinan untuk memberikan jawaban keliru. Misalnya, alih-alih menjawab Surabaya, siswa malah menjawab Kota Jawa Timur atau Daerah Istimewa Jawa Timur.

Baca Ini Juga  Flashdisk Terbaik untuk iPhone

 

Soal 

Sebutkan perbedaan antara lingkungan biotik dan abiotik.

Jawaban: 

Jika lingkungan biotik merujuk pada interaksi makhluk hidup, maka lingkungan abiotik mengacu pada interaksi makhluk tak hidup. 

Lingkungan biotik terdiri atas komponen hidup, seperti manusia, hewan, tanaman, mikroorganisme dan lain-lain. Sementara, lingkungan abiotik terdiri dari komponen tak hidup, contohnya udara, minyak, pH, suhu, kelembapan dan sebagainya. 

Penjelasan

Siswa perlu memberikan jawaban yang mencakup pengertian lingkungan biotik dan abiotik, bagaimana karakteristik masing-masing, atau informasi lainnya terkait dua jenis lingkungan tersebut.

 

Soal 

Kak Baki mengendarai sepeda motor dengan jarak 60 kilometer dalam waktu 60 menit. Maka, berapakah kecepatan laju sepeda motor kak Baki?

Jawaban: 60 km/jam atau 16,67 m/s

Penjelasan

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam memahami hubungan antara jarak (s), waktu (t) dan kecepatan (v). Sebaiknya, siswa sudah memperoleh materi mengenai kecepatan agar bisa menjawab soal ini dengan baik dan benar. 

 

Soal

Baki berlatih renang di kolam Cibiru setiap 3 hari sekali. Sementara itu, Beni berlatih renang di kolam yang sama setiap 5 hari sekali. Adapun, Badrun berlatih renang setiap 6 hari sekali. Jika mereka pertama kali bertemu di kolam renang Cibiru pada hari Minggu kapankah mereka dapat bertemu kembali?

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Pabrik di Bekasi Terbaru

Jawaban: 30 hari kemudian, hari Selasa.

Penjelasan

Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menerapkan konsep kelipatan untuk mencari KPK. Bila siswa memahami hal tersebut, maka Insya Allah ia akan dapat mengerjakan soal berikut dengan benar. 

Cara mengerjakan soal ini, yakni: 

Baki (kelipatan 3) yakni: 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30.

Beni (kelipatan 5) yakni: 5, 10, 15, 20, 25, 30. 

Badrun (kelipatan 6) yakni: 6, 12, 18, 24, 30.

Dari hasil kelipatan masing-masing, KPK-nya adalah 30. Maka, mereka berkemungkinan bertemu pada 30 hari kemudian. Karena Baki, Beni dan Badrun pertama kali renang bersama pada hari Minggu, maka 30 hari kemudian setelah hari Minggu adalah:

1 minggu ada 7 hari -> 30 : 7 = 4 sisa 2 hari, maka mereka renang bersama pada saat 2 hari setelah hari Minggu, yakni hari Selasa. 

 

Soal

Sebutkan contoh 5 makanan dan minuman yang perlu kamu konsumsi setiap hari agar sehat dan terhindar dari penyakit, lalu jelaskan alasannya!

Baca Ini Juga  Download Nada Dering WhatsApp Custom, Keren dan Unik

Jawaban: semua jawaban yang mengandung nama makanan dan minuman sehat, lalu terdapat alasan yang tepat, maka dianggap benar. Contohnya: susu karena mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Penjelasan 

Soal ini menguji daya ingat dan kosa kata siswa untuk menyebutkan nama-nama makanan dan minuman sehat yang pernah diketahuinya.

Selanjutnya, klik disini untuk melihat contoh soal HOTS SD lainnya dalam bentuk cerita.

1 komentar.

Comments are closed.