Jenis makanan ikan.| Unsplash.com
Jenis makanan ikan.| Unsplash.com

Rekomendasi Produk Makanan Ikan

Diposting pada

Memperhatikan produk makanan ikan  memanglah sangat penting. Pasalnya, jika salah memberikannya, maka hewan yang kamu rawat ini dapat terancam bahkan bisa menyebabkan kematian. Sehingga, sama halnya dengan makhluk hidup lain yang memerlukan asupan supaya bisa bertahan. Untuk itu sebagai pemelihara sudah semestinya memperhatikan makanan ikan tersebut.

Makanannya harus cocok dan bisa  berkesinambungan. Hal ini untuk menghemat dan menjaga kestabilan ikan agar tetap sehat. Pasalnya ikan tidak boleh sembarangan diberi makan dengan pakan asal-asalan karena itu dapat berbahaya untuk kelangsungan hidupnya.

Produk Makanan Ikan

Jenis makanan ikan.| Unsplash.com
Jenis makanan ikan.| Unsplash.com

Pakan atau makanan ikan memang memiliki beberapa produk yang berbeda. Kebutuhan setiap masing-masing ikan yang tak sama inilah membuat jenis pakan beragam, tidak terkecuali ikan air tawar. Diantara dari produk-produk tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Pelet

Pellet merupakan pakan yang terbuat dari potongan pasta dengan diperkaya berbagai zat nutrisi lalu melalui proses pengeringan. Pelet berbentuk potongan kecil dan zat nutrisi yang terkandung membuat ikan memiliki energi cukup.

Baca Ini Juga  Mlive Mod Apk Unlock Room Gratis Versi Terbaru 2021

Untuk jenisnya sendiri ada pelet yang akan tetap mengapung ke permukaan air dan segera tenggelam. Ikan besar biasanya memakan pallet karena  membutuhkan gizi cukup, tetapi ikan kcil tetap bisa mengkonsumsinya.

2.     Produk Makanan Ikan:  Flake

Flake merupakan makanan ikan yang terbuat dari ikan, cumi-cumi, dan tanaman yang kaya akan vitamin serta mineral.  Pakan inibanyak kamu gunakan saat  memelihara ikan untuk pertama kalinya. Selain karena nilai gizinya dibutuhkan ikan, juga mendpaatkannya sangatlah mudah karena sudah tersedia, baik toko khusus yang berkiatan dengan ikan atau Toserba yang online maupun offline.

Akan tetapi, flake akan menjadi limbah dan merusak keseimbangan kimiawi jika terlalu lama bercampur dengan air. Makanana ini lebih baik dimakan ikan di atas permukaan air, untuk itu jangan terlalu banyak memberi  produk ini dan pastikan hanya secukupnya.

3.      Tablet

Tablet pakan hampir sama dengan tablet obat, memiliki tekstur padat.  Beberapa orang akan memberikan pakan ini pada ikan hiasa  yang sudah dewasa dan memiliki kebiasaan berenang dengan cara bergerombol.

Baca Ini Juga  Cara Sedekah CF Higgs Domino Island Gratis Terbaru

Hal ini karena pakan jenis tablet dengan teksturnya seperti itu membuatnya sukar untuk hancur. Sehingga tentunya sangat pas untuk dimakan secara bersama–sama sembari menikmati serpihan tablet yang sedikit demi sedikit mulai hancur.

Jenis makanan ikan ini bisa ditemukan secara kemasanan produk Tetra Bits atau Spirulina Tablet untuk ikan. Produk tersebut pun telah tersedia di e-commerce dengan berbagai harga sesuai ukuran.

4.  Produk Makanan Ikan: Granule

Granula termasuk jenis pakan yang langsung tenggelam. Kandungan granula ini sedikit berbeda dari flake, jadinya lebih cepat terurai sehingga menjadi sisa limbah. Granula memudahkan ikan yang sedang berenang di tengah atau di bawah untuk mencapainya.

Dengan begitu pekan ini cocok untuk ikan yang tidak suka berenang ke permukaan air. Contoh jenis makanan ini tersedia di produk Tropical  granula yang bisa kamu dapatkan melalui toko online maupun offline.

5. Keripik/Crisps

Keripik terbuat dari bahan yang sama seperti flakes, tapi keripik jauh lebih kecil. Keripik akan lebih cepat haabis dan mudah untuk memberikannya kepada ikan. Hal ini karena makanan satu ini mudah untuk ikan cerna dengan baik.

Baca Ini Juga  Software Retail Grosir untuk Toko

Menariknya keripik juga tidak menimbulkan limbah air, malah dalam jangka panjang akan mengurangi jumlah sampah yang tersisa di bagian bawah  permukaan air. Sehingga jika menggunakan pekan ini pemelihara tidak perlu sistem penyaringan air yang kuat.

Mempertimbangkan jenis makanan ikan ini termasuk hal yang mudah. Hanya dengan melihat kandungan serta bentuk pakannya sendiri yang sesuai karakteristik (sifat) ikan.