Tanda-tanda stress.| Unspalsh.com
Tanda-tanda stress.| Unspalsh.com

Yuk Cek tanda-tanda Stress ini!

Diposting pada

Tanda-tanda stress sebenarnya sudah timbul. Namun, Sebagian besar orang tidak menyadarinya dan menganggap kondisinya baik-baik saja. Adapun penyebab stress itu banyak faktor, diantaranya hubungan yang tidak harmonis di dalam keluarga, tekanan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda stress

Tanda-tanda stress.| Unspalsh.com
Tanda-tanda stress.| Unspalsh.com

Apabila dibiarkan begitu saja dan dianggap sepele, maka lambat laun akan mempengaruhi aktivitas yang kamu jalankan. Bahkan bisa saja, membuat pekerjaan atau kuliahmu mu berantakan. Lantas apa saja tanda-tanda dari stress? Yuk simak informasi berikut ini!

1.     Menjadi Sibuk Lebih Dari Biasanya

Kamu pernah tidak, mengalami dimana suatu hari ingin menyibukan diri? Padahal sebentar, pekerjaan maupun tugas-tugas kuliah hari itu sedikit bahkan tidak ada. Pasalnya, telah kamu kerjakan sebelumnya.

Namun, kamu tetap ingin melakukan sesuatu dan membiarkan dirimu tenggelam dalam kesibukan. Nah, hal ini sebenarnya, bisa jadi sedang menghindari permasalahan yang dihadapi. Sehingga, ketika tidak memikirkan apapun maka permasalahan tersebut akan dipikirkan.

Dengan kata lain, menyibukan diri merupakan salah satu cara untuk menghindari masalah. Padiah sampai kapanpun hal tersebut dilakukan, akan masalah akan tetap ada. Sehingga jalan satu-satunya adalah menghadapi hal tersebut supaya dapat diselesaikan.

Baca Ini Juga  Inilah Gejala Kleptomania yang Wajib Diketahui

2.      Menjadi Lebih Mudah Marah Atau Sensitif

Tanda-tanda stress selanjutnya adalah semakin sensitif atau cepat marah. Dimana segala sesuatu yang tadinya bisa dimaklumi berubah menjadi hal yang menyakitkan atau terasa sangat mengganggu. Sehingga hal tersebut dilampiaskan kepada orang-orang disekitar, bahkan ketika  merasa sensitif bisa jadi kamu pun akan menyakiti perasaan orang lain.

Tentu hal tersebut, tidaklah baik untuk relationship, baik untuk pasangan bahkan teman. Untuk mengontrol diri ketika hal tersebut terjadi memang sangat sulit, tetapi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa keluar dari tempat tersebut kemudian menarik nafas perlahan-lahan.

Sampai kamu merasa tenang. Namun, jika hal tersebut tidak bisa kamu kendalikan dan sering terjadi, sebaiknya kamu cerita dengan sahabat atau bahkan berkonsultasi dengan seorang ahli. Supaya stress yang kamu alami pun dapat cepat selesai.

3.      Tujuan Atau Arah Hidup Menghilang

Pertanda ini biasanya dirasakan oleh orang-orang yang mengalami kegagalan dalam hidupnya. Misalnya, gagal dalam mencapai apa yang mereka mimpikan, kehilangan seseorang, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  Pengertian & Contoh Soal Permutasi Unsur Sama

Sehingga, pada akhirnya hanya menyalahkan diri atas segala hal yang terjadi. Lambat-laun pun tujuan hidup yang awalnya membara, menjadi padam. Seakan tidak ada gairah dalam hidupnya dan terasa semuanya berhenti begitu saja.

Bahkan untuk mengurus diri sendiri saja, sudah merasa kesulitan. Nah, hal ini bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami stress. Apabila kamu merasakan hilangnya harapan atau tujuan hidup,, Maka sebaiknya ditangani dengan cepat dan tepat.

4.      Adanya Keinginan Untuk Memegang Kendali

Stress pun dapat ditandai dengan keinginan untuk mengendalikan suatu hal. Dimana hal ini sebenarnya adalah untuk membuat dirimu aman dan tenang. Namun, dengan perilaku hal tersebut sebenarnya kamu sedang berusaha untuk menolak fakta atau realita yang ada. Justru hal ini pun dapat membuat kamu terus merasa tertekan.

Misalnya, kamu sibuk memikirkan cara untuk mengendalikan pikiran orang lain. Maka, ketika kamu menunjukan tanda-tanda ini. Sebaiknya, kamu tenangkan diri dulu, kemudian cobalah untuk menganalisa hal apa yang bisa kamu kendalikan dan tidak. Adapun untuk hal yang tidak bisa kamu kenal sama sekali cara terbaiknya adalah dengan menerima hal tersebut.

Baca Ini Juga  Sinopsis Film IVANNA, Genre Horor Spinoff

5.      Mengisolasi Diri Sendiri

Cara ini dilakukan oleh sebagian orang, biasanya ia tidak ingin bertemu dengan siapapun. Bisa juga benar-benar meminimalisir bertemu atau berinteraksi dengan orang. Misalnya, yang dulunya sering ikut acara menjadi paling aktif dan selalu izin pulang duluan.

Melakukan isolasi diri ini, bisa juga dengan melakukan travelling ke suatu tempat yang jauh dari orang-orang yang dikenalnya. Dimana tempat cocok untuk menenangkan diri dan umumnya kondisi alam disana masih hijau.

Itulah beberapa tanda-tanda stress yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu dapat mengatasi stress dengan lebih cepat. Dibandingkan dengan kamu tidak menyadari gejala-gejala stress. Sehingga tidak menimbulkan dampak buruk yang berkepanjangan bagi kehidupanmu. Selain itu, baca artikel menarik lainnya di rekomendasi.id ya!