Memilih mobil murah.| Unsplash.com
Memilih mobil murah.| Unsplash.com

Apa Saja Tips Memilih Mobil Murah? Baca Ini!

Diposting pada

Saat ini, mobil menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting dan primer. Sebagian besar orang di kalangan menengah ke atas, sudah memiliki mobil pribadinya masing-masing. Oleh sebab itu, tips memilih mobil murah menjadi informasi penting yang wajib diketahui. Karena tentunya, banyak orang yang ingin memiliki mobil dengan harga tidak terlalu mahal.

Tidak bisa dipungkiri, harga mobil memang masih terhitung mahal. Terlebih jika kamu memilih mobil keluaran terbaru. Itulah mengapa, mobil murah menjadi incaran banyak orang. Meskipun harganya murah, tetapi banyak mobil yang kualitasnya sudah cukup bagus. Asalkan kamu mengetahui tips dan trik memilih mobil berharga murah, tetapi kualitasnya bagus.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

Memilih mobil murah.| Unsplash.com
Memilih mobil murah.| Unsplash.com

Sebelum mengetahui tips memilih mobil murah, kamu harus mempunyai alasan yang jelas mengapa mau membeli transportasi ini. Jangan sampai, alasanmu hanya karena ingin ikut-ikutan tren saja. Karena harga mobil akan cukup menguras keuangan kamu. Sehingga, pastikan tidak bertindak impulsif saat akan membeli mobil. Simak beberapa pertimbangannya di sini.

1.      Budget yang Kamu Miliki

Saat akan membeli mobil, hal utama yang harus dipertimbangkan adalah terkait budget. Kamu harus mengetahui dan memperkirakan keuangan saat akan membeli mobil. Sesuaikan budget dengan harga mobil yang akan dibeli. Jika dirasa budget cukup pas-pasan, maka artinya kamu harus mengetahui tips memilih mobil murah. Agar keuangan tidak terlalu membengkak.

Selain itu, kamu juga wajib mempertimbangkan, apakah akan melakukan cicilan atau membayar cash secara penuh. Tentunya, akan lebih baik jika kamu membeli mobil secara cash. Agar ke depannya, tidak perlu memikirkan biaya kredit mobil. Namun, jika kurang memungkinkan, maka tidak masalah kalau harus melakukan cicilan terhadap mobil tersebut.

2.      Fungsionalitas dari Mobil Tersebut

Pertimbangan berikutnya sebelum mengetahui tips memilih mobil murah adalah terkait fungsionalistas. Seperti yang telah disebutkan, jangan sampai membeli mobil hanya karena ingin ikutan tren saja. Sebaiknya, apapun yang akan kamu beli, memang wajib memikirkan fungsionalitasnya. Terlebih jika akan membeli barang mahal, contohnya seperti mobil ini.

Jika kamu benar-benar membutuhkan mobil sebagai alat transportasi pribadi, maka tidak apa-apa untuk membelinya. Namun, kamu harus memikirkan kembali. Apakah membeli mobil ini benar-benar akan mengurangi atau justru menambah beban. Jangan sampai terburu-buru saat akan membeli mobil. Karena dikhawatirkan nantinya malah membuat kamu merasa menyesal.

3.      Biaya Tambahan Saat Memiliki Mobil

Perlu diketahui, biaya yang akan dikeluarkan saat mempunyai mobil bukan hanya saat membelinya saja. Kamu harus mempertimbangkan dan menghitungkan juga biaya tambahan selama memiliki mobil.  Itulah mengapa, tips memilih mobil murah menjadi penting untuk diketahui. Karena biaya yang akan dikeluarkan memang bukan berhenti saat membelinya saja.

Baca Ini Juga  Inilah Ciri Karya Fiksi, Kamu Wajib Tahu!

Pertama, kamu harus memikirkan juga biaya perawatan mobil. Mulai dari biaya ganti oli rutin, aki, cuci mobil, dan perawatan lainnya. Belum lagi jika mobil tiba-tiba mengalami masalah atau kerusakan. Kedua adalah biaya asuransi mobil. Karena dikhawatirkan sewaktu-watu mobil mengalami kecelakaan. Ketiga adalah pajak yang wajib kamu bayarkan saat memiliki mobil.

Harga Mobil Dibawah 200 Juta

Salah satu tips memilih mobil murah adalah dengan memilih yang harganya di bawah 200 juta. Tentunya, harga tersebut memang masih terhitung mahal. Namun, untuk kebutuhan membeli mobil, harga tersebut sudah cukup murah. Dengan harga tersebut, terdapat beberapa mobil yang bisa kamu dapatkan. Simak deretan mobil yang harganya di bawah 200 juta.

1.      Suzuki APV Arena – 192 Juta

Pertama adalah dari merk Suzuki, atau lebih tepatnya untuk model APV Arena. Mobil ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 192 juta. Salah satu keuntungan dari mobil ini adalah kapasitas kabin yang cukup luas. Sehingga, cocok untuk kamu yang membutuhkan mobil dengan kapasitas penumpang banyak. Namun, harganya terjangkau dan di bawah 200 juta.

2.      Toyota Avanza – 187 Juta

Mobil berikutnya menjadi jenis yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat. Kamu bisa membeli Toyota Avanza yang saat ini dibanderol dengan harga Rp. 187 juta. Kualitas yang dimiliki oleh mobil ini sudah tidak diragukan. Karena mobil ini menjadi salah satu jenis yang paling laku di pasaran Indonesia. Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dari mobil ini.

Kamu akan mendapatkan mesin dengan kapasitas 1.300 cc. Selain itu, kabin yang dimiliki pun cukup luas. Desain atau rancangan yang dimiliki oleh mobil ini sudah cukup modern. Sangat cocok untuk transportasi keluarga.

3.      Daihatsu Ayla – 103 Juta

Mobil selanjutnya pun menjadi jenis yang banyak diincar di pasaran otomotif Indonesia. Mobil Daihatsu Ayla ini sekarang sudah dibanderol dengan harga Rp. 103 juta. Daihatsu Ayla menjadi mobil matic yang harganya cukup terjangkau.

Desain dan rancangan pada mobil ini cukup modern dengan warna sporty. Mobil ini sudah dilengkapi dengan mesin berkubikasi 998 cc 1KR-DE. Tenaga maksimal yang dihasilkan mobil ini adalah 64 Hp pada 6.000 rpm. Sehingga, dapat dikatakan bahwa kekuatan mesinnya memang lumayan besar.

4.      Honda Brio Satya – 184 Juta

Berikutnya adalah Honda Brio Satya yang sudah dibanderol dengan harga Rp. 184 juta. Mobil ini pun merupakan jenis matic dengan spesifikasi mesin 1199 cc SOHC 4-silinder. Performa dari mobil Honda Brio Satya adalah 89 Hp dan torsinya yakni 110 Nm. Desain eksterior yang cantik membuat mobil ini memiliki rancangan stylish.

5.      Suzuki Ignis – 175 Juta

Suzuki Ignis menjadi jenis mobil matic yang dikeluarkan pada tahun 2020 silam. Mobil ini bisa dibeli dengan harga Rp. 175 juta di pasaran. Mobil Suzuki Ignis menjadi jenis city car yang sudah cukup populer dan laku di Indonesia.

Baca Ini Juga  Harga Mobil BMW X5, Murah Kualitas Mewah

Suzuki Ignis ini memiliki mesin yang berkubikasi 1197 cc dan tenaga maksimumnya adalah 83 PS pada 6.000 rpm. Adapun torsi dari mobil ini adalah 113 Nm pada 4.200 rpm. Mobil ini menjadi city car dengan gaya SUV.

6.      New Toyota Agya – 155 Juta

Selain Ayla, merk Toyota Agya pun ternyata cukup laku di pasaran. Mobil ini memiliki harga pasaran untuk kalangan menengah ke bawah. Saat ini, kamu bisa membeli Toyota Agya dengan harga Rp. 155 juta.

Spesifikasi mesin mobil harga 100-an ini pun cukup bagus. Mesin Toyota Agya ini berkubikasi 1197 cc 1.2L Petrol Engine. Tenaga yang dihasilkan oleh Toyota Agya adalah 87 dengan torsi sebesar 108 Nm.

Tips Memilih Mobil Murah

Dari deretan di atas, bisa diketahui bahwa memang banyak mobil murah yang sudah dijual di pasar otomotif Indonesia. Namun, kamu tetap harus mengetahui tips memilih mobil murah dengan pajak murah juga. Jangan sampai hanya fokus pada harganya saja. Kamu juga tetap harus mempertimbangkan beberapa hal. Inilah ragam tips yang harus kamu ketahui saat akan memilih mobil murah.

1.      Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Tips memilih mobil murah pertama adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai kamu terburu-buru membeli mobil, tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Cobalah cari tahu mobil murah yang saat ini banyak diincar di pasaran. Pastikan juga kamu mencari mobil keluaran terbaru. Sehingga, mesin dan desainnya sudah menyesuaikan dengan teknologi baru.

Kamu juga bisa mencoba riset beberapa mobil dari merk berbeda. Setelah itu, cobalah lakukan perbandingan antara satu mobil dengan yang lainnya. Beberapa hal yang harus kamu riset adalah terkait harga, spesifikasi, keunggulan, sistem servis, dealer resmi, dan sebagainya. Pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap terkait beberapa aspek tersebut.

2.      Perhatikan Spesifikasi Mobil

Jika sudah mendapatkan yang terbaik, maka selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi lebih mendalam dari mobil tersebut. Jangan sampai kamu hanya mengetahui spesifikasi dasarnya saja. Karena spesifikasi mobil menjadi aspek yang cukup penting dalam tips memilih mobil murah. Spesifikasi mobil ini bisa menentukan kualitas dari mobil itu.

Saat mencari tahu tentang spesifikasi mobil, sebaiknya jangan hanya membaca dari satu sumber. Cobalah baca dari berbagai sumber. Karena biasanya satu sumber dan yang lainnya akan memiliki sedikit perbedaan. Oleh sebab itu, cobalah baca dari banyak sumber terkait spesifikasi mobil. Kamu juga bisa membaca dari laman resmi merk mobil yang akan dipilih.

Baca Ini Juga  Inilah Negara Dengan curah Hujan Yang Tinggi Di dunia!

3.      Perhatikan Fitur yang Dimiliki

Bukan hanya spesifikasi, tips memilih mobil murah pun ternyata meliputi fitur yang dimiliki. Di era modern ini, fitur dari mobil keluaran terbaru akan semakin canggih. Itulah mengapa, sebaiknya kamu perhatikan juga fitur yang dimiliki oleh mobil tersebut. Pastikan fitur yang dimiliki memang sudah didukung dengan teknologi terbaru dan modern.

Beberapa fitur penting yang harus dimiliki mobil adalah auto lock, sabuk pengaman, dual SRS airbags, electronic brakeforce distribution atau EBD, dan sebagainya. Pastikan mobil yang kamu pilih sudah memiliki beberapa fitur tersebut. Meskipun harganya murah, bukan berarti mobil yang dipilih tidak membeli beberapa fitur penting tersebut.

4.      Pastikan untuk Melakukan Test Drive

Jika sudah ditahap akan membeli mobil, maka jangan lupa melakukan test drive. Tips memilih mobil murah ini penting dilakukan, agar kamu memiliki kenyamanan berkendaraan. Jangan sampai membeli mobil tanpa melakukan test drive terlebih dahulu. Karena dengan test drive ini kamu bisa mengetahui, apakah kendaraan tersebut benar-benar nyaman atau tidak.

Mayoritas dealer mobil biasanya akan mempersilakan pembelinya melakukan test drive terlebih dahulu. Tidak perlu lama-lama, kamu hanya harus meluangkan waktu selama 10 – 15 menit untuk test drive. Walaupun harganya murah, tapi jangan sampai salah dalam memilih kualitas dan kenyamanan berkendara dari suatu mobil.

5.      Hindari Menggunakan Kredit, Jika Memungkinkan

Tips memilih mobil murah berikutnya adalah sebaiknya hindari menggunakan kredit. Karena pembayaran kredit ini sekilas memang terlihat lebih murah dan menguntungkan. Namun, ternyata tanpa disadari, pengeluaran akan semakin banyak dibandingkan membeli cash. Karena biasanya akan dikenakan bunga.

Jika memungkinkan, usahakan untuk menghindari kredit. Namun, jika memang terpaksa harus menggunakan kredit, maka pilihlah yang tepat. Pastikan untuk memilih kredit yang sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Tips memilih mobil murah menjadi hal penting yang wajib diketahui. Meskipun kamu membeli mobil murah, tetapi jangan sampai kualitasnya kurang bagus. Tetaplah perhatikan spesifikasi dan kekuatan dari mobil yang akan kamu beli. Jangan lupa juga untuk melakukan test drive pada mobil.