Harga Gimbal Kamera Murah Berkualitas Terbaru

Harga Gimbal Kamera Murah Berkualitas Terbaru

Diposting pada

Harga gimbal kamera – Stabilizer atau gimbal menjadi satu dari sekian peralatan wajib yang mesti Anda miliki untuk memproduksi sebuah konten video. Gimbal kamera sangat berperan penting dalam proses pengambilan sebuah video, termasuk juga dengan foto, agar hasil jepretan menjadi lebih maksimal. Peranannya dalam menjaga keseimbangan ketika menangkap suatu objek dapat membantu Anda agar gambar tetap fokus dan tidak goyang.

Merekam setiap momen yang ada memang menjadi keasyikan tersendiri. Apalagi untuk kamu para millennial zaman now. Akan tetapi, tidak berarti kamu dapat melakukanya tanpa kendala sedikitpun. Timbulnya getaran ketika hendak mengambil gambar atau merekam sebuah video biasanya dapat merusak hasil jepretan. Sehingga foto atau video tersebut akan tampak blur dan bahkan menjadikan foto kamu tidak menyimpan kesan apapun.

Gimbal Stabilizer Kamera

Untungnya, saat ini kita telah mengenal sebuah inovasi kreatif yang membantu para konten kreator menghasilkan foto atau video yang stabil. Alat tersebut adalah Gimbal, sebuah stabilizer yang memiliki kemampuan unik dalam menjaga posisi kamera agar tidak bergetar atau bergoyang. Kamu bisa coba cek harga gimbal kamera yang ada di pasaran.

Baca Ini Juga  Cara Dapat Mudik Lebaran Gratis Tahun Ini Tanpa Bayar

Gimbal merupakan sebuah alat atau perangkat yang memiliki motor dan juga sensor yang berfungsi dalam mencegah getaran. Dengan menggunakan gimbal, pengguna dapat menggerakkan, memutar, serta memiringkan kamera untuk mengambil gambar atau merekam video.

Penggunaan istilah “Gimbal” pertama kali muncul pada tahun 220 sebelum masehi oleh seseorang bernama Philo. Penemu asal Yunani yang menciptakan wadah tinta dengan 8 sisi yang memiliki kesetimbangan. Secara sederhana, cara kerja gimbal yakni sebuah konsep roll, pitch, yaw. Atau bisa juga kita sebut sebagai sumbu X, Y, Z yang biasa terdapat pada penerapan arm robot.

Logika sederhana yang membuat gimbal dapat mengurangi getaran ketika sedang kita gunakan memotret objek atau merekam video yakni dengan membuat aliran terbalik dengan arah berlawanan yang terjadi pada getaran tersebut. Aliran terbalik berjalan karena adanya umpan balik dari sensor Inertial Measuring Unit (IMU) yang terpasang pada kamera. Konsep ini akan sama untuk harga gimbal kamera yang murah sekalipun.

Sensor IMU bertugas sebagai pencatat arah gerakan kamera. Kemudian mengirimkan informasinya kepada 3 brushless motor servo yang terpasang sama tinggi dengan lensa kamera. Oleh sebab itulah, jika Anda hendak menggunakan gimbal, maka Anda perlu melakukan pengaturan awal terlebih dahulu. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi posisi relatif antara kamera dan tanah. Setelah berada pada posisi optimum sesuai dengan yang kita tentukan. Maka ketiga motor servo akan bekerja untuk tetap mempertahankan posisi optimumnya.

Baca Ini Juga  8 Situs Penyedia VPS Gratis Tanpa Kartu Kredit

Meski kedengarannya cukup rumit, namun Anda tidak perlu pusing memikirkannya. Karena sebagai pengguna, kita hanya perlu melakukan setting sedikit di awal. Sehingga kemudian dapat menggunakan kamera yang stabil dan hasil potret atau video pun terekam dengan sempurna.

Harga Gimbal Kamera

Harga Gimbal Kamera

  • Gimbal DJI OM4 SE seharga Rp. 1.339.000
  • Feiyu Scorp C 3-Axis Handheld Gimbal Stabilizer Kamera seharga Rp. 3.699.000
  • Feiyu G6 Max 3-Axis Handheld Gimbal Stabilizer 3-in-1 seharga Rp. 2.998.000
  • DJI Ronin-SC – 3-Axis Gimbal Stabilizer DSLR seharga Rp. 3.639.000
  • Steadycam AE S40 seharga Rp. 350.000
  • MOZA Air Cross 2 – 3 Axis Gimbal Stabilizer seharga Rp. 4.199.000

Itulah beberapa informasi harga gimbal kamera yang ada di pasaran saat ini. Cukup variatif tergantung dari merek, fitur dan kualitasnya. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan budget masing-masing. Selain itu, sesuaikan juga dengan jenis kamera yang Anda miliki.