Daftar Harga Tiket Masuk Museum Nasional Tahun Ini

Diposting pada

Tiket Museum Nasional – Museum Nasional Indonesia atau yang biasa disebut dengan Museum Gajah yang terletak di kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Merdeka Barat 12. Bangunan dengan menggunakan gaya klasik ini merupakan museum yang terbesar pertama di Asia Tenggara.

Dikenal dengan Museum Gajah karena terdapat patung gajah di depan halaman bangunan. Patung perunggu tersebut dihadiahkan oleh Raja Chulalongkorn yang berasal dari Thailand pada tahun 1871. Gedung ini dibangun pada tahun 1862 merupakan salah satu wujud pengaruh Eropa yang muncul pada abad ke-18.

Daftar Harga Tiket Museum Nasional

Lanjutkan Membaca

Asal usul berdirinya Museum Gajah ini pada saat terbentuknya Bataviaasch Genootschap Van Kunsten En Wetenschappen. Tujuannya yaitu untuk memajukan penelitian pada bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Lembaga ini mempunyai semboyan yang berbunyi “Ten Nutte van Het Algemeen” yang berarti “ Untuk kepentingan masyarakat umum. Dan penelitian ini dikhususkan pada bidang ilmu fisika, biologi, sejarah, kesusastraan, arkeologi, dan juga etnologi.

Museum Nasional Indonesia banyak sekali mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Indonesia seperti prasasti, arca-arca kuno, barang-barang kerajinan, dan juga benda-benda kuno yang lainnya. Kemudian dimasukkan ke dalam beberapa bagian kategori seperti prasejarah, perunggu, tekstil, etnografi dan juga keramik.

Museum ini telah mencapai 140.000 buah koleksi benda-benda kuno. Menurut catatan pada website Museum Nasional ini diresmikan pada tahun 2006. Makanya yang menjadikan Museum Nasional Indonesia ini disebut sebagai Museum terlengkap yang ada di Indonesia.

Tiket Masuk Museum Nasional Indonesia

                                          Tiket Museum Nasional Indonesia
Dewasa                                                                                  Rp 5.000
Anak                                                                                       Rp 2.000
                                                Tiket Rombongan
Dewasa                                                                                  Rp 3.000
Anak                                                                                       Rp 1.000
Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk SnowBay Waterpark TMII Terbaru

Pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk dengan tarif yang tergolong sangat terjangkau. Pengunjung bisa menikmati dan menghabiskan waktu liburan dengan menambah ilmu pengetahuan.
Tiket Museum Nasional yang dikenakan bagi para pengunjung dewasa yaitu Rp 5.000 per orang sedangkan bagi anak-anak itu dikenakan dengan tarif Rp 2.000 per anak. Untuk pengunjung mancanegara atau turis luar negeri dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Bagi para rombongan harus memiliki jumlah minimal 20 anggota dalam 1 rombongan yang akan dikenakan tarif Rp 3.000 per orang dan untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 1.000. Harga tiket masuk museum ini terbilang sangatlah murah dan terjangkau untuk bisa menikmati liburan dengan belajar jika berkunjung ke sini.

Anda bisa siapkan yang dibutuhkan untuk membeli tiket tersebut sesuai dengan golongan usia pengunjung. Setelah Anda sudah membeli tiket tersebut, Anda bisa masuk dan menikmati berbagai koleksi dan beragam penjelasan yang informatif sehingga Anda mendapatkan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:

Waktu Operasional Museum Nasional

                                                      Jam Operasional
Selasa- Jumat                                                         08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu                                                        08.00 – 17.00 WIB

Museum Nasional atau biasa disebut Museum Gajah ini mempunyai jam operasional sama dengan museum lain pada umumnya. Pengunjung hanya bisa mengunjungi museum ini pada hari selasa sampai hari minggu. Pada hari senin museum ini tidak beroperasi atau tutup dan juga pada hari libur nasional.

Pada hari selasa sampai hari jumat museum ini dibuka pada pukul 08.00 sampai pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada hari sabtu dan minggu museum ini dibuka pada pukul 08.00 sampai dengan pada pukul 17.00 WIB.

Fasilitas Di Museum Nasional

Museum Nasional atau Museum Gajah ini mempunyai fasilitas virtual tour bagi para pengunjung tanpa harus mengunjungi langsung museum tersebut. Pengunjung juga dapat melihat lokasi museum dengan pemandangan 360 derajat seperti Anda mengunjungi museum yang nyata.

Jika Anda sedang di rumah atau bagi Anda yang tidak sempat keluar rumah untuk mengunjungi area Museum Nasional tidak perlu khawatir karena sekarang ini Anda bisa lihat melalui perangkat elektronik.

Rute Angkutan Umum Menuju Museum Nasional

Akses untuk mengunjungi Museum Nasional Indonesia dapat dijangkau dengan menggunakan bus Transjakarta jurusan Kota-Blok M atau Pulogadung. Penumpang dapat turun di Halte Monumen Nasional setelah itu Anda bisa berjalan kaki menuju ke Museum tersebut sebentar.

Selain itu juga, Anda bisa menggunakan bus city tour jakarta yang bisa dijumpai di daerah pasar baru sampai bandara HI. Jika Anda layanan bus ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Alamat dan Kontak Museum Nasional

Museum Nasional ini bertempat di JL. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat. Untuk informasi yang lebih lengkapnya lagi Anda bisa menghubungi nomor telepon ini (021)3868172.

Dengan nomor tersebut Anda bisa gunakan untuk mencari informasi tentang rencana kunjungan melalui layanan edukasi. Pengunjung juga akan mendapatkan informasi lengkap tentang jadwal kegiatan yang ada dalam Museum Nasional tersebut dengan cara mengikuti Twitter @MuseumNasional.

nontonbal.com