Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Bandung, Update 2020

Diposting pada

Situ Patenggang adalah salah satu tempat wisata yang terdapat sebuah danau yang bertempat di kawasan wisata alam Ciwidey, Bandung dan juga memiliki suasana yang begitu alami, terhindar dari polusi udara dan pemandangan yang sangat eksotik. Tempat wisata ini disebut dengan nama Situ Patengan karena sesuai dengan nama tempatnya yang berada di kawasan bawah kaki Gunung Patuha.

Sejak pada tahun 1981 lokasi ini dikembangkan sebagai tempat wisata alam. Tempat Situ Patenggang ini memiliki perkebunan teh yang dipagari 48 hektar dan memiliki ketinggian 1600 mdpl, dengan udara yang sejuk, asri, dan juga menyegarkan, dan juga terdapat danau yang memiliki luas 45.000 hektar yang berada di dalam cagar alam dengan sebesar 123.977 hektar.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang Bandung

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau kawasan ini akan dikenakan biaya tiket masuk. Dan Harga Tiket ini sangat terjangkau dan sangat pas dengan mengingat keindahan yang telah ditawarkan objek wisata tersebut. Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Rp 20.000.

Tempat wisata Situ Patenggang ini dibuka setiap hari baik pada hari biasa maupun pada akhir pekan, dengan jam operasional dari pagi hari sampai sore hari. mulai dari Senin – Minggu 06.00 – 18.00 WIB

Baca juga: Harga Tiket Masuk Puncak Bintang Bandung

Berbagai Aktivitas Wisata di Situ Patenggang Bandung

Tempat wisata situ patenggang ini memiliki banyak ragam aktivitas yang seru dan menyenangkan yang ditawarkan. Disini para wisatawan bisa menikmati keindahan panorama danau dan tentunya akan bisa menghirup kesegaran kebun teh yang berada di sekelilingnya. Dan para wisatawan pun bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu dan sepeda air yang berbentuk angsa.

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Puncak Bintang Bandung, Update 2020

Terdapat mitos bahwa “ Siapa saja yang ingin hubungannya langgeng, datangilah Batu Cinta dan kelilingi Pulau Asmara” dengan adanya legenda serta mitos tersebut sehingga tempat ini tidak pernah merasa sepi dari para wisatawan dan menjadi daya tarik yang begitu kuat untuk para wisatawan tersebut.

Menikmati Keindahan Panorama Danau

Tempat wisata Situ Patenggang yang terkenal dengan memiliki keindahan alam yang begitu memukau dan juga panorama yang eksotis. Yang dikelilingi dengan hamparan kebun teh yang berjajar sangat rapi dengan pucuk teh tersebut yang hijau menyajikan pemandangan yang sangat menawan.

Dibalik danau yang luas dengan permukaan yang begitu tenang ini terlihat jajaran pegunungan yang menjulang. Para pengunjung disarankan untuk memakai pakaian yang hangat karena terkadang selepass siang kabut mulai kembali turun karena adanya hujan. Dan para wisatawan bisa melihat pemandangan kota Bandung dengan ketinggian tempat yang sangat sejuk tersebut.

Daya Tarik Sejarah & Mitos

Yang paling unik dari danau ini yang terdapat legenda rakyat yang tersimpan. Yang berasal dari kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis mereka berdua harus dipisahkan, dan mereka pun saling mencari hingga suatu hari mereka dipertemukan di tempat ini. Setelah bertemu mereka membuat danau dengan pulau kecil yang berada di tengahnya. Daratan tersebut bernama pulau Sasuka atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Asmara.

Menjelajah Danau dengan Perahu

Di tempat ini para wisatawan bisa menjelajah lebih jauh lagi mengelilingi danau ini bisa menggunakan perahu. Dan para pemberi jasa perahu yang telah bersedia untuk mengantarkan para wisatawan dengan satu putaran. Sampai sekarang perahu ini menjadi tempat wisata yang disukai oleh para wisatawan

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Ocean Dream Samudra Ancol 2020

Menjelajah dengan menggunakan perahu wisatawan bisa mengunjungi pulau yang berada di tengah danau tersebut. Pulau tersebut tidak terlalu besar, namun terdapat banyak pepohonan yang rindang sebagai tempat melepas lelah para pengunjung.

Menyambangi Batu Cinta Situ Patenggang

Dengan adanya mitos tersebut, Situ Patenggang ini menjadi destinasi wisata yang romantis untuk para wisatawan. Di Pulau Asmara ini terdapat sebuah batu yang disebut dengan Batu Cinta. Batu Cinta ini sangat melegenda di kalangan masyarakat dan juga menjadi simbol cinta sejati.

Fasilitas Yang disediakan Situ Petenggang Bandung

Pada setiap area ini terbebas dari polusi udara dan juga sampah apalagi yang berasal dari limbah kimia. Termasuk juga dengan perbaikan sarana transportasi dan juga fasilitas pendukung tempat wisata ini.

Tempat wisata Situ Patenggang ini pastinya mempunyai fasilitas seperti tempat wisata pada umumnya, fasilitas tersebut seperti mushola, rumah makan, tempat penjualan cinderamata, dan juga lahan parkir. Dan area ini dilengkapi dengan gazebo/shelter dan juga alat transportasi air untuk penunjang para wisatawan.

Cara Menuju Situ Patenggang Bandung

Tempat wisata ini yang berada di Kecamatan Rancabali, Bandung Selatan ini sekitar 40 km dari Kota Bandung. Jalur yang perlu diambil menuju arah selatan ini mencapai waktu sekitar 1 jam, Dan para wisatawan bisa menempuh rute yang ke arah Kop lalu ke Soreang yang menuju ke arah Ciwidey.

Lokasi ini tidak jauh dari tempat wisata lainnya yang berada di kawasan wisata Ciwidey. Lokasinya sediri bertempat di wisata Situ Patenggang ini yang berada di Kampung Patengan Baru, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

GameSkuy.com