Harga Tiket Masuk Museum Pos Indonesia Bandung, Update Terbaru

Diposting pada

Museum Pos Indonesia Bandung bersejarah yang berada di Jl Cilaki No. 73, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia merupakan sebuah bangunan museum dengan model arsitektur Art Deco yang berdiri sejak zaman masa kolonial belanda tepatnya pada tahun 1933.

Namun museum ini masih bertahan dan juga dirawat dengan sangat baik, sehingga museum ini telah menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri, yang khususnya bagi para pecinta atau mungkin mengoleksi prangko di Indonesia dan juga dunia (Filatelis).

Harga Tiket Masuk Museum Pos Indonesia Bandung

Museum Pos Indonesia Bandung

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati tempat wisata yang berupa museum, maka di kota Bandung ini telah menyediakan sebuah tempat wisata yang berupa museum dengan harga tiket yang sangat terjangkau atau bahkan pengunjung tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Jam Buka Museum Pos Indonesia

Gedung museum Pos Indonesia ini dibuka untuk setiap hari mulai dari hari Senin sampai hari Sabtu dan untuk hari Minggu Gedung Museum Pos Indonesia ini ditutup, dan untuk mengenai jam bukanya mulai dari pagi hari sampai sore hari.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Galeri Nasional Jakarta Terbaru

Sejarah Museum Pos Indonesia Bandung

Museum Pos Indonesia Bandung

Gedung Museum Pos Indonesia yang berada di kota Bandung merupakan sebuah bangunan yang hasil rancang bangun atau diarsiteki yang dilakukan oleh dua orang yang berkewarganegaraan Belanda, yaitu J.Berger dan Leutdsgebouwdienst.

Degung museum ini dibuka pertama kali pada tahun 1931, dengan sebuah nama Museum Pos, Telegraf dan juga Telepon (PTT), dengan terdapat sebagian besar koleksi museumnya yang pertama kalinya yaitu berupa perangko yang berasal dari dalam dan juga luar negeri.

Pada masa peralihan kekuasaan penjajah di Indonesia dari pihak Belanda ke Jepang, atau mungkin sekitar masa perang Dunia ke-2, Museum Pos Indonesia ini tidak terawat lagi dengan baik. Hingga pada sekitar tahun 1980, Perum Pos dan Giro, yang mengambil inisiatif dengan membuat sebuah panitia yang berfungsi sebagai program perbaikan serta juga perawatan dan inventarisasi terhadap benda-benda sejarah yang dijadikan koleksi museum Pos tersebut.

Museum Pos Indonesia ini diresmikan oleh Achmad Tahir yang bertepatan pada Hari Bhakti Postel yang ke-30, jatuh pada tanggal 27 September 1983. Tercatat bahwa Museum Pos Indonesia ini sudah mengalami 5 kali berganti nama dan jugalambangnya, fase perubahan tersebut adalah yang mulai dari Jawatan PTT (1945-1961), Kemudian berubah menjadi PN Postel (1962-1965), kemudian PN Pos dan Giro (1965-1978), lalu Perum Pos dan Giro (1978-1995) dan sampai akhirnya museum ini menjadi PT Pos Indonesia hingga sampai sekarang.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Trans Studio Bandung, Update Terbaru

Kegiatan Wisata di Museum Pos Indonesia Bandung

Gedung Museum Kantor Pos Indonesia ini menjadi salah satu tempat yang wajib atau tempat yang sangat direkomendasikan, terdapat banyak koleksi perangko mulai dari masa ke masanya baik berasal dari dalam maupun dari luar negara dengan jumlahnya yang mencapai ribuan koleksi.

Selain itu terdapat juga berbagai macam benda-benda pos berupa timbangan surat, sepeda pengantar yang turut dipajang sebagai barang pameran. dan yang cukup menariknya perhatian para pengunjung untuk datang ke tempat museum ini adalah terdapat sebuah ruangan pamer yang memajangkan berbagai macam suratemass dari raja-raja nusantara kepada komandan dan juga gubernur Jendral Belanda.

Fasilitas Museum Pos Indonesia di Bandung

Museum Pos Indonesia juga terdapat fasilitas yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan tersebut. Pada sejak tahun 2013 sudah menyediakan fasilitas untuk mempermudahkan para pengunjung untuk lebih baik dalam melakukan pengalaman berwisata sejarah di tempat museum ini.

Terdapat fasilitas bernamakan Gadget Win Audio Tour Guide merupakan sebuah perangkat yang memiliki sebuah tombol angka, pengunjung bisa mendengarkan informasi langsung dengan berupa audio dari benda yang ada di museum tersebut.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Atlantis Water Adventure Ancol

Perangkat audio tour guide ini yang tersedia di ruang pamer museum pos indonesia ini terdapat kurang dari 50 audio guide, yang dapat menjelaskan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Alamat Museum Pos Indonesia

Gedung museum pos indonesia ini berlokasi di Jl. Cilaki No 73, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia. Dan pengunjung dapat menghubungi langsung ke kontak telepon museum pos di 022-4206195 untuk lebih lengkapnya lagi tentan gedung museum pos indonesia ini.