Teks Eksposisi.| Unsplash.com
Teks Eksposisi.| Unsplash.com

Harga Belanja- Unsur-unsur teks eksposisi menjadi salah satu materi yang seringkali dipelajari oleh siswa SMP kelas 8. Teks eksposisi merupakan sebuah bacaan yang dibuat untuk menyampaikan informasi tentang sebuah maksud dan tujuan.

Teks eksposisi biasanya dibuat dengan tema yang sedang berkembang di kalangan masyarakat. Dengan adanya teks eksposisi, masyarakat akan memiliki sudut pandang tentang isu-isu hangat yang tengah berkembang di kalangan masyarakat.

Unsur-unsur Teks Eksposisi Yang Wajib Diketahui

Unsur-unsur teks eksposisi.| Unsplash.com
Unsur-unsur teks eksposisi.| Unsplash.com

Teks eksposisi memiliki beberapa unsur, untuk menjadi sebuah bacaan yang sempurna. Untuk membuat teks eksposisi, siswa harus memahami unsur-unsur eksposisi dengan baik. Berikut unsur-unsur eksposisi yang harus diketahui:

1. Gagasan

Gagasan atau ide merupakan pendapat dari pemikiran penulis ketika membuat teks eksposisi. Ketika membuat gagasan ini, akan muncul sebuah komentar, penilaian hingga saran penulis terhadap suatu isu yang tengah berkembang di kalangan masyarakat.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT John Toys dan Jabatannya

Untuk membuat gagasan atau ide, penulis dapat menjadikan beragam isu hangat yang tengah berkembang di kalangan masyarakat. Dengan demikian, banyak pembaca yang tertarik terhadap informasi yang disajikan oleh penulis.

2. Unsur-unsur Teks Eksposisi: Fakta

Ketika membuat teks eksposisi, penulis harus membuat cerita atau informasi secara nyata. Bahkan data yang diperoleh untuk membuat informasi tidak boleh dilebih-lebihkan atau dikurangi.

Teks eksposisi harus dibuat berdasarkan waktu, hal ini disebabkan karena bacaan ini memiliki maksud dan tujuan untuk menyampaikan permasalahan secara logis agar diketahui pembaca.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Teks eksposisi juga memiliki ciri-ciri, sehingga para pembaca bisa mengetahuinya dengan mudah. Teks ini memiliki ciri khas yang cukup signifikan. Berikut ciri-ciri teks eksposisi yang wajib diketahui :

  • Gaya tulisan informatif
  • Memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu permasalahan
  • Dilengkapi dengan bukti pendukung
  • Uraian bersifat objektif, sehingga memiliki tujuan menambahkan pengetahuan pembaca tanpa adanya maksud lain
  • Paragraf akhir berupa penegasan ulang

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki struktur yang dapat dijadikan sebagai pola ketika siswa akan membuat teks eksposisi. Dengan adanya struktur teks eksposisi memudahkan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan. Berikut struktur teks eksposisi:

Baca Ini Juga  Soal MTK SD Kelas 1 dan Jawabannya

1. Pernyataan Umum

Pada bagian ini, penulis hanya menyampaikan pernyataan umum terkait isu-isu yang akan dibahasnya. Ketika menulis bagian ini, hal yang dibahas memiliki sifat objektif dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca.

2. Argumen

Dalam bagian ini biasanya disajikan bacaan yang lebih dari dua paragraf argumen. Ketika menulis bagian ini, penulis harus memberikan bukti pendukung terkait permasalahan yang akan dibahasnya.

3. Penegasan Ulang

Bagian ini biasanya terletak pada paragraf akhir yang berisi tentang penegasan ulang dari pendapat yang telah disampaikan sebelumnya. Pada bagian ini juga disajikan hal-hal yang harus diperhatikan terkait permasalahan yang dibahas.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki jenis yang beragam, sehingga siswa harus mengetahuinya saat akan membuat teks eksposisi. Berikut jenis-jenis teks eksposisi yang harus dipahami oleh siswa:

1. Unsur-Unsur Teks Eksposisi: Teks Eksposisi Deskripsi

Teks eksposisi deskripsi merupakan suatu bacaan yang berfokus pada karakteristik suatu topik. Ketika siswa membuat teks eksposisi tentang wortel, maka fokus bacaan akan mengarah pada ciri-ciri wortel, gizi wortel dan masih banyak lagi.

Baca Ini Juga  Aplikasi Yo Whatsapp Fitur Lengkap

2. Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita merupakan suatu bacaan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Teks ini bisa ditemui pada surat kabar dengan ciri khusus yakni 5W1H.

3. Teks Eksposisi Proses

Bacaan ini menjelaskan tentang suatu gagasan yang sederhana. Teks ini sangat mudah untuk dibuat, sehingga tidak heran jika banyak siswa yang senang ketika akan membuat teks ini.

Bergam informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika akan membuat teks eksposisi. Namun, sebelum itu pastikan memahami unsur-unsur teks eksposisi agar bacaan lebih bagus. Kamu juga bisa membaca informasi lainnya melalui rekomendasi.co.

Bagikan: