6 Destinasi Wisata Belitung Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Belitung atau masyarakat lokalnya biasa menyebut Belitong beberapa tahun belakangan menjadi sangat terkenal karena sebuah novel dan film berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Belitung sendiri merupakan pulau yang terbagi menajdi 2 Kabupaten, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Berikut Destinasi Wisata Belitung.

Terletak di Provinsi Bangka Belitung. Belitung mempunyai potensi alam yang sangat luar biasa. Sumber daya alam berupa timah serta hasil laut menjadi sumber kehidupan bagi sebagian besar masyarakatnya sejak dulu. Selain timah nya, Belitung juga terkenal dengan pantainya yang berpasir putih. Ada banyak tempat di Belitung yang menarik untuk kita kunjungi, berikut diantaranya:

1. Pantai Nyiur Melambai

Destinasi Wisata Belitung

Tempat wisata Belitung yang pertama adalah sebuah pantai indah yang menakjubkan dan tidak boleh anda leawatkan. Pantai ini bernama Pantai Nyiur Melambai, yang lokasinya ada di desa Lalang, Kecamatan Manggra, Belitung Timur.

Di sepanjang bibir pantai ini bukan ditumbuhi oleh pohon kelapa, melainkan ditumbuhi pohon pinus yang membuat sejuk susana tepi pantai.

Baca Ini Juga  7 Destinasi Wisata Cianjur Terbaik Yang Harus Anda Kunjungi

2. Pulau Lengkuas

Destinasi Wisata Belitung

Pulau lengkuas menjadi tempat wisata Belitung selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Pantai sudah sangat terkenal baik oleh wisata lokal maupun wisatawan mancanegara.

Salah satu yang menarik dari lokasi ini adalah berdirinya mercusuar setinggi 50 meter, dan uniknya mercususar ini telah berusia ratusan tahun, karena dibangun oleh Belanda pada tahun 1882. Air lautnya sangat jernih sehingga Anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan – ikan yang berenang di dalamnya.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Destinasi Wisata Belitung
DCIM\100MEDIA\DJI_0027.JPG

Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi salah satu tempat untuk pengambilan adegan film laskar pelangi.

Keindahan alamnya yang menakjubkan membuat pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Belitung yang akan dikunjungi.

Pantai ini lokasinya hanya berjarak 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan dengan akses jalan yang mudah dijangkau. Fasilitas di pantai ini juga sudah terbilang lengkap, sudah ada tempat penginapan yang dibuat untuk menambah seru liburan.

4. Pantai Penyak

blank

Tempat wisata di Bangka Belitung selanjutnya adalah pantai Penyak yang lokasinya memang bukan di pulau Belitung melainkan ada di desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Baca Ini Juga  7 Wisata Di Jakarta Yang Bikin Liburan Lebih Seru!

Kami memasukan pantai ini karena keindahan panoramanya dan pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, yakni sekitar 3 km. Sehingga layak untuk dimasukan dalam daftar tempat wisata di Bangka Belitung yang menarik untuk dikunjungi.

5. Pantai Tanjung Kelayang

blank

Pantai ini memiliki keindahan yang eksotis dan sudah dikenal oleh dunia karena event Internasional yang di adakan di pantai ini, yaitu Sail Wakatobi BELITONG.

Keindahan pantai ini tidak bisa digambarkan dengan kata – kata. Hamparan pasir putih yang berish dan kejernihan air lautnya sangat memukau siapapun yang berkunjung ke lokasi ini. Dilokasi ini juga bisa melihat adanya tumpukan batu yang secara alami membentuk kepala burung.

6. Pulau Memperak

blank

Kawasan pantai ini menyimpan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Anda bisa melakukan snorkeling dari beberapa spot, yaitu dari arah Utara, Timur, atau Barat dari pantai yang ada di pulau ini.

Sayangnya untuk bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya, kita harus membawa perlengkapan menyelam sendiri, atau bisa menggunakan jasa biro wisata.

Baca Ini Juga  10 Tempat Destinasi Wisata Bandung Terbaik

Di lokasi ini hanya ada beberapa penjaga dan bertempat tinggal dirumah yang dibangun ditengah pepohonan yang mengelilingi pantai. Saat melakukan kegiatan snorkeling jangan lupa untuk menggunakan alas kaki, untuk melindungi kulit kaki anda dari bulu babi yang jumlahnya cukup banyak.

Itulah destinasi wisata yang berada di Belitung yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi.