Ada Apa Aja di Taman Pintar Jogja?

Wisata ke Taman Pintar Jogja, Ada Apa Aja?

Diposting pada

Sesekali Anda perlu mengajak buah hati berwisata ke destinasi edukatif. Salah satu obyek wisata yang terkenal dengan atraksi wisata edukatif adalah Taman Pintar Jogja. Jangan dikira tempat ini membosankan. Taman Pintar Yogyakarta menyajikan beragam wahana yang menarik nan interaktif. Semuanya ditujukan untuk menghibur sekaligus memperkaya wawasan si kecil. Yuk, tengok beberapa wahana yang cukup populer di Taman Pintar ini!

Wahana Populer di Taman Pintar Jogja

Gedung Oval dan Gedung Kotak

gedung oval di Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Jogja memiliki wahana bernama Gedung Oval dan Kotak. Keduanya menawarkan atraksi berbeda dan beberapa macam zona. 

Gedung Oval sendiri memiliki sekitar delapan zona, diantaranya ada zona generator van de graaf, generator pedal, terowongan ilusi, aquarium air tawar, dome area, kehidupan purba, tata surya serta zona cuaca, iklim dan gempa bumi.

Di zona generator van de graaf, Anda bisa melihat sekaligus bereksperimen dengan alat peraga yang didesain untuk menghasilkan listrik statis. Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara waktu pada suatu benda. 

Saat bereksperimen, Anda perlu meletakkan kedua telapak tangan pada alat peraga, kemudian rambut Anda pun akan tampil berdiri. Kalau dilihat-lihat sih, tampilan rambut mirip seperti … 

Baca Ini Juga  5 Destinasi Wisata Garut Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Adapun, zona kehidupan purba menawarkan pengalaman melihat replika dinosaurus jenis T-Rex (Tyrannosaurus) dan Kentrosaurus. Replika atau alat peraga tersebut didukung dengan teknologi robotik sehingga tampil lebih interaktif. 

Sementara, di Gedung Kotak ada lebih banyak zona yang bisa Anda jelajahi. Sekitar 16 zona tersedia di gedung berlapiskan cat warna-warni ini. Ada zona teknologi populer, air untuk kebaikan hidup, lorong ilusi, TEPI TV, wahana jejak nutrisi, sahabat pemberani KPK, memorabilia, Indonesiaku, galeri pusaka, olahraga, SNI, KPU hand on science, menara Eiffel, panas bumi hingga zona dino adventure dan teater 4D. 

zona menara Eiffel di Taman Pintar Jogja
source: tamanpintar.co.id

Jika mampir ke zona menara Eiffel maka Anda bisa mempelajari sejarah pembangunan menara yang membutuhkan waktu sekitar tiga tahun (1886 – 1889) lengkap dengan penjelasan tiap tahap pembangunan. Anda juga bisa melihat miniatur menara Eiffel yang didesain sesuai skala aslinya setinggi 2 meter. 

Harga Tiket Masuk 

Untuk menikmati beragam atraksi wisata tersebut, Anda perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 20 ribu. Sementara, harga tiket masuk anak-anak dibanderol sekitar Rp. 12 ribu. Bagaimana, sudah siap mengeksplorasi Gedung Oval dan Kotak?

Baca Ini Juga  10 Spot Keren di Raja Ampat untuk Inspirasi Liburan Akhir Tahun 

Planetarium

planetarium
source: tamanpintar.co.id

Wahana lainnya yang menarik untuk dijelajahi saat berada di Taman Pintar Jogja adalah Planetarium. Wahana ini memiliki proyektor digital yang berfungsi untuk memperagakan benda-benda langit, seperti planet, satelit, bintang dan lain sebagainya. 

Di setiap pertunjukkan menampilkan simulasi langit kota Yogyakarta pada malam hari lengkap dengan berbagai macam benda angkasa dan susunan bintang. 

Kemudian, pertunjukkan diteruskan dengan pemutaran film yang mengusung tema perjalanan manusia di bulan. Selama menikmati pertunjukkan, Anda bisa bersandar pada kursi yang telah disediakan. Kursi tersebut dapat direntangkan sehingga menawarkan posisi nyaman selama pertunjukkan berlangsung.

Harga Tiket Masuk 

Untuk mengeksplorasi wahana Planetarium, maka anak-anak dan orang dewasa dikenai biaya sekitar Rp. 22 ribu per orang.

PAUD Barat dan Timur

paud barat di Taman Pintar Jogja
source: tamanpintar.co.id

Selanjutnya ada wahana PAUD Barat dan PAUD Timur. Seperti namanya, PAUD Barat terletak di sebelah Barat, sementara PAUD Timur berlokasi di sebelah Timur. Wahana ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 3 – 7 tahun. 

Disini, anak-anak bisa menemukan alat peraga interaktif yang membantu mereka mempelajari ilmu sains dan teknologi. Konsepnya adalah belajar sambil bermain. Jadi, anak tidak bosan selama berada disini. 

Mengutip situs Taman Pintar Yogyakarta, PAUD Barat menyediakan ruang bermain lego, sains dan teknologi, ruang bermain profesi, komputer kids dan perpustakaan. Sementara, PAUD Timur menyuguhkan ruang flora dan fauna, ruang olahraga, ruang bermain alat musik, panggung pertunjukkan dan ruang laktasi.  

Baca Ini Juga  Daftar Harga Sewa Bus Pariwisata di Surabaya Terbaru

Harga Tiket Masuk 

Jika tertarik untuk mengajak anak bereksplorasi di wahana PAUD Barat dan Timur maka Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp. 3 ribu. 

Itulah beberapa wahana yang tersedia di Taman Pintar Jogja lengkap dengan aktivitas yang bisa dilakukan didalamnya. Rupanya, tempat ini menawarkan banyak wahana seru dan menyenangkan ya. Itu belum seluruhnya lho, masih ada wahana Bahari dan Lalu Lintas yang tidak dibahas disini. Tenang, Hargabelanja.com sudah siapkan pembahasannya disini. 

Taman Pintar Jogja juga dilengkapi dengan Masjid, Taman Air Menari, kios buku dan food court yang membuatnya kian komplit. Yuk, ajak keluarga berwisata ke Taman Pintar Jogja!

Gambar Gravatar
A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.