by

echa

Tips membeli rumah.| Unsplash.com
Tips membeli rumah.| Unsplash.com

Harga Belanja- Memutuskan untuk membeli rumah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, kamu perlu mencari tahu berbagai hal penting terlebih dahulu agar tidak salah memilih.  Selain itu, kamu pun harus mempertimbangkan cara merawat rumah yang kamu beli. Salah satu cara mudah yang kerap dipilih oleh banyak orang adalah dengan menggunakan jasa agen properti. Namun, tentu saja jika memilih opsi tersebut, kamu perlu mengeluarkan kocek lebih dalam.

Umumnya, setiap tahun harga rumah akan mengalami kenaikan. Jadi, penting untuk mempersiapkan budget dengan matang dan memahami apa saja kebutuhanmu, apakah akan membeli sebuah rumah KPR, rumah bekas, atau membangunnya dari awal. Sebaiknya, pikirkan dengan matang terlebih dahulu dan jangan terburu-buru.

Tips Membeli Rumah agar Tidak Salah Pilih

Tips membeli rumah.| Unsplash.com
Tips membeli rumah.| Unsplash.com

Bagi kamu yang baru saja memulai kehidupan berumah tangga, mungkin akan mengalami kebingungan saat hendak memilih rumah yang tepat. Ada banyak developer yang menyediakan berbagai jenis rumah beserta harga yang kompetitif. Agar tidak penasaran, berikut beberapa tips membeli rumah yang patut disimak supaya tidak sampai salah pilih.

1.     Perhatikan kebutuhan keluarga

Yang pertama dan paling utama adalah, menentukan terlebih dahulu kebutuhan keluargamu. Coba lihat pengeluaran dan pendapatan yang kamu miliki, apakah akan membelinya secara kontan atau dengan kredit. Setelah itu, bicarakan beberapa hal dengan anggota keluargamu seperti, terkait jumlah kamar, kemungkinan renovasi masa depan, taman, hingga perlukan sebuah garasi.

Jika kamu telah menentukan jawaban terbaik hasil diskusi, makna pemilihan rumah cenderung akan terasa lebih mudah. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, kamu bisa menyortir dan mempertimbangkan dalam memilih hunian yang paling cocok dan membuat anggota keluarga merasa lebih nyaman tinggal.

2.     Tentukan lokasi yang sesuai

Lokasi menjadi faktor penting karena berkaitan langsung dengan akses dan harga rumah. Rumah yang ada di pusat kota tentu saja memiliki harga yang lebih mahal, tapi aksesnya sangat mudah dijangkau. Jika kamu menyukai lokasi yang strategis, maka pilih rumah yang dekat dengan akses jalan, tempat kerja, sekolah, pasar atau tempat belanja kebutuhan pokok, dan fasilitas kesehatan.

Sementara, untuk rumah yang berada di pinggiran kota cenderung lebih murah, tapi aksesnya lebih terbatas. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memilih rumah pinggiran kota yang dilalui oleh kendaraan umum. Misalnya, membeli rumah yang dekat dengan terminal, halte bus, atau stasiun. Sehingga akan memudahkanmu untuk melakukan berbagai aktivitas.

3.     Perhatikan lingkungan sekitar rumah

Memperhatikan lingkungan sekitar seringkali diabaikan oleh beberapa orang saat hendak membeli rumah. Padahal, untuk bisa tinggal lebih aman dan nyaman, lingkungan yang baik sangat penting untuk dijadikan pertimbangan. Terlebih lagi jika kamu tinggal di daerah perkotaan, pastikan bahwa lingkungannya bebas banjir dan masuk dalam kawasan sehat dengan berbagai pepohonan.

Baca Ini Juga  Harga Kasur Lipat Florence Murah Berkualitas

Sehingga, saat musim hujan tiba kamu tidak perlu khawatir dan kerepotan menyelamatkan barang-barang atau pergi mengungsi. Lalu, pastikan juga kawasan tersebut memiliki banyak pohon yang tumbuh agar tidak terlalu panas. Selain itu, pastikan juga daerah tersebut aman dari kasus pencurian, tawuran, dan hal-hal yang membahayakan lainnya.

4.     Perhatikan fasilitas dan spesifikasi

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan saat membeli rumah adalah, perhatikan fasilitas pendukungnya. Kamu harus tahu bahwa, rumah yang nyaman yakni yang dekat dengan berbagai fasilitas amenitas seperti, supermarket, ATM, dan rumah sakit. Akan lebih bagus lagi jika kawasan rumahmu dekat dengan taman terbuka, mal, dan tempat hiburan lainnya.

Selain itu, jangan sampai kamu mengabaikan spesifikasi rumah, karena ini adalah faktor krusial. Rumah dengan material dinding batu bata akan lebih kokoh dibandingkan dengan batako. Lalu, lantai yang menggunakan pelat beton akan lebih awet dibandingkan hanya disemen atau kramik biasa. Terakhir, rangka atap baja ringan lebih baik dibanding kuda-kuda kayu.

5.     Pilih rumah dengan harga yang sepadan

Terakhir, masalah harga yang ditetapkan. Saat membeli rumah bekas atau baru sekali pun, melakukan survey adalah hal yang wajib dilakukan sebelum mengambil keputusan. Datangi beberapa lokasi dan bandingkan antara satu rumah dengan yang lainnya. sehingga, kamu bisa memilih rumah yang paling sesuai dengan keinginan dan budget yang telah dipersiapkan.

Selain mempertimbangkan harga, memilih skema pembayaran juga jangan sampai luput dari perhatian, terlebih jika kamu ingin mengambil KPR. Karena, saat membeli rumah dengan KPR, maka harga total yang harus dibayarkan akan melambung tinggi jika dibandingkan dengan membayar tunai.

Tipe-Tipe Rumah yang Perlu Diketahui

Saat hendak membeli rumah atau menjual rumah, hal lain yang jangan sampai dilewatkan adalah menentukan tipe rumah yang akan dipilih. Dengan mengenal tipe-tipe rumah juga turut membantu kamu dalam menyesuaikan dengan keinginan dan kondisi finansial. Berikut ini informasi mengenai macam-macam tipe rumah yang wajib diketahui.

1.     Tipe rumah 21

Tipe rumah 21 sangat cocok dipilih bagi kamu yang baru memulai kehidupan berumah tangga. Karena, rumah ini berukuran tidak terlalu besar, hanya 21 meter persegi. Biasanya, tipe ini memiliki satu kamar tidur, ruang keluarga yang memiliki akses langsung ke dapur, dan satu kamar mandi. Namun, ada juga beberapa rumah yang dilengkapi dengan taman kecil.

Baca Ini Juga  Harga Sofa Bed Inoac Murah Berkualitas

Selain itu, kebanyakan tipe rumah ini juga telah dilengkapi dengan carport untuk kendaranmu. Adapun, untuk kisaran harga, rumah ini dibanderol sebesar Rp. 60 hingga Rp. 300 juta. Variasi harga tersebut dipengaruhi oleh faktor lokasi dan lingkungan sekitar rumah.

2.     Tipe rumah 36

Selanjutnya, jika kamu sudah memiliki anak dan ingin pindah ke rumah yang lebih luas dan tetap minimalis, maka tipe 36 bisa dijadikan pertimbangan. Dengan luas lahan 36 meter persegi, rumah ini memiliki dimensi ruang tamu dan ruang kerja yang lebih luas jika dibandingkan tipe sebelumnya.

Untuk kamar tidurnya, rumah ini memiliki 2 kamar, satu kamar tidur utama dan untuk anak. Namun, terkadang ada juga beberapa rumah yang hanya memiliki satu kamar tidur. Jadi, kamu perlu memastikannya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3.     Tipe rumah 45

Berikutnya, ada tipe 45 yang jadi incaran banyak orang saat hendak membeli rumah. Hal tersebut disebabkan karena, rumah ini termasuk tipe yang ideal dipilih oleh pasangan yang telah memiliki anak. Umumnya, tipe rumah 45 telah dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu ruang tamu, ruang keluarga, dapur, serta tambahan teras dan taman belakang rumah.

4.     Tipe 54

Tipe rumah 54 cocok dipilih untuk kamu yang memiliki lebih dari dua anak. Pasalnya, rumah ini memiliki luas 54 meter persegi dengan kamar tidur berjumlah dua hingga tiga. Selain itu, rumah ini biasanya hadir dengan dua lantai yang memiliki ruang tamu, ruang keluarga, dapur, serta halaman yang terbuka luas.

5.     Tipe 60

Kemudian, jika kamu ingin rumah yang lapang dan nyaman, maka tipe 60 patut dijadikan pertimbangan. Biasanya, tipe ini sangat ideal untuk direnovasi menjadi dua lantai. Ketika membeli rumah tipe 60, kamu akan mendapatkan tiga kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga taman.

6.     Tipe 70

Rumah tipe 70 dibangun untuk segmen menengah ke atas. Untuk dimensinya yaitu, 7 x 10 meter, 5 x 14 meter, atau 6 x 12 meter. Umumnya, rumah tipe ini dibangun menjadi dua lantai. Adapun untuk ruangannya yakni, memiliki tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, taman depan dan belakang, juga carport.

7.     Tipe-tipe 120

Terakhir, ada tipe rumah 120 yang biasanya berada di kawasan elit untuk masyarakat menengah ke atas. Rumah berukuran 120 meter persegi ini biasanya berada di atas lahan seluas 150 meter persegi. Selain memiliki ruangan-ruangan inti, biasanya tipe rumah ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, gazebo, hingga garasi mobil yang luas.

Baca Ini Juga  Harga Alderon Per Meter Berapa?

Macam-Macam Harga Rumah untuk Kawasan Jabodetabek

Keterbatasan lahan yang ada di suatu kota seakan terus mendorong harga rumah. Bahkan, harga yang ditawarkan mengalami peningkatan melebihi pendapatan per kapita masyarakat Indonesia. sehingga, tidak heran banyak orang yang memilih mengajukan kredit dan memilih hunian yang minimalis. Berikut ini kisaran harga rumah berbagai tipe di kawasan Jabodetabek.

1.     Kisaran harga rumah tipe 36

Pertama, untuk kisaran harga rumah dengan luas 36 meter persegi. Di kawasan Tangerang, rumah tipe ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 262 juta. Sementara di Depok, cenderung lebih tinggi yakni di kisaran, Rp. 300 jutaan, dan untuk kawasan Bogor ada di angka Rp. 400 jutaan. Harga tersebut, bisa saja berbeda menyesuaikan dengan lingkungan dan lokasi perumahan.

2.     Kisaran harga rumah tipe 45

Selanjutnya, untuk tipe 45 pastinya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Bagi kamu yang tinggal di daerah Bekasi, bisa membeli rumah ini dengan kisaran harga Rp. 500 jutaan. Sedangkan, untuk kawasan Jakarta Selatan, rumah tipe 45 dibanderol dengan harga sekitar Rp. 800 jutaan, mengingat lokasinya yang strategis dan ada di pusat kota.

3.     Kisaran harga rumah tipe 54

Kemudian, jika kamu ingin tinggal di rumah tipe 54 dengan harga yang terjangkau, maka Tangerang  bisa dijadikan sebagai pertimbangan ketika hendak membeli rumah. Ada beberapa perumahan yang menawarkan harga mulai dari Rp. 500 jutaan untuk tipe rumah tersebut.

4.     Kisaran harga rumah tipe 70

Bagi kamu yang ingin tinggal di rumah tipe 70, kawasan Cinere bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Sebab, harga yang ditawarkan cenderung cukup terjangkau, yakni berada di angka Rp. 799 juta. Sedangkan, untuk kawasan Ciputat, harga rumah tipe 70 dibanderol dengan harga Rp. 900 jutaan.

5.     Kisaran harga rumah tipe 120

Terakhir, untuk tipe rumah 120 umumnya dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan, tipe ini diklasifikasikan dalam rumah mewah. Sehingga, kisaran harga yang ditetapkannya adalah diatas Rp. 1 milyar, tergantung dari lokasi dan fasilitas rumah yang dipilih.

Itulah berbagai informasi seputar tips membeli rumah, tipe-tipe rumah, hingga informasi seputar kisaran harga rumah. Dengan mengetahui berbagai hal mendasar seperti yang dijelaskan di atas, kamu bisa mendapatkan gambaran umum sebelum memutuskan untuk membeli sebuah hunian bagi keluarga. Kamu pun dapat berkunjung ke rekomendasi.co untuk mendapatkan infromasi menarik lainnya.

Bagikan: