untung rugi bisnis online

5 Untung Rugi Bisnis Online yang Harus Diketahui

Diposting pada

Apakah Anda sedang merencanakan sebuah bisnis online ? Sebelum memulainya, ada baiknya untuk mengetahui untung rugi bisnis online terlebih dahulu. Banyak orang menganggap bisnis online adalah salah satu cara untuk menghindari kerugian dalam berbisnis. Tapi pada kenyataannya, tetap ada potensi untuk mengalami kerugian juga jika tidak mempersiapkan dan menjalankan bisnis online dengan baik.

Konsep bisnis online memang menarik, karena tidak mengharuskan penjual dan pembeli untuk saling bertemu. Selain itu, bisnis online juga lebih efisien dalam hal pemasaran, produksi dan operasional. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis online, sehingga bisa menyesuaikan bisnis dengan baik.

untung rugi bisnis online

5 Untung Rugi Bisnis Online yang Harus Diketahui Pengusaha

Untung rugi bisnis online perlu Anda perhatikan dengan baik, agar nantinya bisa memanfaatkan segala hal untuk memastikan bisnis berjalan sesuai rencana.

Keuntungan

Kemudahan Untuk Memilai

Dibandingkan dengan bisnis offline, Anda akan lebih mudah dalam memulai bisnis online. Anda tidak harus memiliki kios atau kantor yang besar untuk memulai sebuah bisnis online. Bahkan, jenis bisnis ini bisa dimulai dari sepetak kamar saja. Dengan hal ini, siapa saja yang memiliki ide bisa untuk memiliki sebuah bisnis. Konsep bisnis online memang sangat menarik dan tentunya potensial.

Baca Ini Juga  5 Manfaat Aplikasi Pencatatan Keuangan Bisnis Bagi Usaha Anda

Jangkauan Pasar Luas

Berbeda dengan bisnis offline yang jangkauan pasarnya hanya berpusat di daerah saja. Bisnis online memiliki jangkauan pasar yang luas, bukan hanya di Indonesia saja, bahkan bisa sampai dunia. Hal ini karena adanya teknologi internet, sehingga bisnis Anda bisa dikenal oleh lebih banyak orang.

Anda bisa memanfaatkan beberapa media untuk promosi dan menjangkau pasar yang luas. Seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads dan sebagainya.

Modal Minim

Keuntungan lain dari bisnis online ini yakni tidak membutuhkan modal yang besar. Berkaitan dengan modal ini memang relatif, jika bisnis yang Anda kembangkan masih berskala kecil, tentu modalnya tidak besar. Modal yang minim ini karena Anda tidak membutuhkan anggaran untuk menyewa kios, membayar karyawan yang banyak dan perizinan-perizinan yang membutuhkan biaya.

Kerugian

Persaingan yang Ketat

Meskipun bisnis online memiliki jangkauan pasar yang luas, namun persaingannya juga begitu ketat. Apalagi jika produk Anda banyak yang menyerupai, ini menjadi salah satu kelemahan bisnis online. Mungkin nantinya Anda akan kesulitan ketika bersaing dengan pebisnis yang memiliki modal banyak.

Baca Ini Juga  6 Ide Bisnis Rumahan yang Menghasilkan 10 Juta Perbulan

Dalam sebuah bisnis online, modal memang berperan penting. Khususnya untuk melakukan promosi dan mengasai pasar. Pebisnis yang memiliki modal besar khususnya untuk promosi, akan lebih mudah memenangkan pasar.

Sulit Membangun Kepercayaan Konsumen

Jika bisnis Anda masih terbilang baru, akan kesulitan untuk membangun kepercayaan konsumen. Berbeda dengan bisnis offline yang memiliki wujud kios atau rukonya. Sehingga konsumen akan lebih mudah untuk percaya. Untuk membangun kepercayaan bisnis online bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Pertama, bisa dengan membangun website yang profesional. Kemudian melakukan endorse ke artis-artis terkenal dan sebagainya.

Bergantung Dengan Internet

Tidak bisa dipungkiri, bahwa bisnis online memang sangat bergantung dengan internet. Anda bisa menjalankan operasional bisnis ketika ada koneksi internet saja. Pada saat koneksi internet mengalami masalah, Anda sama sekali tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik.

Bagaimana, apakah Anda masih tertarik untuk menjalankan bisnis online ? Jika Anda masih bingung, bisa belajar terlebih dahulu melalui tempat belajar bisnis online gratis.