cara membuat agar agar santan berlapis

Cara Membuat Agar Agar Santan Berlapis untuk Jualan

Diposting pada

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja! Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat agar-agar santan berlapis untuk jualan.

Agar-agar berlapis yang terbuat dari santan (untuk lapisan putih) dan gula aren (untuk lapisan coklat).

Jellynya menggunakan bubuk agar-agar swallow, tapi bisa juga menggunakan konyaku jelly nutrijel jika suka. Santan yang digunakan dalam pembuatan jeli kelapa ini adalah cairan putih ​​​​yang diekstrak dari daging putih kelapa.

Prosesnya dimulai dengan memasak bubuk agar-agar dengan air. Larutan agar-agar tersebut kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Santan kental dan gula putih ditambahkan pada satu bagian larutan sedangkan sirup gula aren ditambahkan pada bagian lainnya.

Kedua bagian tersebut kemudian dituang berlapis-lapis, secara bergantian, untuk membuat lapisan-lapisan cantik di dalam agar-agar kelapa. Proses ini dapat memakan waktu lama karena kamu harus menunggu setiap lapisan jeli mengeras sebelum menuangkan lapisan berikutnya.

Jika kamu buru-buru, kamu bisa membuat agar-agar ini menjadi 2 lapisan sederhana saja- lapisan pertama agar-agar santan (lapisan putih) dan lapisan kedua agar-agar gula aren. Agar-agar akan tetap terasa enak dan tetap terlihat cantik.

Baca Ini Juga  Impor Produk Obat dari China

Cara Membuat Agar Agar Santan Berlapis

Bahan untuk membuat:

  • Bubuk jelly (agar agar).
  • gula putih
  • gula Aren
  • Santan kental
  • Air
  • Daun pandan (opsional)

Langkah membuat larutan gula aren:

  1. Pertama tama potong gula aren (sisir) menjadi potongan kecil agar mudah larut. Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya, parut dengan parutan keju. Lalu tempatkan dalam panci atau panci kecil.
  2. Kemudian tambahkan air ke dalam panci. Tambahkan daun pandan jika kamu menggunakannya.
  3. Setelah itu masak dengan api sedang sampai gula benar-benar larut. Aduk gula agar lebih cepat larut.
  4. Lalu saring untuk menghilangkan residu dan daun pandan. Sisihkan.

Cara membuat larutan agar-agar:

  1. Pertama-tama siapkan panci berukuran sedang, lalu tambahkan air. Taburkan bubuk agar-agar (agar-agar powder) di atas air.
  2. Kemudian panaskan larutan di atas api sedang. Lalu aduk untuk melarutkan bubuk agar-agar. Ini akan memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.
  3. Untuk menguji apakah jeli benar-benar larut, ambil sendok dan tunggu sampai semua gelembung mereda. Jika larutan bening (tidak buram), jeli sudah larut dan larutan agar-agar siap untuk tahap selanjutnya.
  4. Saring jeli untuk menghilangkan gumpalan jeli yang tidak larut (opsional). Ini adalah langkah opsional, jadi kamu dapat melewati langkah ini jika yakin tidak ada gumpalan jeli dalam larutan agar-agar yang telah dimasak.
  5. Kemudian bagi larutan agar-agar yang sudah disaring menjadi 2 wadah. Lalu campurkan santan dan gula putih ke dalam wadah pertama. Panaskan dengan api kecil dan aduk sampai gula larut semua. Jika kamu tidak merasakan butiran di bagian bawah panci saat mengaduk, berarti gula sudah larut dan kamu dapat berhenti mengaduk. Matikan api, tutup dan sisihkan.
  6. Di bagian jeli kedua, tambahkan sirup gula aren. Panaskan larutan dan aduk hingga tercampur rata. Matikan api dan tutup panci.
Baca Ini Juga  Prediksi Harga Kadena (KDA) Terbaru 2021-2025

Cara membentuk lapisan agar-agar santan:

  1. Pertama sendok lapisan pertama larutan agar-agar santan ke dalam cetakan yang sudah kamu siapkan. Dinginkan agar siap ke tahap selanjutnya.
  2. Keluarkan dari lemari es dan sendok perlahan lapisan kedua, kali ini larutan jeli gula aren. Dinginkan agar siap ke tahap selanjutnya.
  3. Ulangi proses tersebut hingga larutan jeli habis.
  4. Jika ada sisa yang tidak cukup untuk pelapisan penuh, kamu dapat menggabungkan larutan santan dan agar-agar gula aren menjadi satu.
  5. Tuang mereka sebagai lapisan terakhir untuk agar-agar kamu.
  6. Hapus semua gelembung yang kamu lihat di permukaan dengan sendok. Letakkan cetakan agar-agar ke lemari es agar benar-benar dingin setidaknya selama 2 jam sebelum disajikan.

Nah itulah tadi pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat agar-agar santan berlapis untuk jualan. Agar-agar ini dapat kamu jual dengan mengemasnya dengan menggunakan plastik yang dilipat atau menjualnya dalam keadaan masih utuh.

Biasanya agar-agar santan berlapis ini tersajikan dalam acara seperti hari raya atau kumpulan arisan. Resep agar-agar ini adalah cara terbaik untuk membuat agar-agar berlapis yang indah. Selamat mencoba.

Baca Ini Juga  Aplikasi Cari Jodoh Luar Negeri Terbaik yang Banyak Penggunanya

Baca Ini Juga:

Cara Membuat Selai Nanas yang Enak dan Tahan Lama untuk Jualan

5 Resep Cara Membuat Ceker Mercon Simpel untuk Jualan