cara membuat selai nanas yang enak dan tahan lama icon

Cara Membuat Selai Nanas yang Enak dan Tahan Lama untuk Jualan

Diposting pada

Hargabelanja.com – Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat selai nanas yang enak dan tahan lama untuk jualan.

Bagi sebagian orang, selai buah merupakan salah satu bahan penting di rumah mereka. Selai buah bisa disajikan dengan roti tawar untuk sarapan pagi. Selain itu, selai nanas juga bisa dijadikan isian nastar dan roti lainnya.

Seperti namanya, selai nanas dibuat dengan cara menghancurkan nanas lalu memasaknya dengan gula. Buah nanas memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin B1 dan vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selai nanas tidak hanya bergizi, tetapi juga membuat kamu merasa kenyang saat digunakan sebagai olesan atau isian roti. Perpaduan manis gula dengan asam dari nanas memberikan cita rasa tersendiri. Jika kamu berminat untuk menjadikan selai nanas sebagai bisnis rumahan, maka ikuti artikel ini hingga akhir ya.

Ini karena selai nanas yang tersedia secara komersial sering kali ditambahkan pemanis dan pengawet buatan untuk mengawetkannya dalam waktu lama. Saat membuat selai nanas sendiri, kamu bisa mengontrol bahan yang digunakan. Siapkan selai nanas yang manis alami dan tahan lama dengan mudah.

Baca Ini Juga  20+ Peluang Usaha Paling Menguntungkan 2022

Cara Membuat Selai Nanas yang Enak dan Tahan Lama

Bahan:

  • 2 kg nanas besar, cuci bersih, lalu blender dagingnya
  • 1/2 KG gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 batang kayu manis seukuran jari
  • 4 lembar daun pandan
  • Cara membuat:

Cara membuat:

  1. Pertama-tama kupas dan cuci bersih nanas.
  2. Setelah itu potong-potong nanas untuk mempermudah saat proses pemblenderan. Jangan buang batang tengah nanas yang terasa kurang manis itu. Karena inti batang ini akan membuat selai nanas kamu bertekstur.
  3. Lalu siapkan wajan, masukkan nanas yang sudah di blender ke dalamnya. Lalu tambahkan kayu manis dan daun pandan. Aduk rata hingga air menyusut.
  4. Kemudian beri tambahan gula dan garam. Aduk lagi hingga menyusut dan selai sudah mulai mengental.
  5. Selai nanas siap di sajikan atau di kemas.

Cara Pengemasan Selai Nanas Agar Tahan Lama

Botol yang akan kamu gunakan untuk mengemas selai harus seteril, caranya dengan di oven atau di rebus terlebih dahulu. Cara memegang botol dan tutupnya: jangan menyentuh mulut botol atau bagian dalam tutup botol. Tangan kemungkinan terkontaminasi kuman dan bakteri. Kamu juga harus menggunakan masker dan tidak boleh berbicara selama proses pembotolan selai.

Baca Ini Juga  Bisa Kerjakan Contoh Soal GLBB Ini?

botol kaca selai nanas

Sumber: tokopedia.com

Nah untuk botolnya kamu dapat mengguankan botol seperti gambar yang di atas. Botol tersebut di jual murah di market place antara 300 hingga 1000 rupiah tergantung ukuran dan jenis botol. Untuk gambar botol di atas sendiri berharga 300 rupiah, ini murah karena terbuat dari kaca dan tutup botolnya logam sehingga kamu dapat dengan mudah mensterilkannya dengan oven atau uap.

Selain itu kamu juga menaruh stiker yang menarik pada botol tersebut untuk membrandingkan usaha kamu.

Nah sekian pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat selai nanas yang enak dan tahan lama untuk jualan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat selai nanas yang enak dan tahan lama ya. Terimakasih telah berkunjung dan semoga sehat selalu.

Baca Ini Juga:

Cara Membuat Karamel Anti Gagal dan Tidak Pahit

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Cabe Rawit untuk Jualan