cara membuat bubur ayam untuk jualan
bubur ayam. chicken porridge with soup. indonesian culinary

Cara Membuat Bubur Ayam untuk Jualan Dijamin Laris!

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini harga belanja akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat bubur ayam yang enak untuk jualan.

Bubur ayam adalah makanan yang memenangkan hati bagi sebagian besar orang Indonesia, apalagi sebagai pilihan untuk sarapan. Namun belakangan, ada dua kubu penikmat bubur ayam, ada kaum yang diaduk dan ada pula kaum bubur tidak diaduk. Tapi terlepas dari itu menurut kami bubur ayam tetap saja enak jika kamu membuatnya dengan menggunakan resep ini.

Jika kamu memustukan untuk memulai usaha bubur ayam, kamu wajib menggunakan resep ini. Karena rasa yang akan dihasilkan dari bubur ayam yang menggunakan resep ini sempurna.

Cara Membuat Bubur Ayam

Mengambil analogi dari dunia musik, bubur ayam layaknya sebuah orkestra, dan bukan satu kesatuan. Artinya bubur ayam tidak melulu soal bubur. Ini juga tentang ayam yang direbus dalam kaldu berbumbu, lalu digoreng ringan dan kemudian disuwir. Kaldu gurih yang disaring, dan disajikan bersama dengan bubur. Dan tentu saja, jangan lupakan banyak topping yang menyertai bubur.

Toping yang harus kamu sajikan bersama bubur ayam antara lain:

  • Cakwe (potong tipis-tipis).
  • Kerupuk udang, atau kerupuk bawang
  • Kacang goreng
  • Cincangan daun bawang segar dan daun ketumbar
  • Bawang goreng (bahasa Indonesia: bawang goreng)
  • Sambal
  • Telur rebus
  • Kecap manis.

Jika kamu tidak dapat membuat satu set sisi yang lengkap, kami sangat merekomendasikan untuk setidaknya memiliki cakwe, beberapa daun bawang segar dan daun ketumbar yang disajikan bersama dengan bubur, ayam goreng, dan kaldu ayam.

Bubur Putih

Bahan untuk membuat bubur:

  • 1 canting beras
  • 2 lembardaun salam
  • 7 cangkir kaldu ayam (atau air biasa)
  • 1/2 sendok teh garam, atau secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Pertama tama cuci dan tiriskan beras
  2. Kalu masukkan beras ke dalam panci bersama daun salam, kaldu ayam, dan garam.
  3. Lalu didihkan, lalu kecilkan api, tutup, dan masak sampai empuk dan mengental menjadi bubur.
  4. Perhatikan takaran air, jika kamu meras kurang air tinggal tambahkan dengan air. Atur hingga sesuai dengan selera tingkat kekentalannya.
Baca Ini Juga  Persyaratan CPNS Wajib Untuk Anda Siapkan

Baca Juga:

Cara Membuat Bubur Ayam untuk Jualan

Cara Membuat Buket Snack

Kuah Kaldu Bubur Ayam

Bahan untuk kuah kaldu:

  • 1 batang sereh, memarkan dan diikat
  • 2 lembar daun jeruk robek ujungnya
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas memarkan
  • sepasang dada ayam (tanpa kulit tanpa tulang, atau dengan tulang dan kulit utuh)
  • 4 cangkir air
  • 1 sdt garam, atau sesuai selera
  • 1/2 sendok teh merica bubuk, atau sesuai selera
  • 1/2 sdt gula pasir, atau sesuai selera

Bumbu halus:

  • Bawang putih – 2 siung
  • Bawang merah – 5 butir
  • Kemiri – 2 butir
  • Kunyit – 1 cm
  • Jahe – 1/2 cm
  • Ketumbar – 1/4 sdt

Cara membuat kuah kaldu ayam:

  1. Pertama-tama panaskan 2 sendok makan minyak makan dalam panci sup di atas api sedang. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk purut, daun salam, dan lengkuas hingga harum.
  2. Tambahkan dada ayam dan masak sampai kedua sisi tidak lagi berwarna merah muda. Kemudian masukkan air, kaldu ayam, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Didihkan.
  3. Kecilkan api hingga mendidih, tutup panci, dan masak selama sekitar 20-30 menit, atau sampai ayam diresapi dengan kaldu yang dibumbui.
  4. Angkat dada ayam yang sudah dimasak dari kaldu dan sisihkan sampai cukup kering.
  5. Saring kaldu untuk disajikan bersama bubur.

Suwiran Ayam Goreng

Suwiran ayam goreng dibuat dengan menggoreng kembali dada ayam yang telah direbus dalam kuah kaldu sebelumnya. Setelah dada ayam digoreng suwir-suwir daging ayam sebagai toping bubur.

Saran Penyajian Bubur Ayam

  1. Pertama-tama tuangkan bubur putih ke dalam mangkok secukupnya.
  2. Lalu ambahkan kuah kaldu ayam.
  3. Sertakan toping suwiran daging ayam goreng dan bahan pelengkap lainnya.
  4. Jangan lupa berikan potongan daun seledri dan bawang goreng.

Tips Sukses Berbisnis Bubur Ayam

Masing-masing pelaku bisnis memang memliki resep rahasianya tersendiri, namun ada beberapa pola khusus yang dapat kamu terapkan jika kamu baru mau memulai bisnis. Dan berbicara tentang bisnis bubur ayam, memang terlihat sederhan. Tapi jangan salah jika kamu memiliki sistem yang baik, bukan tidak mungkin kamu bisa memiliki hingga puluhan cabang bahkan ratusan cabang.

Nah berikut ini adalah beberapa tips dari hargabelanja.com untuk memulai bisnis bubur ayam:

1. Hitung rincian modal awal

Memulai bisnis bubur ayam memang tidak perlu modal yang banyak. Namun kamu perlu merinci segala keperluan yang ada. Mulai dari peralatan memasak, bahan baku hingga sewa tempat dan pengadaan booth atau geribak.

Dengan mencatat secara rinci kamu akan mempermudah untuk langkah yang selanjutnya.

2. Tentukan target market

Kamu perlu mempelajari perilaku konsumen yang akan menjadi target market kamu. Apakah mereka tinggal di perumahan dengan gaya hidup elit atau kelas menengah atau masyarakat dengan biaya hidup pas-pasan. Dengan begini kamu akan lebih mudah untuk menentukan harga jual yang sesuai.

Jangan memaksakan rate harga tertentu pada konsumen yang tidak tepat. Contohnya saja kamu memasang tarif yang agak mahal kepada masyarakat dengan ekonomi pas-pasan, jelas ini adalah kesalahan yang besar. Dan juga, jika kamu terlalu memberikan harga yang murah kepada kalangan elite, tentu mereka akan meragukan kualitas dari bubur ayam kamu. Jadi, kamu harus bisa mempelajari target market kamu sebelum pergi ke langkah yang berikutnya.

3. Tentukan margin yang sesuai

Margin adalah selisih biaya produksi dengan harga jual. Jangan salah, margin bukan keuntungan, masih ada tenaga yang harus kamu pertimbangkan. Misalnya kamu hanya mengambil margin sebesar 20% dari biaya produksi yang kamu hitung dari bahan baku, bahan bakar, dan biaya listrik. Tapi kamu lupa untuk memasukkan variabel tenaga dan waktu kamu dalam angka tersebut.

Kamu harus bisa menentukan margin yang sesuai, tetapi jangan terlalu tinggi juga. Nah inilah seni dalam berbisnis, kamu harus belajar.

4. Tentukan tempat dan lokasi

Setelah kamu memahami dari 3 tips di atas langkah selanjutnya adalah menentukan tempat dan lokasi yang sesuai dengan bisnis kamu.

Apakah kamu memerlukan tempat yang bagus atau hanya berupa gerobak/booth? Biasanya bubur ayam dijual dengan menggunakan gerobak. Tapi tidak menutup kemungkinan jika kamu mau menjual bubur ayam dengan tempat yang lebih proper.

5. Promosikan bubur ayam buatanmu

Jangan ragu untuk melakukan promosi, jika kamu ingin cepat mencapai tujuan bisnis. Go online juga adalah pilihan yang tepat, karena dengan menggunakan sosial media kamu bisa mempromosikan bubur kamu secara gratis.

6. Konsisten

Pecayalah pada proses, kamu harus tahan terhadap segala macam godaan, tantangan dan rintangan yang mungkin akan muncul ketika kamu memulai usaha ini. Suka duka dijalanin.

7. Belajar dari orang yang sukses

Cobalah untuk berkunjung kepada orang-orang yang telah terlebih dahulu sukses dalam bidang ini.Tentu kamu tidak akan mendapatkan insight dari tukang bubur dekat rumah kamu, karena mereka akan berpikir untuk tidak mengajari saingan mereka.

Cobalah untuk mencari orang atau bahkan mungkin kenalan kamu yang sudah sukses berjualan bubur di luar kota.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat bubur ayam untuk jualan dan tips suskesnya. Terimakasih telah berkunjung dan semoga sukses.