Cara Membuat Jamur Crispy untuk Jualan, dan Analisa Usahanya

Cara Membuat Jamur Crispy untuk Jualan, dan Analisa Usahanya

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentan bagaimana cara membuat jamur crispy untuk jualan yang kriuk dan gak gampang lembek.

Di Indonesia, jamur krispi biasanya terbuat dari jamur tiram. Jamur ini dipilih karena memiliki tekstur yang mirip daging ayam dan rasanya yang enak. Selain itu, harga dari jamur ini relatif lebih murah. Sehingga, jamur crispy ini lebih terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat.

Resep jamur crispy yang akan kami bagkan ini akan terasa enak, kriuk dan tidak gampang lembek. Kunci agar jamur krispi buatan kamu tidak lembek adalah dengan menambahkan tepung maizena dan jangan menggunakan telur untuk pengembang.

Cara Membuat Jamur Crispy untuk Jualan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah jamur tiram yang masih fresh. Jamur tiram yang masih fresh adalah jika dicuci jamur tiram akan lembek dan jika diperas bisa mekar kembali.

Bahan-bahan Jamur Crispy:

  • 500 gr jamur tiram yang masih fresh
  • 150 gr tepung terigu
  • 30 gr tepung maizena maizena
  • 1 sdt lada hitam bubuk
  • garam seukupnya
  • kaldu ayam instan secukupnya
  • bawang putih bubuk secukupnya
  • 2 siung bawang putih

Cara Membuat Jamur Crispy:

  • Pertama-tama cuci jamur yg masih fresh, kemudian suwir jamur tiram yang sudah bersih sesuai selera.
  • Setelah itu siapkan mangkok, masukkan tepung terigu, maizena, merica bubuk, garam, kaldu, dan bawang putih bubuk hingga tercampur rata. Campuran ini masih dalam keadaan kering. (adonan kering)
  • Kemudian ambil mangkuk kecil, uleg bawang putih sampai halus, dan campurkan 2 sdm tepung yang sudah kamu campur tadi lalu campur dengan air sedikit. (adonan basah)
  • Siapkan wajan dengan minyak yang agak banyak, kira-kira bisa merendam seluruh bagian jamur crispy. Dan panaskan dengan api sedang.
  • Jamur yang sudah di tiriskan di celup ke adonan basah lalu di pindah ke adonan kering kemudian goreng ke minyak panas.
  • Setelah itu tunggu dan aduk jika diperlukan hingga jamur crispy berwarna golden brown. Besarkan api jika jamur mulai menguning. Dan angkat dengan cepat jangan sampai gosong.
  • Jika kamu menggunakan jamur yang masih fresh jamur crispy kamu tidak akan menyerap banyak minyak dan kriuknya akan tahan lebih lama.

Cara Membuat Siomay untuk Jualan

Cara Membuat Kentang Goreng Frozen

Analisa Usaha Jamur Krispi

Modal Inventasi Awal

Barang-barang ini akan kamu gunakan untuk jangka waktu yang panjang atau nama lainnya barang tidak habis pakai. Maka dari itu kamu perlu merinikannya.

Barang Harga
Gerobak dan etalase Rp3.500.000
Kompor gas Rp150.000
Tabung gas 3 kg Rp125.000
Wajan besar Rp250.000
Alat-alat penggorengan lainnya Rp300.000
Meja dan kursi Rp200.000
Jumlah Rp4.525.000

Bahan Baku

Pembelian bahan baku
5 kg jamur
1 kg minyak
1 ½ kg tepung terigu
1bks maizena
1bks garam
1 bungkus baking powder
Penyedap rasa
Aneka saos
Harga
Rp. 50.000
Rp. 12.000
Rp. 10.000
Rp. 11.000
Rp. 1.000
Rp. 4.000
Rp. 2.000
Rp. 20.000
Nota dan lain-lain Rp. 13.500
Kantong Plastik Rp. 5.000
Kemasan Custom 50 pcs Rp. 10.000
Total Rp. 138.500

Ini adalah rincian estimasi untuk 50 porsi jamur krispi, jadi jika laku 50 porsi kamu akan mendapatkan omset Rp. 250.000.

Keuntungan = Omset -Total Modal Bahan Baku

Keuntungan = Rp. 250.000 – Rp. 138.500 = 111.500

Pendapatan

Jika kamu berhasil dalam sebulan berhasil menjual minimal 50 porsi dalam 1 bulan, maka kamu akan mendapat keuntungan sekitar Rp. 3.300.000. Itu pun jika kamu hanya menjual 50 porsi, jika kamu mampu berhasil menjual hingga 100 porsi maka kamu akan mendapat keuntungan hingga Rp. 6.600.000. Menarik bukan!

Balik Modal

Jika kamu berhasil menjual setidaknya menjual 50 porsi dalam sehari, maka kamu akan balik modal dalam kurun waktu tidak sampai 2 bulan. Mari kita ambil contoh jika kamu menjual jamur crispy ini di lingkungan kampus atau sekolah, target market kamu adalah siswa atau mahsiswa. Jika murid sekolah atau mahasiswa tersebut yang aktif berangkat sekitar 1000 orang kamu hanya perlu 5%-nya.

Tips Sukses Usaha Jamur Crispy

Jamur krispi merupakan cemilan yang kini populer di kalangan masyrakat. Rasanya yang enak dan gurih serta bila dibumbui dengan aneka saos akan membuat makanan ini makin diminati oleh banyak orang.

Jika kamu tertarik untuk menekuni usaha ini, jangan ragu untuk memulainya. Prospek bisnis jamur crispy ini sangat baik di masa depan. Nah berkut ini adalah tips sukses usaha jamur crispy.

1. Cari Suplier Jamur Tiram yang Tepat

Tentu saja memilih suplier jamur tiram yang baik adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis ini. Kamu juga harus bisa mencari spuplier dengan harga yang baik. Dan juga pastikan suplier jamur kamu bisa diandalkan dalam soal ketersediaan. Kemudian cobalah untuk mencari beberapa suplier jamur, untuk lebih aman. Karena jamur ini termasuk dalam kategori tanaman langka, walau pun kini sudah mulai banyak orang yang mencoba untuk menjualnya.

2. Jaga Kualitas Jamur Crispy

Selalu gunakan bahan baku yang berkualitas dan segar, jangan buat pelanggan kecewa padahal ia baru mencoba mencicipi produk kamu. Karena siomay ini bahan bakunya berupa ikan, usahakan kamu mencari suplier yang handal dan terpercaya. Begitu pun untuk bahan-bahan tambahan yang lainnya.

3. Peralatan

Pada awal pembukaan bisnis, kamu hanya memerlukan beberapa peralatan seperti alat masak, dandang kukusan dan gerobak atau booth untuk mendisplay dagangan kamu.

Untuk sekala kecil, kamu mungkin tidak memerlukan mesin untuk membuat siomay. Apa bila usaha kamu mulai berkembang, jangan ragu untuk berinvestasi pada mesin agar kamu dapat mengembangkan bisnis kamu.

4. Kembangkan Resep Jamur Krispi

Pastikan kamu mampu mengolah bahan baku jamur mentah menjadi camilan yang nikmat dengan beberapa varian rasa. Bukan hanya dari rasa sausnya saja, tapi kamu harus bisa juga untuk mengembangkan jamur krispinya. Artinya kamu bebas melakukan inovasi terhadap resep yang kami bagikan di atas.

5. Siapkan Tempat yang Propper

Cari tempat yang kira-kira biasa di kunjungi oleh target market kamu. Sebagai contoh target market kamu adalah anak muda usia 17-22 tahun maka kamu bisa mencari tempat yang dekat dengan sekolah atau kampus.

Pilih lokasi yang dekat dengan akses utama, selain itu kamu juga harus menyiapkan booth, etalase atau gerobak yang menarik. Dan juga gunakanlah desain-desain yang menarik dan mengundang perhatian.

6. Promosikan Jamur Crispy

Kemudian jangan enggan untuk menambah budget untuk keperluan promosi. Dengan promos yang gencar, jika kamu memiliki produk yang enak maka bisnis kamu akan berkembang dengan pesat.

Namun sebelum kamu mempromosikan jamur crispy buatanmu, pastikan jamur krisppi tersebut enak dan harganya sesuai dengan target market kamu. Maka dari itu, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan untuk mengukur metrik-metrik seperti seberapa enak produk kamu dan apakah harganya terlalu mahal.

Gunakan sampel dari target market kamu untuk memperolah data. Kemudian cobalah untuk membuka soft opening dengan memberikan produk secara gratis untuk para responden yang bersedia mencicipi dan menilai jamur kripi kamu.

Nah itu lah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara menjual jamur crispy yang enak dan tidak gampang lembek untuk jualan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya, dan semoga sukses.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Butter Cream untuk Jualan Aneka Kue