cara membuat rendang untuk jualan

Cara Membuat Rendang untuk Jualan, Dijamin Laris

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada atikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat rendang untuk jualan yang enak dan tahan lama.

Rendang memang terkenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia, bahkan pada tahun 2011 rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.

Rendang daging sapi merupakan salah satu masakan asli keturunan Minangkabau dan budaya Sumatera. Makanan ini biasanya tersajikan pada acara-acara khusus untuk menghormati tamu atau pada hari perayaan seperti lebaran.

Rendang adalah hidangan Indonesia yang lezat yang disiapkan dengan segudang bumbu dan rempah-rempah yang dimasak selama beberapa jam sampai semua bumbu benar-benar diserap oleh daging. Rendang daging paling enak disantap dengan nasi putih dan bumbu pelengkap seperti bawang goreng dan potongan cabai.

Cara Membuat Rendang untuk Jualan

Resep ini adalah resep rendang sapi asli dari tanah asli Rendang di Minangkabau, telah teuji knikmatannya! Sebagai catatan gunakanlah bumbu yang berkualitas agar kamu bisa membuat rendang yang enak.

Perhatikanlah bahan-bahan utama seperti daging, pilihan cabai, potongan lengkuas dan pilihan santan. Gunakan cabai merah yang masih segar dan kualitas super. Dan juga gunakanlah daging sapi dengan potongan paha atau sengkel atau has dalam.

Bagian daging ini merupakan bagian daging yang berasal dari paha belakan bagian atas. Daging has dalam yang baik bisanya memiliki ciri-ciri seperti berwarna merah cerah (tidak pucat), tidak berbau asam, atau bahkan berbau busuk. Selain itu daging yang baik juga jika dipegang akan terasa basah namun tidak legket, serta bersifat elastis dan tidak lembek.

Kamu juga harus memotong daging has atau tenderloin ini dalam potongan melintang serat, artinya potong daging sapi dengan memutus seratnya untuk ketebalan dan jangan memotong mengikuti serat. Hal ini bertujuan agar daging bisa menyerap bumbu dengan sempurnda dan tidak terasa keras atau alot.

Bahan-bahan rendang daging:

  • 1000 gram daging sapi tenderloin (has dalam) potong 5 cm
  • 12 bawang merah cincang kasar
  • 6 siung bawang putih cincang
  • 12 cabai merah besar cincang
  • 2 sdt jahe cincang
  • 2 sdm lengkuas cincang
  • garam secukupnya
  • 4 sdt kemiri giling
  • 2 sdm lada putih giling
  • 1 sdt kapulaga bubuk
  • 2 sdm ketumbar bubuk
  • 2 sdm jinten tanah
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • adas bintang potong 0.6 cm
  • 1 batang serai (bagian tengah saja), cincang
  • 1/2 gelas air 1 liter santan kental, kandungan lemak 24 persen
  • 2 lembar daun kunyit (bisa diganti daun salam jika tidak ada kunyit), daunnya bisa dibiarkan utuh. Jika menggunakan akar kunyit, parut menjadi pasta bumbu.
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 sdm jinten
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdm lada putih giling untuk daging sapi
Baca Ini Juga  Cara Membuat Nasi Goreng Naik Kelas Ala Restoran Bintang 5

Cara membuat rendang daging:

  1. Pertama-tama campurkan semua bahan untuk bumbu halus (kecuali daun kunyit, daun jeruk, dan santan) dan blender hingga halus.
  2. Kemudian dalam wajan atau panci besar tambahkan 100 ml minyak untuk menumis. Selanjutnya tumis bumbu halus dengan minyak panas.
  3. Setelah itu tambahkan daun kunyit dan daun jeruk ke dalam bumbu halus dan mulailah memasak dengan api sedang, aduk terus sampai aromanya keluar.
  4. Selanjutnya tambahkan santan dan aduk hingga rata. Didihkan dan masak dengan perlahan, aduk terus untuk memastikan bumbu rendang tidak gosong, masak hingga sekitar satu jam.
  5. Menggunakan mangkuk, bumbui potongan daging sapi dengan garam, merica, jinten, dan ketumbar. Dalam wajan terpisah, panaskan wajan dengan minyak minyak secukupnya dan tumis daging sapi di semua sisi sampai berwarna cokelat tua.
  6. Lalu tambahkan daging sapi ke wajan saat santan mulai berkurang, mengelurarkan minyak dan berubah menjadi cokelat keemasan.
  7. Lanjutkan mengaduk sampai campuran mulai kering dan memiliki tekstur pasir basah, berhati-hatilah agar tidak gosong pada langkah terakhir ini untuk menghindari rasa pahit.

Jika warna rendang sudah sesuai dan daging sudah empuk, matikan api dan sajikan dengan nasi putih kukus.

Cara Mengemas Rendang

Usaha rendang kamu akan berkembang jika berhasil mendapatkan konsumen hingga luar kota. Dengan begitu rendang kamu tidak hanya meraih pasar sekitar tempat tinggal kamu juga.

Kamu bisa menjualnya lewat platform market place seperti shopee, tokopedia dan lazada. Nah untuk itu kamu perlu membuat rendang kamu bisa bertahan jika kamu ingn mengirimnya hingga luar kota.

Proses pengiriman ke luar kota bisa memakan waktu berhari-hari, maka dari itu kamu perlu mengemas rendang perlakuan khusus.

Baca Ini Juga  5 Tips Bisnis Tour Dan Travel Online Untuk Pemula

Agar rendang bisa bertahan saat dikirim ke luar kota, kamu harus mengemas rendang saat masih hangat, kemudian langsung divakum menggunakan kemasan vakum. Setelah itu kamu perlu menguapkannya pada suhu 120 derajat celcius selama 30 menit.

Setelah kemasan kamu uapkan dan dibiarkan dalam suhu ruang, selanjutnya kemasan rendang ini dikemas dengan menggunakan alumunium foil. Seperti dikutip dari kompas.com, dengan cara ini maka rendang akan bisa bertahan 3 higga 6 bulan.

Tips Sukses Jualan Rendang

Di era sepert sekarang ini memang sudah banyak produsen rendang yang berhasil merajai pasar. Namun kamu tidak perlu cemas akan kesuksesan bisnis rendang kamu. KAmu pasti bisa menjadi pengusaha rendang yang sukses jika mengikuti tips berikut ini:

Baca Juga:

Cara Membuat Topokki untuk Jualan

Cara Membuat Jamur Crispy untuk jualan

1. Disiplin dan teroganisir

Untuk mencapai kesuksesan segala macam bisnis (termasuk jualan rendang), kamu perlu disiplin dan terorganisir. Ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan tugas dan stay on your track.

Cara yang baik untuk tetap teratur dan disiplin adalah dengan membuat daftar tugas setiap hari. Saat kamu menyelesaikan setiap item, centang to do list yang telah kamu buat sebelumnya. Ini akan memastikan bahwa kamu tidak melupakan apa pun dan menyelesaikan semua tugas yang penting bagi kelangsungan bisnis rendang kamu.

2. Jangan kecewakan pelanggan

Setelah kamu medapatkan racikan yang pas untuk membuat rendang, pastikan untuk menjaga kualitasnya bagaimana pun keadaannya. Jangan gara-gara bahan baku naik kamu meninggalkan kualitas rendang buatanmu.

Kamu bisa melakukan pendekatan kepada para pelanggan kamu lewat sosial media. Jika ada keluhan meskipun kamu tidak melakukan kesalahan (misalnya mereka mendapat produk yang asam karena kesalahan teknis dsb), pastikan kamu bertanggung-jawab atas kerugian yang diterima pelanggan. Pelanggan pasti akan nyaman jika kamu berhasil membayar kerugian mereka.

Hal semacam ini akan meningkatkan promosi mulut ke mulut. Dan tentu saja promosi ini adalah cara terbaik dalam memasarkan produk kamu. Jika kamu memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan kamu, mereka akan lebih cenderung untuk datang kepada kamu saat mereka ingin membeli rendang daripada pergi ke pesaing kamu.

3. Lakukan pembukuan

Semua bisnis yang sukses pasti melakukan pembukuan dengan rinci . Dengan pembukuan ini, kamu akan tahu di mana dan bagaimana keadaan bisnis kamu secara finansial dan tantangan potensial apa yang mungkin Anda hadapi. Mengetahui hal ini memberi Anda waktu untuk membuat strategi untuk mengatasi tantangan tersebut.

Kamu bisa melakukan pembukuan secara manual atau secara online atau bahkan keduanya. Dengan memiliki catatan yang terus-menerus diunggah dan dicadangkan, bisnismu tidak perlu lagi khawatir kehilangan datanya. Catatan fisik ada sebagai cadangan tetapi lebih sering digunakan untuk memastikan bahwa informasi lainnya benar.

4. Analisis persaingan

Persaingan menghasilkan hasil terbaik. Untuk menjadi sukses, kamu tidak perlu takut untuk belajar dan belajar dari pesaing. Lagi pula, mereka mungkin melakukan sesuatu yang benar yang dapat kamu terapkan dalam bisnis rendang kamu untuk menghasilkan lebih banyak uang!

5. Jadilah kreatif

Selalu mencari cara untuk meningkatkan bisnis dan membuatnya menonjol dari persaingan misalnya cara promosi atau kembangkan kemasan rendang yang praktis. Ketahuilah bahwa kamu tidak tahu segalanya dan terbukalah terhadap ide-ide baru dan pendekatan yang berbeda untuk perkembangan bisnis kamu.

6. Tetap fokus

Tidak ada jalan pintas dalam bisnis ini. Hanya karena kamu baru saja membuka bisnis rendang, bukan berarti kamu akan segera mulai menghasilkan uang. Butuh waktu untuk membuat orang tahu siapa kamu, jadi tetaplah fokus untuk mencapai tujuan jangka pendek kamu.

7. Berkorban

Persiapan untuk memulai bisnis adalah kerja keras, tetapi setelah kamu membuka pintu, pekerjaan kamu baru saja dimulai. Dalam banyak kasus, kamu harus meluangkan lebih banyak waktu daripada jika kamu bekerja untuk orang lain. Yang mungkin berarti meninggalkan waktu dengan keluarga dan teman untuk menjadi sukses.

Penutup

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat rendang untuk jualan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya dan semoga sukses selalu!