Cara Membuat Topokki untuk Jualan

Cara Membuat Topokki untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat topokki untuk jualan.

Para pecinta K-drama pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas korea yang satu ini. Toppoki ini pada dasarnya adalah kue beras khas korea yang yang tersajikan degan kuah kaldu yang gurih dan pedas misalnya dashi.

Makanan ini di Indonesia memiliki banyak sekali versi dalam penyebutan dan ejaan seperti topoki, toppoki atau topokki. Tapi ejaannya yang benar adalah tteobokki (떡볶이) agar lebih mudah diucapkan seperti yang terdengan di drama korea, orang Indonesia sering menyebutnya dengan ejaan topoki.

Toppkki ini adalah makanan dengan cita rasa yang super lezat, kaya akan rasa umami dan sangat nagih. Sehingga membuat penikmatnya akan ingin memakannya lagi walau dalam mereka masih kenyang.

Cara Membuat Topokki untuk Jualan

Jika membahas tentang varian dari topokki, jelas tidak akan habisnya. Karena toppoki sangat bisa kamu variasikan degan berbagai macam hidangan, saus dan rasa.

Cara Membuat Topokki

Bahan:

  • 300 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 3 sdt lada
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdm margarin
  • 250 ml air panas mendidih

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama siapkan wadah atau mangkuk yang berukuran cukup besar untuk mengadon adonan.
  2. Kemudian tuangkan tepung bersa, tepung terigu, tepung tapioka, lada dan garam. Dan aduk bahan kering ini.
  3. Setelah bahan-bahan kering tercampur rata, masukkan air panas secara perlahan dan aduk hingga merata.
  4. Lalu tambahkan margarin dan adk lagi hingga merata. Kemudian ambl adonan sedikit demi sedikit dan gulung menjadi silinder-silinder kecil.
  5. Kemudian masak adonan toppoki kedalam air mendidih, masak hingga mengapung.
  6. Terakhir angkat dan tiriskan.

Baca Juga:

Cara Membuat Corndog untuk Jualan

Cara Membuat Dimsum untuk Jualan

Cara Membuat Saus Topoki

Bahan:

  • 4 gelas air
  • 7 ikan teri kering ukuran besar , buang kepala dan ususnya
  • 6 x 8 inci rumput laut kering
  • 1/3 cangkir pasta cabai (gochujang)
  • 1 sendok makan bubuk cabai Korea (gochugaru)
  • 1 sendok makan gula
  • 3 daun bawang (daun bawang), potong-potong sepanjang 3 inci
  • 2 butir telur rebus, kupas (opsional)
  • wijen secukupnya

Cara Membuat:

  1. Mula-mula tambahkan air, ikan teri kering, dan rumput laut kering ke dalam panci atau wajan ukuran sedang.
  2. Kemudian rebus campuran tersebut selama kurang lebih15 menit dengan api sedang tanpa tutup.
  3. Lalu campurkan gochujang (pasta cabai khas korea), gochugaru (bubuk cabai khas korea), dan gula dalam mangkuk kecil. Keluarkan ikan teri dan rumput laut dari panci dan tambahkan kue beras, campuran pasta cabai, bubuk cabai gula, daun bawang, dan telur rebus.
  4. Stelah itu aduk perlahan dengan sendok kayu saat mulai mendidih. Kemudian biarkan mendidih dan terus diaduk sampai kue beras menjadi lembut dan saus tteokbokki mengental dan terlihat mengkilap, yang akan memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Jika kue beras tidak cukup lunak, tambahkan sedikit air tambahan dan terus aduk sampai melunak.
  5. Bila kamu menggunakan kue beras yang baru dibuat, waktu yang dibutuhkan lebih singkat karena kue beras kamu masih kenyal. Jika kamu menggunakan kue beras beku, cairkan dan rendam dalam air dingin untuk melunakkannya sebelum dimasak.
  6. Terakhir angkat dari api, beri sedikit taburan wijen dan sajikan dalam keadaan panas.

Cara Menyimpan Topokki

Kue beras topokki dapat disimpan dalam lemari es untuk waktu hingga 2 bulan. Tapi untuk sausnya kamu tidak dapat menyimpannya dalam keadaan siap makan untuk wkatu yang lama.

Tips Sukses Jualan Toppoki

Nah tadi di atas kami sudah menyampaikan bagaimana cara membuat topoki untuk jualan. Dengan resep topokki yang kami bagikan di atas, kamu boleh kok berkreasi dengan proses RnD kamu sendiri.

Jika kamu sudah yakin dengan toppoki buatan kamu sendiri, sekarang apa langkah selanjutnya? Mungkin menakutkan untuk membuka bisnis baru dan memulai perjalanan bisnis topoki kamu. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan. Seperti di mana kamu akan menjual topokki buatan kamu? Bagaimana kamu akan bersaing dengan produk lain?

Nah, agar kamu bisa sukses dalam berbisnis toppoki, kamu perlu melakukan 6 hal berikut ini:

1. Mulai dari yang kecil dulu

Penting untuk memulai dari yang kecil sehingga kamu tidak terlalu memaksakan dirimu. Namun, kamu juga harus mengatur bisnis kamu sehingga kelak kamu akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan penjualan topokki kamu. Kamu juga harus dapat memperluas proses dan sistem yang ada, daripada membuat yang sama sekali baru. Maksudnya, kamu bisa menganalisa bagaimana cara pesaing menjalankan bisnis ini.

Cobalah untuk berkunjung ke kedai mereka dan perhatikan bagaimana cara mereka menyajikan, melayani dan melakukan proses transaksi. Kamu cukup amati, tiru dan modifikasi dari sistem mereka.

2. Bangun tim dan sistem yang berkualitas

Kamu tidak bisa berdiri sendiri dan mengerjakan semua hal, jika ingin menjadi pengusaha yang sukses. Kamu perlu tim yang solid dan berkualitas. Untuk membangun tim lapangan yang berkualitas, kamu harus memilih repetisi yang tepat terlebih dahulu. Saat kamu mewawancarai calon pegawai, carilah individu yang mencerminkan antusiasme kamu dan berbagilah dengan mereka dedikasi dan tujuan kamu. Setelah kamu menemukan orang yang tepat untuk membentuk tim kamu, kamu juga harus bisa menciptakan budaya positif di dalam tim.

3. Buka cabang

Setelah kamu memiliki tim dan sistem yang berkualitas, jangan ragu untuk membuka cabang di tempat lain yang memiliki potensi yang baik. Kamu tidak perlu menjadi ahli perencanaan atau akuntan yang baik, kamu hanya perlu merekrut atau menyewa orang yang telah memiliki kapasitas di bidang itu.

Tapi memang kamu tidak bisa membuat cabang baru dengan perencanaan yang ecek-ecek. Nah disinilah kemampuan berbisnis kamu akan diuji.

4. Desain kemasan yang bagus

Penampilan produk kamu adalah kunci untuk menciptakan identitasnya. Luangkan waktu untuk merancang produk berkualitas yang terlihat dan terasa enak. Kamu dapat melihat tips tentang tren kemasan saat ini. Namun, jangan abaikan bagian praktis dari pengemasan.

5. Iklankan topokki buatanmu

Selanjutnya, kamu perlu beriklan! Jika kamu telah membuat topokki yang enak dan juga kemasannya juga menarik, iklankan produk kamu.

Strategi periklanan yang hebat adalah fokus pada penciptaan budaya di sekitar merek kamu. Pikirkan tentang ini: Pesan apa yang ingin kamu berikan? Apa yang akan ditanggapi oleh target market kamu?

6. Terus berkembang

Pasar makanan dan minuman has korea terus berkembang dan menjawab minat konsumen. Jadi kamu jangan hanya berfokus pada satu varian atau sedikit menu saja. Ada banyak jajanan dan minuman khas korea yang terus menjadi trend.

Kamu harus bisa membaca arah trend agar kamu tidak tertinggal dengan para pesaing. Sangat penting juga untuk menyesuaikan produk kamu dari waktu ke waktu. Umpan balik pelanggan akan mengarahkan kamu langsung ke keputusan berikutnya – apa yang akan kamu kembangkan? Apa yang akan kurangi kurangi? Dengan mendasarkan keputusan pada umpan balik pelanggan, kamu dapat memastikan keberhasilan produk kamu.

Penutup

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat topokki untuk jualan. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam dunia bisnis, khususnya bisnis jananan khas korea topokki. Terimakasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Baca Ini Juga  Tips Mengatasi Lupa Password Wifi IndiHome ZTE/HUAWEI

1 komentar.

Comments are closed.