layanan IB BRI

Layanan IB BRI : Keuntungan & Kerugian Serta Panduan Mendaftar Lengkap

Diposting pada

Ketika nasabah hendak membuka rekening baru, kebanyakan pengguna sudah pasti akan mengajukan akses e banking dengan tujuan lebih memudahkan untuk bertransaksi. IB BRI juga tidak kalah menyediakan fasilitas banking online dengan beragam layanan dan manfaat yang didapatkan oleh nasabah.

Sejak tahun 1895, kehadiran bank BRI telah memberikan kontribusi layanan kemudahan perbankan bagi masyarakat. Bank BRI juga diklaim sebagai pelopor bank pertama yang hadir di Indonesia.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, kini telah hadir layanan IB BRI. Ini penjelasannya. Internet Banking milik BRI merupakan pelopor bank pertama yang meluncurkan layanan banking elektronik internet.

Merupakan internet banking berbasis pelayanan perbankan melalui website dan aplikasi yang dapat kita download secara mudah melalui playstore. Hadirnya layanan tersebut tentu memberikan manfaat nyata kemudahan transaksi bagi masyarakat yang dapat diakses 24 jam setiap harinya.

Sejumlah Keunggulan Menggunakan Layanan IB BRI

Pada dasarnya, semua layanan yang dihadirkan tentu tidak terlepas dari manfaat dan keuntungan yang didapatkan. Namun, tetap saja tidak semua layanan memiliki keuntungan sama persis antara satu dengan lainnya.

Berikut beberapa keunggulan menggunakan layanan internet banking dari bank BRI:

1. Layanan User Friendly

Sebagai seorang professional yang memiliki kesibukan padat, sudah pasti berharap segala sesuatunya lancar termasuk transaksi dimana pun dan kapan pun. Anda dapat menggunakan layanan tersebut melalui beragam perangkat gadget apapun.

2. Bebas Token

Secara umum, token dikenal dengan istilah perangkat tambahan yang dianggap penting atau utama dalam bertransaksi. Kabar baiknya, BRI sudah tidak menerapkan perangkat m Token tiap kali mengakses layanan miliknya.

Cara kerjanya, layanan banking BRI hanya memanfaatkan fitur SMS melalui nomor aktif yang digunakan oleh pengguna untuk memverifikasi kode token ketika transaksi.

Dengan adanya cara tersebut, anda tidak perlu repot-repot membawa kumpulan token untuk transaksi banking.

3. Didukung Proteksi Keamanan Berlapis

Nyatanya, masih terdapat beberapa pengguna yang berpendapat bahwa transaksi tanpa token dianggap kurang terjamin atau terpercaya, sehingga secara tak langsung dapat menurunkan kredibilitas. Anda demikian?

  Ide Kreatif Dari Barang Bekas yang Menghasilkan Jutaan Perbulan

Sebaiknya segera buang stigma tersebut. Faktanya, kini layanan banking BRI sudah menggunakan proteksi keamanan berlapis yang memang sudah terjamin aman.

4. Layanan Aplikasi Banking Sejuta Fungsi

Sebab masa kiprah bank yang tergolong sudah puluhan tahun, maka tidak heran bila layanan website dinilai semakin lengkap. Hal tersebut sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat di era modern berbasis teknologi sehingga istilah sejuta fungsi layak tepat untuk layanan bank BRI.

Beberapa layanan yang tersedia diantaranya kartu kredit, deposito, KPR, dan beragam transaksi,

Selain kebutuhan transaksi, anda dapat menjumpai beragam fungsi layanan lainnya berupa pembayaran tagihan listrik dan PDAM, pembayaran kartu kredit baik sejenis maupun dari bank lain, hingga pengecekan informasi saldo dan mutasi.

Tidak hanya itu, masih terdapat layanan lainnya seperti pengajuan KTA, pengajuan KPR, hingga pengisian kartu uang elektronik dengan praktis.

Tentu saja hadirnya layanan banking BRI dapat memudahkan pengguna khususnya bagi kelompok perusahaan atau kalangan professional dalam melakukan riwayat transaksi menjadi lebih praktis.

Kelebihan Layanan Internet Banking BRI

Bagi pengguna layanan internet banking, pasti sudah tidak asing dengan beragam kelebihan dari layanannya. Tidak ada salahnya untuk merangkum kembali. Inilah beberapa kelebihan dalam menggunakan layanan e banking BRI, sebagai berikut:

1. Praktis Tanpa Repot

Berkat kehadirannya, kini anda tidak perlu repot mengantri di atm terdekat. Internet banking telah menyediakan layanan lengkap hanya dalam satu genggaman smartphone anda.

2. Murah

Salah satu keunggulan layanan IB BRI yakni menyuguhkan transaksi tanpa token. Lebih murah dan praktis bukan?

Kekurangan Layanan Internet Banking BRI

Meskipun layanan banking telah menggunakan teknologi canggih secara up to date, Namun masih terdapat celah kelemahan dari buatan manusia. Oleh sebab itu, sebagai pengguna harus tetap berhati-hati dalam menggunakan akses layanan banking dimana pun dan kapan pun. Berikut penjelasan selengkapnya berikut ini;

  7++ Tips Bisnis Frozen Food agar Untung Jutaan

1. Rawan Pembobolan

Tidak hanya IB BRI, hampir seluruh layanan banking memiliki resiko rawan pembobolah. Sebabnya tak lain karena sikap ceroboh pengguna yang lalai.

Contohnya, tanpa sadar pengguna memberikan informasi banking miliknya kepada orang lain sebab terjebak kasus penipuan. Atau di sisi lain yakni, pihak peretas telah menargetkan bank tertentu untuk dilakukan pengeretasan namun memang jarang terjadi.

Untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya pengguna memang harus berhati-hati dalam menggunakan gadget atau computer yang digunakan untuk mengakses layanan banking. Pastikan gunakan perangkat milik anda sendiri agar terhindar dari peluang pembobolan.

2. Harus Tersambung Layanan Internet

Untuk mengakses layanan banking online, setidaknya anda harus memastikan perangkat dapat tersambung melalui layanan internet selama penggunaan (kecuali layanan SMS banking).

Anda tidak dapat melakukan transaksi jika koneksi internet tidak cukup memadai. Tidak jarang koneksi imbas dari koneksi internet yang buruk malah berakhir pada kegagalan transaksi.

Dengan kondisi yang seperti ini, tentu saja pengguna merasa kesulitan dalam mengakses layanan IB BRI, khususnya pada daerah pelosok. Mau tidak mau, pengguna harus mendatangi kantor cabang terdekat sebagai opsi satu-satunya untuk melakukan transaksi.

Jangan lupa pastikan sambungan internet berjalan stabil guna meminimalisir kegagalan transaksi.

3. Panduan Mendaftar Layanan IB BRI

Masih bingung cara melakukan pendaftaran layanan IB BRI?

Pada dasarnya, anda dapat mendaftar melalui dua cara, yaitu dengan cara mengunjuni kantor cabang terdekat atau melalui ATM. Berikut panduan mendaftar selengkapnya;

1. Melalui Kantor Cabang Terdekat

Mengunjungi kantor cabang terdekat dinilai sebagai opsi terbaik guna meminimalisir kesalahan ketika mendaftar melalui ATM.

Sebelum mengunjungi kantor cabang terdekat, pastikan anda telah melengkapi beberapa dokumen wajib dibawah ini;

  • Buku tabungan aktif BRI
  • Identitas diri berupa KTP
  • Email aktif untuk proses terima notifikasi dari bank
  • Nomor ponsel aktif guna verifikasi. Gunakan nomor ponsel yang telah bekerja sama dengan BRI (Telkomsel, XL, Indosat, Telom Flexy, Bakrie Telcom, dan Mobile-8).
  4 Cara Mengurus Surat Izin Usaha Mudah Tanpa Ribet

Bawa dokumen keseluruhan dan kunjungi kantor cabang terdekat. Setelah sampai, anda akan diarahkan menuju cutromer service untuk mengisi formulir pendaftaran. Isi secara keseluruhan secara tepat dan pastikan tidak terlewat kolom pengisian satu pun.

Setelah selesai mengisi, anda akan menerima m-Token untuk melakukan aktivasi layanan. Mudah bukan?

2. Mendaftar di ATM Terdekat

Bagi anda yang tidak ingin repot, mendaftar melalui ATM merupakan opsi tepat tanpa harus mengantri di kantor cabang. Berikut panduan lengkap yang dapat anda lakukan, diantaranya;

  • Setelah memasukkan pin, pilih opsi menu Internet Banking pada menu Lainnya
  • Silahkan input password secara bebas dan rahasia. Gunakan password yang tidak terlampau sulit namun cukup mudah untuk diingat.
  • Selanjuutnya, ketikkan password ulang sebelumnya
  • Selesai sudah. Simpan struk yang anda dapat untuk prosed aktivasi layanan IB BRI.

Panduan Aktivasi IB BRI Secara Mudah

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, sebaiknya segera lakukan aktivasi berikut ini;

  1. Silahkan buka situs resmi website internet banking BRI
  2. Pada layar, silahkan masukkan id anda, password, dan terakhir kode captca
  3. Klik kolom centang setuju pada halaman syarat ketentuan
  4. Anda akan diminta mengubah password baru
  5. Silahkan masukkan email aktif anda
  6. Selesai sudah.

Demikian ulasan lengkap tentang serba serbi IB BRI. Semoga bermanfaat untuk anda..