by

echa

Cara merawat rumah.| Unsplash.com
Cara merawat rumah.| Unsplash.com

Harga Belanja- Rumah yang bersih dan rapi tentunya akan memberikan rasa nyaman bagi penghuninya. Setelah beraktivitas sehari penuh, rumah menjadi tempat yang tenang untuk beristirahat. Rumah menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki setiap orang sebagai tempat bernaung, agar tempat tinggal Anda tetap terjaga berikut ini beberapa kiat cara merawat rumah.

Tips Cara Merawat Rumah Rapi, Bersih, dan Sehat

Cara merawat rumah.| Unsplash.com
Cara merawat rumah.| Unsplash.com

Merawat rumah agar tetap rapi bisa kamu lakukan dari hal-hal yang sederhana. Mulai dari merapikan kamar, membersihkan setiap peralatan di dapur, menyapu lantai yang kotor, dan lain sebagainya. Jika kamu merasa bingung harus memulai daftar pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, berikut ini tips merawat rumah yang mudah dan sederhana.

1.      Merapikan Kamar Tidur

Di pagi hari setelah bangun tidur, kamu bisa memulai membereskan tempat tidur dan membersihkan seluruh area kamar. Di malam hari biasanya kita membaca majalah maupun belajar. Sehingga tidak jarang banyak barang yang tersebar di kasur maupun ruangan kamar yang tidak tertata.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Magnet Sederhana dengan 3 Metode Mudah

Terlebih kamar yang ditinggali oleh anak-anak seringkali kamar akan mengalami kekacauan karena aktivitas bermain. Sehingga cara merawat rumah dengan membersihkan area kamar setiap saat akan memberikan rasa nyaman saat menjelang tidur untuk setiap penghuni rumah.

2.      Membuang Sampah yang Menumpuk

Jangan membiasakan menumpuk sampah di rumah, selain tidak indah dilihat mata tentunnya sampah akan menimbulkan penyakit dan aroma yang tidak sedap. Sehingga kamu perlu pastikan tidak ada sampah yang menumpuk di dalam rumah, sebaiknya tempatkan sampah di luar rumah agar tidak mencemari udara di dalam rumah.

Selain itu, menempatkan sampah di luar rumah akan memudahkan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah di sekitar perumahan. Sehingga rumah akan tetap terlihat rapi dan bersih terhindar dari sarang penyakit.

3.      Mencuci Peralatan Dapur Setelah digunakan

Kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah membiarkan peralatan masak di tempat pencucian setelah memasak. Karena merasa lelah atau terburu-buru untuk menghidangkan makanan sehingga jadwal mencuci peralatan masak tertunda. Tentunya akan menimbulkan kesan yang tidak rapi di area dapur.

Baca Ini Juga  Apa saja Cara Supaya Tidur Nyenyak

Untuk menghindari hal itu terjadi, cara merawat rumah yang bisa dilakukan oleh kamu selanjutnya adalah menjadwalkan kegiatan memasak lebih awal sehingga memiliki waktu untuk merapikan peralatan dapur setelah mencucinya. Sehingga dapur akan tampak senantiasa rapi.

4.      Membersihkan Pakaian Secara Rutin

Pekerjaan rumah lainnya yang sering terabaikan adalah mencuci pakaian. Meskipun sekarang kita telah dipermudah dengan adanya mesin cuci yang dapat membersihkan pakaian secara otomatis tanpa perlu mengeluarkan tenaga fisik. Terkadang kesibukan membuat aktivitas satu ini terlupakan karena sibuk mengasuh anak atau menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat jadwal rutin harian untuk mencuci pakaian. Jika pakaian kotor dibiarkan begitu saja tentunya pakaian akan rusak dan ruangan rumah menjadi berantakan. Sehingga tidak ada pakaian kotor yang menumpuk di sudut-sudut rumah. Terlebih jika pakaian digantung akan menyebabkan banyak nyamuk di dalam rumah.

5.      Menerapkan Metode Declutter

Apakah rumah terasa sesak karena terlalu banyak barang yang tidak dibutuhkan? Kamu bisa merapikannya dengan cara declutter atau memilah barang yang sudah tidak terpakai. Selain membuat ruangan menjadi rapi, kamu juga tidak akan dibuat stres dengan rumah berantakan karena terlalu banyak barang sehingga tempat penyimpanan over kapasitas.

Baca Ini Juga  300+ Akun FF Sultan Gratis No Hoax Tidak Terpakai

Barang-barang yang sudah tidak terpakai ini bisa kamu sumbangkan pada orang-orang yang membutuhkan jika masih layak pakai. Akan tetapi jika sudah tidak berfungsi atau tidak layak pakai sebaiknya dibuang agar rumah senantiasa terlihat rapi dan bersih.

Cara merawat rumah diatas dapat kamu praktikan dalam kegiatan rutin sehari-hari selama tinggal di rumah. untuk memudahkan dalam mengerjakannya lakukan perencanaan dengan membuat jadwal kegiatan harian untuk merapikan rumah. Kamu pun bisa mengunjungi rekomendasi.co untuk mendapatkan infromasi lainnya.

Bagikan: