Gambar dalam artikel 3 Contoh Bisnis Plan Makanan PDF. Hargabelanja.com
Business plan concept. Idea of business strategy. Setting a goal or target and following schedule. Financial research, analysis and organization. Isolated flat vector illustration

Bagi Anda yang berminat membuka usaha makanan atau sedang meyakinkan investor agar menanamkan modalnya pada usaha makanan Anda, maka sebaiknya Anda membuat rencana bisnis dan menuangkannya ke dalam dokumen terdedikasi: business plan.

Seperti apa contoh bisnis plan makanan PDF?

Secara umum, bisnis plan memuat detail mengenai bagaimana suatu perusahaan (organisasi) akan mencapai tujuannya.

Memiliki business plan merupakan salah satu hal yang penting bagi wirausahawan. Hal ini karena business plan bisa memandu agar bisnis berjalan efisien sehingga Anda pun bisa menuai hasil yang manis.

Bingung? Tenang saja, hargabelanja.com membagikan beberapa contoh bisnis plan makanan yang bisa menjadi referensi Anda.

Contoh Bisnis Plan Makanan PDF #1: Ayam Penyet (Franchise)

Gambar dalam artikel 3 Contoh Bisnis Plan Makanan PDF. Hargabelanja.com
(Source: Freepik)

Bisnis plan yang berikut ini membahas tentang bagaimana menjalankan usaha waralaba ayam penyet CV  Mentari di Medan.

Baca Ini Juga  Cara Transfer Uang Lewat Alfamart dan Cara Mengambilnya

Usaha ini memiliki peluang yang bagus. Terlebih, ayam penyet tengah menjadi kuliner yang berkembang di Medan pada saat business plan tersebut ditulis.

Adapun, pembahasan dalam business plan ini terdiri dari: analisis perusahaan (company analysis), analisis industri dan persaingan, analisis pelanggan dan produk, rencana pemasaran, rencana operasional, struktur manajemen, rencana keuangan, dan penerapan program waralaba.

Untuk men-download dokumen ini, silahkan klik disini.

Contoh Bisnis Plan Makanan PDF #2: Lumurin Cabe

Berikut ini adalah contoh bisnis plan makanan khas kota Semarang, yakni Lumpia. Namun, lumpia yang ditawarkan cukup unik karena menggunakan jamur dan telur sebagai isiannya.

Dokumen ini memuat pembahasan berbagai aspek penting bagi usaha. Termasuk didalamnya adalah aspek pemasaran, aspek produksi, aspek keuangan, serta aspek organisasi dan manajemen.

Dalam business plan tersebut juga termuat kesimpulan bahwa usaha lumpia yang diberi nama Lumurin Cabe tersebut memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Hal ini lantaran belum banyak orang yang menjual lumpia dengan warna yang menarik.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Pastel Renyah dan Empuk untuk Jualan

Jika Anda berencana membuat business plan dengan jenis usaha serupa, maka Anda bisa menjadikan business plan ini sebagai referensi. Untuk mengunduh dokumennya, silahkan klik disini.

Contoh Bisnis Plan Makanan PDF #3: Kue Croffle

Selanjutnya adalah contoh bisnis plan makanan Kue Croffle Pelangi. Bisnis plan yang disusun oleh Adelia Irvani ini menjelaskan proses bisnis menjual kue Croffle dengan ciri khas yang unik.

Tak seperti biasanya, kue Croffle tersebut memiliki tampilan berwarna-warni seperti pelangi.

Adapun, warna-warna tersebut diperoleh dari bahan alami seperti pandan (hijau), ekstrak buah strawberry (merah muda), ekstrak buah jeruk (kuning), dan menggunakan pewarna makanan untuk menghasilkan warna pastel.

Selain tampilan estetik, kue Croffle pelangi tersebut memiliki kandungan yang bergizi. Dengan begitu, kue ini bisa menjadi kudapan yang sehat dan cocok untuk berbagai kalangan.

Pembahasan dalam bisnis plan ini mencakup ringkasan, deskripsi perusahaan, barang / jasa yang diproduksi, analisis aspek pasar, analisis aspek teknis,  analisis aspek manajemen, dan analisis aspek finansial.

Baca Ini Juga  20+ Soal Bisnis Online Kelas XII Beserta Jawabannya

Jika Anda ingin menyusun bisnis plan untuk usaha kue Anda, maka Anda bisa ‘belajar’ dari bisnis plan yang disusun oleh Adelia tersebut. Yuk download dokumennya disini.

Demikian beberapa contoh bisnis plan makanan PDF yang bisa menjadi inspirasi Anda. Jangan lupa untuk menyimak pembahasan Business Model Canvas (BMC) dan contohnya.

Business Model Canvas adalah model bisnis yang cukup sederhana. Banyak wirausahawan menggunakan model bisnis ini untuk menjalankan usahanya dan menjangkau target pasar secara efisien.

Cara ini membuat usaha menjadi lebih efisien, efektif dan mudah menghasilkan keuntungan (profit).

Tifani Mifta

A versatile SEO Copywriter who loves to share valuable information related to business, education, tips, and SEO.

Bagikan: