Ide usaha di desa.| Unsplash.com
Ide usaha di desa.| Unsplash.com

Harga Belanja- Masyarakat desa pada umumnya berprofesi sebagai petani dan pekerja serabutan. Mereka mengolah apa yang ada di alam untuk menjadi sesuatu agar mencukupi kebutuhan hidup meski pendapatannya tidak tetap. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari ide usaha di desa sebagai peluang dan terobosan baru dalam membantu perekonomian keluarganya.

Bahkan sebagian milenial memiliki jargon berupa semangat hidup desa tetapi pendapatan tidak kalah dari kota. Akan tetapi, penasaran tidak sih apa saja ide usaha yang dapat dikembangkan dari desa! Untuk itu simak yuk ulasan berikut ini.

Rekomendasi Ide Usaha di Desa

Ide usaha di desa.| Unsplash.com
Ide usaha di desa.| Unsplash.com

 

Ide usaha di desa ini merupakan suatu prospek yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya untuk sebuah gagasan usaha. Oleh karena pandangan terhadap desa pada saat itu jauh dari kata kemajuan peradaban, yang tentunya sudah tidak berlaku lagi pada masa sekarang. Ide usaha-usaha tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Jual Pulsa dan Token Listrik

Ide usaha di Desa yang pertama dan layak untuk dicoba yaitu jualan pulsa dan token listrik. Hal ini karena pembayaran listrik saat ini sudah banyak beralih ke sistem prabayar termasuk mereka yang tinggal di desa apalagi wilayah kamu lumayan cukup jauh dari PLN. 

Baca Ini Juga  Setting X8 Speeder Higgs Domino Apk Agar Menang

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot mencari dana untuk memulai usaha ini. Sebab kamu hanya perlu mencari distributor terpercaya untuk daftar menjadi reseller atau penjual token listrik. Ditambah usaha ini dapat dikatakan minim resiko, karena token listrik banyak dibutuhkan sehingga tidak perlu khawatir jualan kamu tidak laku.

Sementara untuk jualan pulsa, 

kamu bisa menjual sekalian paket data dan voucher main game. Dimana paket data sudah termasuk ke dalam kebutuhan masyarakat secara primer karena penggunaan smartphone untuk berbagai keperluan komunikasi.

2. Toko Bibit Tanaman atau Obat Pertanian

Desa merupakan wilayah yang sangat identik dengan hasil alam atau agribisnis. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan hal ini menjadi peluang usaha yang memiliki korelasi terhadap bidang tersebut. Diantaranya seperti menjual bibit, obat tanaman, dan peralatan yang bisa menunjang kegiatan pertanian.

Meskipun tidak sedikit modal yang harus kamu persiapkan untuk dapat menjalankan usaha ini, tetapi untuk keuntungannya sendiri hampir sesuai. Kamu hanya perlu mengelolanya dengan baik dan sesuai dengan ketentuan bisnis pada umumnya.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Magnet Sederhana dengan 3 Metode Mudah

3. Usaha SPBU Mini

Salah-satu keperluan yang krusial dibutuhkan oleh masyarakat desa adalah bahan bakar. Akan tetapi, menemukan pom bensin di satu desa dapat dikatakan tidaklah mudah. Apalagi ketika mengingat jarak tempuh untuk ke SPBU terdekat cukup jauh dan memakan waktu tempuh lama.

Sehingga dengan keterbatasan SPBU ini, kamu dapat menjadikannya peluang sebagai ide usaha di desa. Kamu perlu membuka usaha SPBU mini atau prestashop di desa sebagai sarana memudahkan mencukupi bahan bakar. 

Selain itu, apabila kamu memiliki skill otomotif tentu bisa menambah keuntungan tersendiri dalam usaha SPBU mini. Hal ini karena selain membeli bensin, tidak sedikit banyak pengendara motor atau mobil membutuhkan bantuan untuk memperbaiki kendaraannya jika mengalami masalah sewaktu perjalanan.

4. Bisnis Ayam Petelur

Di desa membuka usaha ayam petelur bisa menjadi salah-satu prospek yang cukup menjanjikan. Pasalnya ayam dan telur adalah dua hal yang paling banyak diminati masyarakat dengan harga relatif terjangkau dan sama-sama kaya akan vitamin.

Mengingat suasana pedesaan yang cenderung asri dan tidak terlalu bising, akan menjadikan ayam-ayam yang ada lebih terbebas dari stress. Sehingga usaha ayam petelur dapat dikatakan memiliki peluang.

Baca Ini Juga  Apa Saja Macam-Macam Jenis Kertas?

Kamu pun bisa memulai dari skala kecil terlebih dahulu. Dengan hasil yang bisa dijual warung-warung terdekat atau mitra toko besar maupun rumah makan terdekat.

5. Warung Sembako 

Ide usaha di desa selanjutnya adalah dengan membuka warung sembako. Mengingat kebutuhan sembako akan terus-menerus diperlukan oleh masyarakat tidak terkecuali di desa. Sehingga membuka usaha toko sembako dapat menjadi peluang yang dapat dipertimbangkan baik-baik. 

Kamu juga dapat memilih warung sembako yang khusus satu jenis atau beragam. Selain itu, kamu dapat mengatur harga sesuai perbandingan yang ada di warung-warung sebelumnya.

5 Ide usaha di desa yang telah diulas barusan merupakan gagasan paling umum dan banyak diperlukan oleh orang-orang hari ini. Dengan begitu, apabila kamu telah yakin memulai, yuk semangat untuk menjadi sejahtera di desa. Baca juga informasi menarik lainnya di rekomendasi.co.

Bagikan:

Tags: