Jenis Pisang.| Unsplash.com
Jenis Pisang.| Unsplash.com

Harga Belanja-  Jenis pisang  yang ada di Indonesia memang beragam. Selain itu, pisang merupakan salah satu buah tropis yang banyak dimanfaatkan untuk makanan sampai dengan minuman. Ada berbagai macam pisang yang ditanam di Indonesia dan sebagian besar berasal dari daerah Jawa. Dikutip dari buku yang berjudul “Pisang Budidaya, Manfaat, dan Aneka Olahan” terbit tahun 2019 karya Susilowati terbitan LOKA AKSARA. Setidaknya ada 14 jenis pisang yang populer di Nusantara.

Jenis Pisang yang Ada di Indonesia

Jenis Pisang.| Unsplash.com
Jenis Pisang.| Unsplash.com

Adapun untuk pembahasan jenis pisang kali ini hanya akan diuraikan 7 ragam saja dari ke 14 jenis yang populer di Indonesia. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simal ulasan berikut di bawah ini :

1. Raja Bulu

Buah jenis g yang ada di Indonesia ini dikenal dengan sebutan raja bulu. Memiliki ciri khas bentuk buah pisang yang melengkung dan kulit tebal berwarna kuning disertai bintik-bintik cokelat.

Baca Ini Juga  Gaji PT Simatelex Batam dan Syarat Masuk Terbaru

Selain itu, memiliki aroma yang cukup tajam. Ditambah rasa pisang raja bulu ini sangat manis dan tidak memiliki biji sama sekali. Cocok digunakan untuk dijadikan olahan utama camilan bagi anak-anak dengan beragam variasi.

2.  Jenis Pisang : Raja Sere

Pisang Raja Sere memiliki sedikit perbedaan dengan jenis raja bulu. Dimana bentuk dari jenis pisang ini agak lurus dan kulit buahnya berwarna putih. Sedangkan daging atau isi dari buahnya sendiri berwarna kuning kecoklatan saat matang.

Pisang ini merupakan salah satu buah tropis yang lebih dikenla dengan pisang susu dan berasal dari Purwerjo, Jateng. Rasanya manis dan biasanya apabila dikonsumsi secara langsung akan terasa dingin di lambung orang yang memakan.

3. Raja Molo

Pisang Raja Molo memiliki ciri buah yang berbentuk lurus dan rata berukuran 12 sentimeter jika berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Selain itu, daging dari jenis pisang ini berwarna kuning kemerahan ketika matang.

Untuk rasanya sendiri berasa manis dan memiliki aroma yang sangat harum. Pisang Raja Molo tidak jarang dipakai untuk menjadi bahan olahan makanan daerah setempat yang berbahan baku pisang.

Baca Ini Juga  Travel Murah Purwokerto

4. Raja Uli

Untuk jenis buah ini yang ada di Indonesia selanjutnya yaitu Raja Uli dan asalnya dari Bogor. Pisang ini sendiri memiliki aroma khas yang harum dan rasanya juga manis. Namun, untuk dapat dikonsumsi pisang raja uli harus diolah terlebih dahulu. Diantara cara mengolahnya yaitu bisa dengan direbus atau digoreng.

5. Pisang Ambon Lumut

Walaupun bernama ambon lumut, untuk jenis pisang ini bukan berarti berasal dari daerah Maluku. Pasalnya Pisang Ambon Lumut ini diketahui berasal dari Temanggung, Jawa Tengah.

Diantara cirinya memiliki warna kulit yang hijau dan daging dari buah pisang ambon lumut ini melengkung bertekstur pulen manis. Orang-orang biasanya mengkonsumsi langsung jenis pisang ambon lumut setelah matang dan menjadikannya cemilan, seperti piscok (pisang coklat) yang memiliki cita rasa yang enak.

6. Pisang Nangka

Ukuran jenis Pisang Nangka pada umumnya jauh lebih besar dari ragam yang lain. Untuk bentuk melengkung dari jenis pisang nangka bisa sampai berukuran 28 sentimeter. Sementara rasa dari pisang nangka ini manis yang sedikit keasaman. Dapat ternilai dari warna kulit buahnya yang hijau seperti pisang ambon lumut.

Baca Ini Juga  20 Gaji PT Cahaya Kalbar Tbk

7. Tanduk

Terakhir jenis pisang ini berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Dikenal dengan sebutan Pisang Tanduk karena memiliki bentuk yang melengkung dan panjang. Buah ini sendiir masuk ke dalam pisang yang harus diolah terlebih dahulu sebelum bisa dikonsumsi.

Hal ini karena rasa dari  Pisang Tanduk ini akan terasa manis dan sedikit asam setelah diolah. Jenis pisang yang telah diulas di atas barusan termasuk bukti betapa kayanya alam Indonesia. Sehingga sepatutnya mampu menjaga dan melestarikan kehidupan pangan yang lebih bermanfaat. Baca juga informasi lainnya melalui Rekomendasi.co dan temukan artikel yang kamu butuhkan.

Bagikan: