Kemampuan untuk melakukan usaha disebut.| Unsplah.com
Kemampuan untuk melakukan usaha disebut.| Unsplah.com

Harga Belanja- Kemampuan untuk melakukan usaha disebut dengan energi. Kemampuan ini sangat diperlukan kehidupan agar sesuatu yang seharusnya terjadi berjalan secara baik dan tepat. Pasalnya hampir semua yang terjadi di kehidupan ini memerlukan kemampuan untuk menjadi Sesuatu. Baik itu berhubungan dengan barang langsung atau tidak.

Energi sendiri sifatnya termasuk abstrak, artinya sukar dibuktikan akan tetapi dapat dirasakan adanya. Hal ini karena energi merupakan sesuatu yang mendorong kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Meskipun secara umum orang-orang lebih mengenalnya dengan tenaga, tapi sebenarnya apa sih energi itu? Yuk simak pembahasannya di sini.

Kemampuan Untuk Melakukan Usaha: Bentuk Energi 

Kemampuan untuk melakukan usaha disebut.| Unsplah.com
Kemampuan untuk melakukan usaha disebut.| Unsplah.com

Kemampuan untuk melakukan usaha disebut energi. Hal ini karena suatu benda dikatakan memiliki energi jika dapat menghasilkan gaya yang bisa melakukan usaha. Adapun satuan energi dalam Internasional (SI) adalah joule (J), sementara kalori diantaranya erg, dan kWh (kilowatt hours). Untuk lebih lanjut berikut informasi mengenai energi : 

1. Energi Kimia

Bentuk energi untuk melakukan usaha yang pertama adalah kimia. Energi kimia merupakan sebuah kemampuan yang dihasilkan atau diperoleh dari hasil reaksi kimia. Dalam kehidupan sehari-hari fungsi dari energi ini bekerja saat mengonsumsi makanan.

Baca Ini Juga  Pinjam Uang di Kredivo, Cek Bunga dan Keamanannya

Dimana fungsi tersebut adalah kemampuan reaksi kimia dalam tubuh yang mampu menghasilkan energi untuk beraktivitas. Contoh lainnya terjadi pada mobil yang dapat bergerak. Karena dihasilkan dari energi kimia juga yang berproses menjadi panas oleh pembakaran langsung pada bensin.

2. Energi Panas

Bentuk energi selanjutnya adalah panas atau dikenal juga dengan sebutan kalor. Energ panasi terjadi karena perpindahan kalor terhadap temperatur. Contoh dari energi panas adalah api.

Untuk fungsinya sendiri terjadi pada kompor ketika memasak. Kompor merupakan alat yang dapat memindahkan kalor karena temperatur api menjadi panas saat aktivitas memasak minuman maupun makanan untuk kehidupan sehari-hari.

3. Energi Listrik

Kemampuan untuk melakukan usaha yang ini terjadi pada kelistrikan. Dimana energi listrik berperan menjalankan berbagai macam alat elektronik yang dibutuhkan saat beraktivitas. Listrik sendiri memiliki manfaat sebagai alat penerangan, selain itu juga bisa menghidupkan kipas angin, AC, mesin cuci dan berbagai macam alat elektronik.

4. Energi Air

Energi air termasuk kemampuan untuk melakukan usaha agar sesuatu dapat digerakkan. Pasalnya air pun menjadi salah-satu bagian energi dari kehidupan yang tak kalah penting dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. 

Baca Ini Juga  Tips Mengatasi Lupa Password Wifi IndiHome ZTE/HUAWEI

Diantara fungsi energi ini adalah untuk menghasilkan listrik bagi kehidupan manusia di muka bumi. Mungkin kamu sering mendengarnya dengan istilah PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Selain itu, energi air menjadi sumber terbarukan yang tidak akan ada habisnya, kecuali kehidupan di bumi musnah. Sehingga air dapat digunakan secara terus menerus secara berkesinambungan untuk kehidupan setiap makhluk hidup.

5. Energi Cahaya

Sumber energi utama yang berada di bumi adalah matahari. Matahari ini termasuk energi cahaya atau panas. Energi cahaya memiliki fungsi sangat penting karena kemampuannya yang dapat membuat penerangan di alam bumi. Bayangkan saja, sesuatu tidak dapat dilihat karena gelap tetapi karena adanya cahaya maka semua itu tak lagi berlaku. 

Selain itu, matahari juga berperan dalam proses fotosintesis yang bisa membantu menghasilkan oksigen untuk dapat dihirup oleh semua makhluk hidup di dunia. Ditambah cahaya matahari ini tersimpan dalam energi lampu atau listrik untuk penerangan di malam hari.

6. Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan gabungan dari energi kinetik dan potensial. Dimana fungsi dari kedua energi tersebut saling berhubungan yang dapat menghasilkan kemampuan untuk suatu usaha gerakan. 

Baca Ini Juga  Cara Membuat Kue Cucur Bersarang Anti Gagal

Sementara energi potensial terdiri dari beberapa jenis, mulai dari gravitasi, pegas, dan listrik. Untuk energi kinetik bisa disebut juga dengan kemampuan bergerak karena energi yang dimiliki oleh suatu benda karena gerakannya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan untuk melakukan usaha disebut energi. Hal ini karena energi dan kerja merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, sehingga disatukan dalam sebuah kata kemampuan. Contohnya seseorang dapat melakukan sesuatu (kerja) karena kemampuannya (energi) setelah makan (energi kimia bereaksi yang menjadi sumber tenaga). Kamu Pun bisa membaca informasi lainnya, di rekomendasi.co.

Bagikan:

Tags: