Usaha produk grafika.| Unsplash.com
Usaha produk grafika.| Unsplash.com

Harga Belanja- Di zaman digitalisasi saat ini usaha produk grafika menjadi kebutuhan untuk menunjang penyampaian informasi yang baik. Pasalnya sebuah data akan lebih menarik dan mudah diserap jika ditambah visual grafik yang mendukung. Namun, apakah kamu tahu berikut yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika adalah? Yuk temukan jawabannya di sini.

Produk usaha grafika sendiri dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan, terlebih karena faktor kemampuan dan aspek penunjang dalam memproduksinya. Tentu kedua hal tersebut bisa menjadi nilai tambah yang akan menjadi keunggulan tersendiri. Lantas sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan produk grafika ini! 

Mengenal Usaha Produk Grafika 

Usaha produk grafika.| Unsplash.com
Usaha produk grafika.| Unsplash.com

Grafika atau graphics merupakan presentasi visual pada suatu permukaan adalah pengertian yang dikutip dari buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 oleh Hendriana Werdhaningsih, dkk. Dimana memiliki fungsi sebagai penyajian visual yang ditujukan untuk memberikan sebuah informasi atau tujuan estetis. Adapun sesuatu yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika adalah! Berikut ini uraiannya.

Baca Ini Juga  7 Ide Bisnis Jangka Panjang Prospek Bagus

1. Perkembangan Produk Usaha Grafika

Grafika sebenarnya telah ada sejak zaman dulu, tetapi masih berbentuk lukisan prasejarah. Dimana lukisan tersebut tentu dapat memperoleh berbagai informasi tentang aktivitas manusia di zamannya. Lukisan prasejarah sendiri diproduksi sekitar 4.000 tahun sebelum masehi.

Perkembangan grafika menurut werdhaningsih, dkk., menyebutkan tidak luput dari adanya teknologi yang terus berkembang. Sebab karena hal itu secara tidak langsung mempermudah proses dan teknik produksi hingga kualitas produk yang dihasilkan.

2. Produksi Usaha Grafika

Produksi usaha grafika sama seperti proses produk lainnya, yang memerlukan tahap persiapan hingga langkah pascaproduksi. Adapun tahap produksi sebuah produk grafika menurut Werdaningsih, dkk., diantaranya sebagai berikut :

  • Tahap persiapan, mulai dari persiapan bahan, alat kerja, dan keselamatan kerja termasuk tempat kerja sebelum memulai produksi.
  • Tahap produksi, tentu hal ini sudah mencakup pembuatan acuan cetakan dan pencetakan.
  • Tahap pascaproduksi, adalah kegiatan yang mencakup pemeriksaan kualitas (Quality Control), pengemasan produk, perapian bahan, alat, dan tempat kerja, serta penjualan dan pemasaran setelah produksi.
Baca Ini Juga  Among Us Mod Apk Download Versi Terbaru

Hal Yang Tidak Di Evaluasi Dalam Produk Usaha Garfika

Ada yang tidak dievaluasi dalam produk ini, dimana hal tersebut disebut dengan devisa. Adapun alasannya adalah  karena devisa bukanlah bagian dari produksi. Semnetara devisa menurut KBBI memiliki makna alat pembayarab luar negeri yang nantinya bisa ditukarkan dengan mata uang yang berlaku di dalam negeri.

 Evaluasi Dalam Produk Usaha Grafika

Ketika memproduksi sebuah produk grafika tentu terdapat aspek yang perlu dievaluasi guna meningkatkan mutu dan kualitasnya. Sesuai buku Prakarya dan Kewirausahaan karangan Hendriana Werdhaningsih, dkk., aspek yang perlu dievaluasi tersebut diantaranya :

  1. Peluang produk grafika sebagai potensi berwirausaha di bidang kerajinan.
  2. Beragam teknik grafika.
  3. Kesesuain penggunaan ragam teknik produksi sebuah produk grafika berdasarkan bahan yang tersedia.
  4. Gagasan atau ide dalam produksi sebuah produk grafika.
  5. Rentang biaya produksi dan penentuan harga jual di pasaran.
  6. Strategi marketing produk yang digunakan.

Sementara yang tidak dievaluasi dalam sebuah produk grafika salah-satunya adalah devisa. Pasalnya devisa tidak termasuk bagian dari produksi yang mana memiliki makna sesuai KBBI adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang domestic. Dengan demikian, devisa akan berkaitan dengan jumlah permintaan produk dalam skala yang luas, contoh pada kegiatan ekspor.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Centrepark Citra Corpora dan Jabatannya

Adapun hal lainnya yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika adalah bahan mentah. Hal ini karena dalam pengolahan produk grafika pasti menggunakan bahan baku, bukan bahan mentah. Karena bahan mentah harus diolah melalui proses tertentu untuk dijadikan ke bentuk lain, baik barang jadi maupun setengah lalu bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kamu pun bisa membaca artikel menarik lainnya di rekomendasi.co.

 

Bagikan:

Tags: